Apa Pengertian Enzim? Ini Arti & Strukturnya


Pengertian Enzim Adalah – Enzim sangatlah penting bagi tubuh manusia, karena dengan enzim maka setiap orang tidak bisa melewatkan nutrisi itu. Apabila terdapat orang yang kekurangan enzim, maka kondisi yang muncul bagi tubuh sangatlah merugikan. Adapun dampak yang terjadi pada tubuh adalah akan kekurangan protease.

Protease ini adalah mencerna protein yang bisa menyebabkan mengalami kecemasan, retensi air, kekebalan tertekan, gula darah rendah, kanker, radang usus buntu, masalah ginjal, infeksi bakteri dan virus, masalah tulang (seperti arthritis, osteoporosis, dan tulang taji).

Selain itu akan sulit untuk mencerna karbohidrat, sehingga dampak yang terjadi pada tubuh adalah akan mengalami masalah kulit seperti ruam, gatal-gatal, infeksi jamur, herpes, dan sariawan. Tidak hanya itu, anda juga akan mengalami masalah paru-paru misalnya asma, bronkitis, dan emfisema.

Bahkan dengan kekurangan enzim maka yang terjadi adalah sulitnya manusia untuk mencerna lemak yang membuat seseorang akan sulit mengontrol lemak dan menjadikan mereka obesitas dan diabetes. Dari penjelasan ini, terlihat bahwa fungsi enzim tidak dapat dianggap enteng oleh setiap orang.



Jika kekurangan, maka berbagai penyakit akan timbul dengan sendirinya. Pentingnya enzim bagi tubuh, maka sudah barang tentu untuk setiap orang dalam mengetahui seperti apakah itu enzim yang sebenarnya. Adapun pengertian enzim dan penjelasannya adalah:



Pengertian Enzim Adalah?

Secara umum, Pengertian Enzim adalah molekul protein kompleks yang dihasilkan dari sel hidup yang berfungsi sebagai katalisator dalam proses kimia dalam tubuh makhluk hidup. Enzim tidak dapat bereaksi tetapi hanya dapat mempercepat proses reaksi, tetapi struktur enzim tidak berubah baik itu sebelum dan sesudah reaksi, dengan demikian, enzim tidak mempengaruhi kesetimbangan reaksi dalam peranannya.



Enzim berperan penting dalam proses metabolisme. Metabolisme terdiri dari reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh untuk menghasilkan energi, termasuk di antaranya pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein. Enzim disentetis dalam bentuk calon enzim yang tidak aktif (zimogen) lalu diaktifkan pada lingkungan dengan kondisi yang baik/tepat.

Banyak yang menganggap bahwa hormon dan enzim itu sama, padahal keduanya berbeda. Hormon adalah zat khusus yang mengkoordinasikan kegiatan sel di daerah tertentu yang diekskresikan oleh kelenjar ke dalam aliran darah, sedangkan enzim senyawa yang mempercepat terjadinya proses reaksi yang melepaskan molekul uap air dalam tubuh, pelepasan unsur dan zat kimiawi lainnya, melepaskan molekul-molekul, serta banyak lagi.

Apa Pengertian Enzim? Ini Arti & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Enzim? Ini Arti & Strukturnya (Foto: Artikelsiana.com)

Struktur Enzim Adalah

Struktur Enzim yang tersusun menjadi dua bagian yang saling berpasangan yaitu apoenzim dan gugus prostetik antara lain sebagai berikut…

1. Apoenzim

Apoenzim adalah bagian protein dari enzim, bersifat tidak tahan panas, dan berfungsi menentukan kekhususan dari enzim. Contoh, dari substrat yang sama dapat menjadi senyawa yang berlainan, tergantung dari enzimnya.

2. Koenzim

Koenzim disebut gugus prostetik apabila terikat sangat erat pada apoenzim. Akan tetapi, koenzim tidak begitu erat dan mudah dipisahkan dari apoenzim. Koenzim bersifat termostabil (tahan panas), mengandung ribose dan fosfat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Enzim? Ini Arti & Strukturnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *