Apa Pengertian Citra? Ini Jawaban & Penjelasannya


Pengertian Citra Adalah – Setiap orang dinilai dari perkataan dan perbuatannya, itulah hal yang mendasar yang menjadi penilaian setiap orang agar mendapatkan pengaruh dan juga memberikan nilai positif kepada orang lain. Begitu pula untuk perusahaan atau sesuatu lembaga yang menawarkan barang dan jasa, yang pastinya diukur dan mendapatkan penilaian dari konsumen karena kinerjanya dan layanannya. Apabila layanan yang diberikan itu berkualitas.

Apabila seseorang konsumen mendapatkan jasa yang baik, maka sudah pasti mereka suatu saat tidak akan lagi berpikir untuk mencari jasa ditempat lain. Mereka merasa senang dan bangga karena diperlakukan sebaik-baiknya. Olenyai itu, ada yang mengatakan bahwa apa yang anda lakukan, adalah itu juga yang anda akan dapatkan. Kiranya perkataan demikian sangatlah tepat.

Hal ini dinamakan dengan Citra. Mengapa demikian? Sebab menurut Elvinaro Ardianto bahwa citra adalah pengetahuan tentang kita dan sikap kita yang memiliki kelompok-kelompok yang berbeda. Sedangkan menurut definisi Bill Canton, bahwa Citra adalah kesan, perasaan, gambaran dari public terhadap perusahaan.

Lalu jika merujuk ke Jalaluddin Rakhmad bahwa Citra adalah gambaran tentang realitas dan tidak harus sesuai dengan realitas, citra adalah dunia menurut persepsi. Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Citra pada umumnya adalah:



Pengertian Citra Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Citra adalah sebagai gambaran yang didapat oleh lingkungan di sekitar atau pihak lain sebagai hasil dari pengalaman dan pengetahuannya tentang suatu obyek. Selain dari pada itu, Citra juga terbagi atas 4 jenis sebagaimana yang disampaikan oleh Frank Jefkins, dimana ada yang dikenal dengan The Mirror Image, The Current Image, The Wish Image, dan The Multiple Image.



Jenis-Jenis Citra

Adapun penjelasan dari keempat jenis Citra tersebut adalah:



1. The Mirror Image

Arti dari The mirror image (cerminan citra) adalah bagaimana dugaan (citra) manjemen terhadap public eksternal dalam melihat perusahaannya.

2. The Current Image

The current image (citra masih hangat),yakni citra pada publik eksternal berdasarkan pengalaman/menyangkut miskinnya informasi dan pemahanman publik. eksternal. Citra ini dapat bertentangan dengan mirror image.

3. The Wish Image

The wish image (citra yang diinginkan) adalah manajemen menginginkan pencapaian prestasi tertentu yang diaplikasikan untuk sesuatu yang baru sebelum public eksternal memperoleh informasi secara lengkap.

4. The Multiple Image

The multiple image (citra yang berlapis) adalah sejumlah individu, kantor cabang atau perwakilan perusahaan lainnya dapat membentuk citra tertentu yang belum tentu sesuai dengan keseragaman citra seluruh organisasi atau perusahaan.

Proses Pembentukan Citra Adalah?

Secara sederhana, Citra terbentuk dari pada kesan yang didapatkan seseorang sesuai dengan pengetahuan dan pengertiannya tentang fakta dan kenyataan. Citra membentuk sesuai pengetahuan dan informasi-informasi yang diterima sesorang, komunikasi tidak secara langsung yang menimbulkan perilaku tertentu, tetapi hanya bisa mempengaruhi cara kita mengorganisasikan citra kita tentang lingkungan.

Pada dasarnya proses pembentukan citra adalah respon dari stimulus yang diberikan. Akan tetapi proses tersebut akan berbeda hasilnya karena dipengaruhi oleh persepsi, kognisi, motivasi, dan sikap yang berbeda pula.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Citra? Ini Jawaban & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *