Apa Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Ekonomi Kreatif Adalah – Ekonomi kreatif adalah pengembangan konsep yang bermodal kreativitas yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Dalam sejarahnya, istilah ekonomi kreatif ramai dibicarakan saat John Howkins menulis sebuah buku berjudul “Creative Economy, How People Make Money from Ideas”. Menurut Howkins bahwa kegiatan ekonomi dimana input dan juga output berasal dari gagasan.

Sehingga bisa dikatakan hanya dengan bermodalkan gagasan saja seseorang mampu mendapatkan penghasilan yang relatif tinggi. Indonesia telah menyadari kalau ekonomi kreatif beserta bagian-bagiannya yakni industri kreatif dapat menjadi harapan untuk dapat bangkit, bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi ASEAN dan Global.

Prospek ekonomi kreatif mulai dilirik oleh banyak negara-negara maju. Mereka menyadari bahwa kemampuan dalam peningkatan atau sumber ekonomi dinegaranya tidak hanya dalam bidang industri saja, namun lebih kepada mengandalkan sumber daya manusia yang kreatif.



Hal itulah mengapa daya pikir manusia menjadi modal besar didalam menciptakan inovasi untuk menghadapi daya saing atau kompetisi pasar yang semakin besar.



Lirikan untuk merambah ke ekonomi kreatif dapat disaksikan dari perjalanan perubahan mulai dari pertanian, industrialisasi dan setelah itu era informasi yang diikuti dengan berbagai temuan teknologi informasi.



Dari hal itu sehingga banyak temuan-temuan baru dalam hal teknologi Informasi dan komunikasi seperti internet, email, Google PlayStore, dan sebagainya semakin mendorong manusia menjadi lebih aktif dan produktif dalam menemukan teknologi-teknologi baru melalui daya kreatifitas yang dikembangkan dan digerakkan oleh sektor industri sehingga disebut dengan industri kreatif.

Pengertian Ekonomi Kreatif

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disampaikan bahwa yang dimaksud dengan pengertian Ekonomi kreatif adalah suatu konsep untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan berbasis kreativitas.

Sumber daya dalam pemanfaatan ekonomi kreatif tidaklah terbatas, sebab sumbernya hanya pada ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas. Sejauh mana ide dan gagasan tersebut mampu berjalan dan maju, maka sampai itu juga ekonomi kreatif akan terus berkembang.

Selain itu, perlu kita ketahui bersama bahwa bahan baku atau dalam ekonomi kreatif tidak lagi ditentukan sebagaimana yang ada dalam industri, tetapi hanya pada kreatifitas dan penciptaan inovasi melalui perkembangan teknologi.

Apa Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Itulah mengapa sedikit demi sedikit, industri bisa disaksikan tidak lagi bisa bersaing di pasar global yang hanya mengandalkan harga dan kualitas, tapi juga harus bersaing berbasiskan inovasi, kreativitas dan imajinasi.

 

1. Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Susilo Bambang Yudhoyono

Menurut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam Agung Pascasuseno (2014) bahwa yang dimaksud dengan ekonomi kreatif adalah “ekonomi gelombang ke-4 yang mana kelanjutan dari ekonomi gelombang ketiga dengan orientasi pada kreativitas, budaya, serta warisan budaya dan lingkungan”

2. Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Howkins

Howkins menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan pengertian ekonomi kreatif sebagai “kegiatan ekonomi dalam masyarakat yang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Karena bagi masyarakat ini, menghasilkan ide merupakan hal yang harus dilakukan untuk kemajuan.”

3. Pengertian Ekonomi Kreatif Menurut Institute For Development Economy and Finace

Menurut Institute For Development Economy and Finace (2005), ekonomi kreatif adalah proses peningkatan nilai tambah hasil dari eksploitasi kekayaan intelektual berupa kreativitas, keahlihan, dan bakat individu menjadi sautu produk yang dapat dijual.

Sebutkan Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif Adalah? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan ciri-ciri atau karakteristik ekonomi kreatif adalah:

  1. Unsur utamanya adalah kreativitas, keahlian, dan talenta sebagai nilai jual
  2. Produk bersifat singkat, margin tinggi, beranekaragam, persaingan tinggi, dan dapat ditiru.
  3. Tersedianya produk kreatif langsung pada pelanggan dan pendukung penciptaan nilai kreatif pada sektor lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan.
  4. Terdapat kerja sama banyak pihak seperti kaum intelektual, dunia usaha, dan pemerintah.
  5. Berbasis pada ide atau gagasan.
  6. Pengembangannya tidak terbatas dan bisa berbagai bidang usaha.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Ekonomi Kreatif Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *