Apa Pengertian Community Officer? Ini Arti & Tugasnya


Dalam kehidupan ini, setiap orang terdapat sistem yang mengatur agar berbagai hal tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya, yakni dari sang pencipta. Keteraturan itu juga yang ada di muka bumi itu harus dijaga oleh setiap manusia.

Jika tidak, maka berbagai bencana bisa timbul seperti banjir, longsor, dan gempa bumi. Tidak hanya berkenaan dengan alam, dalam diri manusia juga mempunyai sistem yang dikenal dengan sistem organ yang membantu manusia agar dapat tetap hidup dan menjalankan aktivitasnya dengan lancar.

Begitupula dengan manusia dan lingkungannya, dimana manusia tidak dapat hidup dengan baik dalam artian tenang jika tidak diatur sedemikian rupa. Sebab jika tidak maka segala pekerjaan yang akan manusia lakukan akan tersendak dan bahkan tidak akan ada yang selesai.

Selain itu, dalam lembaga, organisasi ataukah dalam perusahaan sekalipun juga mempunyai sistem yang didalamnya terdapat bagian-bagian yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari perusahaan itu sendiri.



Misalnya yang paling umum diketahui dalam perusahaan adalah manager, asisten, pegawai, supervisor, foreman, operator, leader dan direktur. Berbagai jabatan itu memiliki fungsi dan tugas masing-masing, namun perlu diketahui bahwa dalam setiap perusahaan terdapat jabatan-jabatan tertentu,



Seperti apa yang menjadi pembahasan kali ini yakni Community Officer yang diketahui merupakan pekerjaan yang banyak terdapat di bank-bank seperti BTPN Syariah . Apasih yang dimaksud dengan pengertian Community Officer itu?



Pengertian Community Officer Adalah? 

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Community Officer adalah orang-orang yang terlibat langsung dengan nasabah yang memperoleh pembiayaan dari bank. Community Officer ini adalah pekerjaan yang biasa disebut dengan “Pembina Sentra“.

Perlu diketahui bersama bahwa Community Officer ini adalah bertugas untuk memastikan pembiayaan yang diberikan kepada nasabah adalah hal yang tepat.

1. Tugas Community Officer

Jadi dalam pekerjaan ini memerlukan pembukuan yang teliti sebab diperlukan dalam transaksi dan sebagai bentuk dokumentasi transaksi dari dan ke nasabah.

Selain itu, Community Officer juga bertugas untuk membuat nasabah agar tidak lupa dalam membayar pembiayaan secara tepat waktu olehnya itu, Community Officer ini mempunyai peran yang penting karena berupaya meningkatkan hubungan emosional agar interaksi dalam transaksi dapat efektif.

Dengan upaya itu maka Community Officer dapat dengan mudah untuk menambah nasabah baru serta dapat menjadi pendamping dan pembina nasabah agar mampu produktif dan dapat membangun usahanya.

2. Gaji Community Officer 

Berbicara soal gaji Community Officer ini berbeda-beda. Perbedaan gaji Community Officer ini ditentukan dari UMR daerah.  Apasih yang dimaksud dengan UMR? UMR adalah singkatan dari “Upah Minimum Provinsi” yang artinya adalah upah minimum yang berlaku untuk seluruh kabupaten/kota di satu provinsi.

Jadi berbicara soal gaji Community Officer ini berbeda-beda seperti jika menjadi Community Officer di Semarang maka akan mendapatkan 2,5 juta sebab hal itu sesuai dengan UMR daerah tersebut. Sedangkan apabila menjadi Community Officer di daerah Boyolali maka akan mendapatkan gaji sebesar 1,5 juta.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Community Officer? Ini Arti & Tugasnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *