Apa Pengertian Curah Hujan Adalah? Ini Arti & Alat Ukurnya


Pengertian Curah Hujan – Indonesia merupakan negara yang memiliki angka curah hujan yang bervariasi dikarenakan daerahnya yang berada pada ketinggian yang berbeda-beda. Hal itu juga yang mengapa indonesia dikenal sebagai kawasan yang unik di daerah ekuator karena merupakan sebagai BMI atau Benua Maritim Indonesia.

Hal itulah mengapa sebagian besar daerah di Indonesia adlaah tropis dan mempunyai intensitas hujan atau curah hujan yang sangat besar. Apasih itu curah hujan? Sebelum membahas mengenai curah hujan, tahukah anda apa yang dimaksud dengan hujan itu?

Hujan atau proses kondensasi uap air atmosfer menjadi butir air yang cukup berat jatuh dan tiba di permukaan karena adanya pendinginan suhu udara atau penambahan uap air ke udara. Biasanya, hujan turun karena pengaruh kelembaban udara sehingga memicu jumlah titik-titik yang ada di udara.

Pengertian Curah Hujan Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Curah hujan adalah jumlah air yang jatuh di permukaan tanah datar selama periode tertentu yang diukur dengan satuan tinggi milimeter (mm) di atas permukaan horizontal. Curah hujan merupakan ketinggian air hujan yang terkumpul dalam tempat yang datar, tidak menguap, tidak meresap, dan tidak mengalir. Menurut BMKG, bahwa yang dimaksud dengan pengertian curah hujan adalah



Satuan curah hujan selalu dinyatakan dalam satuan milimeter atau inchi namun untuk di indonesia satuan curah hujan yang digunakan adalah dalam satuan milimeter (mm). Membahas mengenai curah hujan sangatlah sederhana, semisal dalam 1 (satu) milimeter berarti dalam luasan satu meter persegi pada tempat yang datar tertampung air setinggi satu milimeter atau tertampung air sebanyak satu liter.



Intensitas curah hujan adalah jumlah curah hujan dalam suatu satuan waktu tertentu, yang biasanya dinyatakan dalam mm/jam, mm/hari, mm/tahun, dan sebagainya ; yang berturut-turut sering disebut hujan jam-jaman, harian, tahunan, dan sebagainya. Biasanya data yang sering digunakan untuk analisis adalah nilai maksimum, minimum dan nilai rata-ratanya.



Perlu diketahui bersama bahwa intensitas hujan berbeda dengan curah hujan. Intensitas hujan adalah banyaknya curah hujan persatuan jangka waktu tertentu. Sedangkan sesuai definisi diatas curah hujan adalah jumlah air yang jatuh.

Alat Ukur Curah Hujan Adalah

Curah hujan (presipitasi) merupakan salah satu aspek terpenting dalam bidang meteorology dan klimatologi. Dengan data-data yang didapat dari pengukuran curah hujan, kita dapat mengetahui pola cuaca yang terjadi di suatu daerah yang lingkupnya tidak terlalu luas misalnya wilayah kecamatan atau kabupaten. Secara umum, alat yang digunakan untuk mengukur curah hujan disebut penakar hujan atau istilah lainnya rain gauge (penakar hujan).

Satuan curah hujan yang umum digunakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika adalah millimeter (mm). Jadi jumlah curah hujan yang diukur sebenarnya adalah tebal atau tingginya permukaan air hujan yang menutupi suatu area di permukaan bumi. Adapun alat ukur curah hujan adalah:

    1. Penakar Hujan Ombrometer Observatorium adalah alat ukur curah hujan tipe manual yang memakai gelas ukur air hujan yang biasa digunakan di Indonesia dengan kelebihan mudah dipasang, dioperasikan dan dijaga.
    2. Penakar Hujan Tipe Bendix adalah alat ukur curah hujan yang mirip tiang bendera tipe otomatis dengan cara menampung air hujan di timbangan yang hasilnya melalui jarum petunjuk berpena.
    3. Penakar Hujan Tipping Bucket adalah alat ukur curah hujan yang mengakumulasikan hujan dengan jumlah di atas 200 mm/jam lebih.
    4. Penakar Hujan Tipe Weighing Bucket adalah alat ukur curah hujan yang dilengkapi dengan alat pencatat otomatis yang timbangan penampung dihubungkan ke permukaan kertas grafik pada sebuah kaleng silinder sehingga saat terjadi hujan, maka air hujan tertampung di corong dan dialirkan ke timbangan yang dalam waktu tertentu gulungan kertas dilepaskan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Curah Hujan Adalah? Ini Arti & Alat Ukurnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *