Apa Pengertian Cerpen Adalah? Ini Arti, Struktur & Unsur-Unsurnya


Cerpen merupakan cerita pendek yang banyak membuat orang terhibur saat membacanya. Hal itu karena cerita ini adalah termasuk sebagai karya fiksi yang memperlihatkan serba pendek mulai dari isi, pelaku dan kata yang terdapat di dalam cerpen tersebut.

Cerpen ini banyak memberikan batasan yang mengenai hal paling kecil dan juga pada aspek masalah yang didalamnya juga terbatas. Sehingga terdapat pemendekan unsur-unsur pembentuknya, membuat cerita pendek ini menjadi kaya akan makna yang begitu padat. Biasanya, cerpen menggambarkan kehidupan baik itu secara langsung atau tidak yang kadang kala pembaca terbawa suasana dan menghempaskan pikiran pembaca.

Selain itu perlu diketahui bersama bahwa jumlah atau ukuran panjang pendek dari cerpen sangatjauh berbeda dengan novel. Ada yang mengatakan bahwa cerpen bisa dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam dengan jumlah kata sekitar 500-5.000 kata. Maka dari itu, tidaklah salah jika dikatakan bahwa cerpen adalah cerita yang dapat dibaca sekali duduk. Hal itu karena tema yang sederhana, tokoh yang terbatas, dan ruang lingkupnya pun demikian.

Baca Juga: 

Pengertian Cerpen dan Ciri-Ciri Cerpen 



Asal muasal cerpen diketahui berasal dari penceritaan lisan yang menghasilkan kisah terkenal seperti Illiad dan Odyssey karya Homer. Kisah yang disampaikan seperti puisi dan berirama ini dengan bagian singkat yang dikisahkan secara naratif individu dalam kesempatan pendek.



Pengertian Cerpen Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian cerpen adalah suatu bentuk bentuk prosa naratif fiktif dengan jumlah kata terbatas dan dapat dibaca sekali duduk dengan beralur dan bertema tunggal.



Selain itu untuk mengidentifikasi apakah itu cerpen atau tidak bisa ditinjau dari ciri-ciri cerpen yang mepunyai alur sederhana. tokoh yang sedikit, latar belakang yang terbatas, hanya terdiri 3 atau 10 halaman, hanya ada satu plot alur, watak tokoh yang diceritakan secara singkat dan masih banyak lagi ciri-ciri yang terdapat dalam cerpen.

Baca Juga: 

Perbedaan Antara Fabel & Cerpen Terletak Pada? Ini Artinya

1. Fungsi dan Strukturnya Cerpen

Cerpen adalah sebuah karya sastra yang mempunyai 5 fungsi yaitu fungsi rekreatif, didaktif, estetis, moralitas dan religiusitas. Hal itu dibangun dengan struktur atau bagian-bagian yang terdiri atas 6 elemen penting yaitu abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi, dan koda.

2. Ciri-Ciri Cerpen Adalah

Selain itu berdasarkan dari penjelasan diatas pula maka ciri-ciri dari cerpen adalah:

    1. Alurnya lebih sederhana.
    2. Habis dibaca dalam sekali duduk
    3. Banyaknya tokoh terbatas atau kurang.
    4. Tokohnya hanya sedikit.
    5. Hanya ada satu plot atau alur
    6. Watak dan tokoh diterangkan atau diceritakan secara singkat
    7. Latar belakang dilukiskan sesaat dan dalam lingkup yang relatif terbatas
    8. Terdiri atas 3 halaman sampai 10 halaman.

Baca Juga: 

Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen

3. Unsur Intrinsik Cerpen Adalah

Selain itu, cerpen mempunyai unsur intrinsik dan ekstrinsik. Berbicara soal unsur intrinsik cerpen terdiri atas 6 bagian yaitu:

    1. Tema pokok gagasan yang menjadi dasar pengembangan cerpen.
    2. Plot atau alur adalah urutan cerita yang didasari hubungan sebab-akibat.
    3. Penokohan adalah gambaran sifat, pembawaan, atau sikap tokoh.
    4. Setting atau latar adalah tempat, waktu, dan suasana yang melatarbelakangi terjadinya cerita.
    5. Point of view atau sudut pandang adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
    6. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang, Amanat bisa berupa harapa, nasihat,kritik, dan sebagainya.

4. Unsur Ekstrinsik Cerpen Adalah

Selain itu jika berbicara soal unsur ekstrinsik cerpen diketahui terbagi atas 3 bagian yaitu latar belakang pengarang, latar belakang masyarakat dan nilai atau norma yang terdapat dalam masyarakat. Adapun penjelasannya adalah

    1. Latar belakang pengarang dapat mempengaruhi penciptaan karya sastra karena memuat riwayat penulis, kondisi psikologis, dan aliran sastra penulis.
    2. Latar belakang masyarakat dapat mempengaruhi karya sastra cerita pendek karena memuat berupa ideologi, kondisi politik, ekonomi, sosial suatu negara.
    3. Nilai/norma di masyarakat dapat mempengaruhi cerita pendek karena terdiri atas nilai agama, sosial, moral dan budaya yang dimana sangat melekat pada diri manusia.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Cerpen Adalah? Ini Arti, Struktur & Unsur-Unsurnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *