Apa Pengertian Curriculum Vitae (CV)? Ini Jawaban dan Tujuannya


Pengertian Currculum Vitae – Curriculum Vitae atau riwayat hidup sudah bukan rahasia lagi jika dokumen ini sangatlah penting. Sebab dengan Curriculum Vitae maka seseorang dapat bekerja disuatu perusahaan atau instansi yang mereka inginkan. Dengan mengetahui cara membuat curriculum vitae maka kesan yang akan didapatkan oleh para penilai atau HRD dalam sebuah perusahaan akan bernilai memuaskan.

Itulah mengapa jasa-jasa membuat Curriculum Vitae banyak terbuka saat ini karena permintaan untuk membuat Curriculum Vitae dengan tampilan menarik dan penjelasan sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan dan instansi menjadi hal yang penting yang berpengaruh dalam hidup setiap orang.

Apalagi untuk jaman sekarang, sangatlah susah bagi setiap orang untuk bekerja dan lapangan pekerjaan semakin sempit serta kualifikasi yang semakin tinggi menuntut setiap orang tampil secara profesional.

Dengan adanya Curriculum Vitae yang bagus dengan desain yang indah maka akan memudahkan bagi perusahaan untuk mencari CV karena mereka melihat sesuatu yang berbeda dari biasanya. Dengan ada juga Curriculum Vitae yang baik maka akan memberikan ciri bahwa kamu adalah orang yang tertata atau teratur dalam menjalani hidup sehingga hal-hal estetika pun tidak luput dari radar kamu.



Apalagi ditambah dengan deskripsi singkat yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan apa yang menjadi latar belakang dirimu yang tidak bertele-tele agar perusahaan tidak bosan. Dengan sejumlah peran penting dan pengaruh yang diberikan Curriculum Vitae atau riwayat hidup lantas seperti definisi atau pengertian dari CV itu?



Pengertian Curriculum Vitae Adalah

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen yang memberikan gambaran tentang pengalaman kerja secara singkat dan menjelaskan riwayat hidup yang umum sebagai referensi dalam melamar atau mencari pekerjaan. Curriculum vitae berisi mengenai histori atau sejarah seseorang yang tidak diketahui orang lain, dari mulai pendidikan awal hingga perjalanan karier.



Selain itu CV atau Curriculum Vitae juga disebut sebagai alat promosi kepada perusahaan pada saat melamar pekerjaan. CV menggambarkan sosok pelamar, seperti ambisi yang dimiliki apakah dia sehat dan jelas, track record, keluasan minat, keterampilan, kearifan dan juga kepribadiannya. Seluruh faktor itu menjadi penunjang bagi seorang dalam bekerja dan juga menyelesaikan tanggung jawabnya.

Secara garis besar, terdapat 2 macam Curriculum Vitae (CV) yang terkait dengan mencari pekerjaan. Untuk yang pertama adalah CV yang menceritakan urutan kronologis dengan mengedepankan pada pendidikan dan pengalaman kerja untuk tipe pekerjaan yang sama.

Sedangkan untuk jenis kedua adalah Curriculum Vitae (CV) yang berdasarkan keterampilan yang berfokus pada pengalaman kerja yang bertujuan dan berfungsi untuk menyakinkan pemberi kerja tentang keterampilan yang kita miliki. Jenis CV ini sangat cocok bagi fresh gradute dan bagi mereka yang ingin mengganti pekerjaan dalam bidang tertentu.

Tujuan CV Adalah

Pada dasarnya Tujuan CV dibuat baik itu berdasarkan kedua jenis CV diatas dan juga CV pada umumnya bertujuan

    1. Untuk mendapatkan profil atau figur pekerja yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh organisasi atau perusahaan
    2. Memudahkan dalam proses seleksi awal sehingga bisa banyak pihak yang melar
    3. Sebagai bahan referensi lain yang mendukung berbagai aktivitas perusahaan.

Dalam Curriculum Vitae terdapat daftar riwayat hidup yang terdiri atas komponen atau point-point yang harus dijawab oleh setiap orang seperti nama, nomor telepon, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, status nikah, alamat, pendidikan, tambahan, hobi, pengalaman, pas foto dan referensi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Curriculum Vitae (CV)? Ini Jawaban dan Tujuannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *