Apa Pengertian Cyber Adalah? Ini Arti & Jenis-Jenis Kejahatan Cyber


Pengertian Cyber Adalah – Kehadiran teknologi komunikasi yang semakin pesat seperti internet dan berbagai varian di dalamnya membuat pandangan setiap manusia berubah menjadi sesuatu yang dapat membuat setiap manusia kaget dengan apa yang mereka lihat. Perubahan itu tak mengenal bidang apapun, yang jelas segala sesuatu semua menjadi hal yang terkoneksi dengan teknologi komunikasi modern baik itu bidang ekonomi, bisnis, interaksi sosial, politik dan agama.

Setiap manusia bisa melakukan apapun, dimanapun dan dalam kondisi apapun tanpa terhambat oleh berbagai hal termasuk aktivitas fisik. Padahal sebelum itu manusia sangat terbatas oleh berbagai hal seperti ruang, jarak dan waktu. Tapi dengan kehadiran internet dengan beragam social media serta perangkat-perangkat pendukung lainnya, membuat dunia ini terhubung dari ratusan juta orang. Saat ini berkomunikasi cukup dengan memencet android atau gadget atau dengan menekan keyboard dan menggerakkan mouse. Segala bentuk informasi bisa didapatkan dan tersedia.

Berawal dari kemudahan itulah sehingga banyak orang yang memanfaatkannya. Dulu radio dan televisi dianggap maju karena setiap orang bisa mendapatkan informasi tersebut, tapi pada zaman ini setiap orang bisa menjadi televisi, bisa menjadi radio dan bisa menjadi koran yang menuliskan informasinya di social media. Makanya jangan heran jika hanya dalam kurun waktu 5 tahun saja, pengguna internet mencapai 50 juta orang.

Pada saat ini, data yang diketahui terdapat 3,49 miliar pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia dengan penyebarannya di Asia yang paling besar berada di Asia Timur yakni sebesar 923 juta pengguna. Sedangkan untuk di wilayah Afrika dan Timur Tengah terdapat pengguna yang lebih rendah. Sedangkan untuk di Indonesia ternyata masuk dalam berada di peringkat kelima dengan pengguna internet sebanyak 143,26 juta per Maret 2019.



Dengan pemakai internet yang semakin banyak, maka hal-hal yang sifatnya masih face to face itu digitalisasikan yang setiap user bisa berpetualang, berkelana dalam menelusuri apa yang dikenal dengan Cyberspace yang dunia berbasis komputer. Cyberspace ini adalah sebuah dunia virtual yang kehadirannya tidak dapat ditangkap atau dipegang melalui tangan, akan tetapi pengaruhnya mampu mengkonstruksi kehidupan nyata. Sehingga apa yang nyata dan tidak nyata tidak lagi bisa dibedakan.



Dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dengan menghadirkan Cyberspace semakin berevolusi dengan memunculkan bentuk aktivitas baru seperti teleshopping, teleconference, virtual gallery, virtual musem, e-commerce, tapi juga memunculkan adanya penyimpangan-penyimpangan seperti kejahatan dengan memanfaatkan internet atau cybercrime.



Gejala soal Cybercrime akhir-akhir ini semakin marak seiring dengan tumbuh kembangnya teknologi informasi dan komunikasi. Tindakan kejahatan semakin mengarah pada sesuatu yang mensyaratkan seseorang untuk berpikir dan sebuah kejahatan yang diperankan oleh aktor-aktor intelektual yang mahir dalam bidang teknologi.

Cara mereka bekerja seperti apa yang disebutkan oleh OECD (Organization of European Community Development) yang mengatakan bahwa semua bentuk akses ilegal terhadap suatu transmisi data. Sehingga bisa dikatakan bahwa bentuk kegiatan yang tidak sah dalam sistem komputer adalah kejahatan yang tidak boleh dilakukan oleh seluruh pengguna.

Pengertian Cyber Adalah

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Cyber dalam kamus bahasa Inggris berarti dunia maya (dunia internet) yang penyebutannya dalam bahasa Indonesia disebut dengan Siber. Secara umum, pengertian Cybercrime adalah aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan.

Jenis-Jenis Kejahatan Cyber Adalah

Berdasarkan dari penjelasan diatas, lantas apasih yang dimaksud dengan jenis-jenis kejahatan Cyber itu. Adapun contoh-contoh kejahatan Cyber atau cybercrime adalah:

    1. Memalsukan Akun Facebook Seseorang
    2. Fenomena Ransomware WannaCry
    3. Meretas kemananan
    4. Mencuri berbagai akun social media.
    5. Memanipulasi data yang ada
    6. Menyebarkan virus dan mengendalikan perangkat seseorang.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Cyber Adalah? Ini Arti & Jenis-Jenis Kejahatan Cyber. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *