Apa Pengertian Cetak Tinggi? Ini Jawaban & Penjelasannya


Pengertian Cetak Tinggi –¬†Berbicara soal seni grafis adalah pembelajaran seni yang sangat jarang diajarkan disetiap sekolah. Padahal kegiatan seni grafis ini adalah hak bagi setiap orang khususnya bagi pelajar untuk mempelajari mengenai seperti apa itu seni grafis. Tidak seperti dengan pembelajaran melukis dan menggambar, porsi kedua seni ini justru lebih banyak dibandingkan dengan seni grafis.

Padahal perlu diketahui bersama bahwa pembelajaran seni grafis adalah materi yang sangat berguna pada zaman ini dimana segala sesuatunya membutuhkan seni grafis untuk mempercantik sesuatu hal yang pada nantinya disebar ke berbagai sosial media. Selain itu, seni grafis tidak bisa dianggap enteng karena dalam seni ini sama dengan seni lainnya yang juga mengasah kreativitas setiap orang dan setiap siswa.

Demikian ini sebagaimana dengan yang disampaikan oleh Rokhmat (2009:12) yang mengatakan bahwa seni grafis diajarkan di pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa di bidang seni. Dengan hal ini, maka dapat menjadi media ekspresi dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan. Dalam penerapannya seni grafis seni grafis meliputi semua karya seni dengan gambaran orisinil apapun atau desain yang dibuat oleh seniman untuk direproduksi dengan berbagai proses cetak.

Dalam proses pembuatan karya dalam gambar, terdapat banyak teknik yang bisa dipakai baik itu yang karya terapan maupun murni. Teknik-teknik yang bisa dipakai adalah teknik cetak tinggi, teknik cetak dalam, teknik cetak datar, dan teknik cetak tembus. Berbicara soal salah satu teknik tersebut yang cetak tinggi adalah bagian dari seni grafis yang pada kali ini merupakan pembahasan utama dari penulis. Lantas demikian, apasih yang dimaksud dengan teknik cetak tinggi itu?



Pengertian Cetak Tinggi Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Cetak Tinggi atau Relief Print sebagaimana menurut Tim Abdi Guru (2007:25) adalah salah satu ragam karya seni grafis yang proses pembuatannya melalui tahapan pembuatan cetakan dari bahan yang dicukil sehingga permukaan menjadi tinggi dan rendah (relief).



Sedangkan menurut Binus University yang menjelaskan bahwa maksud dari Cetak Tinggi terdapat beberapa variasi dalam hal ini Woodcut (cukil permukaan kayu), linoleum (linocut), metalcut (cukil pada permukaan logam). Cetak tinggi ini banyak diaplikasikan sebab hasil cetaknya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan karya lukisan.



Proses Cetak Tinggi Adalah?

Perlu diketahui bersama bahwa dalam proses pembuatan cetak tinggi adalah dengan memanfaatkan bagian terluar permukaan suatu benda untuk menghasilkan cetakan berdasarkan bentuk permukaan benda. Inti dari Cetak tinggi itu sendiri adalah dengan melihat mengenai permukaan timbul atau meninggi, dimana permukaan timbul itu sebagai penghantar tinta.

Sedangkan untuk bagian dasar permukaan yang tidak timbul tersebut tidak dikenai tinta yang menjadi bagian negatif. Cara mendapatkan acuan itu, bisa dengan menghilangkan bagian yang tidak dibutuhkan untuk diberi tinta, sehingga yang tersisah hanya bagian yang diinginkan untuk diberi tinta atau yang timbul saja. Cetak tinggi dapat dibedakan menjadi tiga kategori menurut cara pembuatan klise di antaranya yaitu cap, cukil dan kolagraf.

Alat Dan Bahan Untuk Membuat Stempel

Adapun alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat stempel antara lain sebagai berikut:

    1. Wortel/kentang/ubi/lobak sebagai bahan utama untuk membuat stempel.
    2. Cutter yang digunakan untuk membentuk pola stempel yang diinginkan pada buah.
    3. Tinta stempel sebagai warna yang sekaligus dapat memperlihatkan pola stempel dengan jelas pada bidang tempel (kertas gambar).
    4. Bantalan stempel sebagai tempat menempelkan tinta.
    5. Kertas gambar sebagai bidang tempel stempel.

Contoh Hasil Cetak Tinggi

Selain dari pada itu, untuk contoh hasil cetak tinggi yang bisa dipakai sehari-hari adalah koran, stempel dan batik cap. Selain teknik cetak tinggi atau relief print, juga dikenal terdapat intaglio print, planography print dan stencil print.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Cetak Tinggi? Ini Jawaban & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *