Apa Pengertian Cerita Jenaka & Contohnya, Ini Jawabannya


Cerita jenaka – Dalam kehidupan sehari-hari, tentu bagi sebagian orang sering mendengar orang-orang yang mengatakan atau mengucapkan tentang bacaan mereka seperti yang terdapat surat kabar, majalah hiburan, di internet, dan buku-buku, perkataan cerita jenaka.

Sebenarnya bagi sebagian orang menganggap ini biasa-biasa saja. Padahal, ini sangat luar biasa sekali karena orang tersebut dapat mengingat dan memahami apa yang dibaca atau dilihatnya.

Namun untuk zaman ini, berbicara soal membaca cerita jenaka, tentu sudah sangat ketinggalan jaman sebab akan terasa membosankan dan lebih memilih menonton dari pada membacanya. Namun jika masih membaca cerita jenaka, maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut memiliki humor tertentu.

Perlu diketahui bersama bahwa naluri manusia untuk mencari kegirangan, kesenangan, kegembiraan dan hiburan sudah dipunyai saat masih bayi. Selain itu, humor adalah hiburan yang telah menjadi kebutuhan mutlak bagi manusia untuk ketahanan diri dalam proses pertahanan hidupnya karena berfungsi sebagai penyegar pikiran dan sekaligus untuk menyejukkan batin dll.



Hal itulah yang membuat seseorang memilih untuk melihat dan membaca sesuatu hal yang lucu, tapi apakah masih ada yang ingin membaca cerita lucu seperti yang terdapat dalam cerita jenaka? ditengah berbagai era yang lebih visual seperti melihat video menarik di instagram, youtube prank dan dll.



Ternyata beberapa dari apa yang tampil visual seperti yang disaksikan bersama itu tidak lepas dan terinspirasi dari cerita jenaka dengan sedikit penambahan sebab berbeda antara cerita jenaka dan video. Sejalan dengan pembahasan kali ini, penulis akan membahas mengenai cerita jenaka dalam hal arti, pengertian dan seperti maksud sebenarnya dari cerita jenaka itu. Adapun pembahasan dan penjelasannya adalah:



Pengertian Cerita Jenaka Adalah?

Secara umum yang dimaksud dengan pengertian cerita jenaka adalah cerita yang menghibur seseorang karena mengandung kelucuan dan sindiran dengan berisi berbagai sastra nusantara. Secara etimologi, sebagaimana diketahui bahwa cerita jenaka ini terdiri atas dua kata yaitu cerita dan jenaka.

Arti dari cerita itu sendiri adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman atau penderitaan orang lain, tentang kejadian (baik yang sungguh-sungguh terjadi maupun yang hanya berupa rekaan belaka atau fiksi). Sedangkan yang dimaksud dengan Jenaka adalah membangkitkan tawa, kocak, lucu, menggelikan.

Terkadang kata Jenaka dipadankan dengan kata humor dan kata banyol. Apabila merujuk dari KBBI, arti cerita jenaka terdiri atas 6 point yakni (1) cerita yang membangkitkan tawa, (2) cerita kocak, (3) cerita lucu, (4) cerita yang menggelikan hati, (5) cerita humor, (6) cerita banyol.

Menurut Hasanuddin W.S dalam buku Ensiklopedi Sastra Indonesia bahwa cerita jenaka dalam bahasa Inggris disebut dengan farcical story, dan dalam Perancis disebut farce. Lantas menurut Hasanuddin W.S, cerita jenaka adalah cerita lucu yang mengandung perbandingan atau sindiran yang menghibur pembaca.

Dalam cerita Jenaka terdapat tokoh-tokoh populer yang biasa dipakai dalam cerita jenaka seperti pak landir, lebai malang (melayu), Si kabayan (sunda), Ama Ni Pandir (batak), Banga Pale (Toraja).

Contoh Cerita Jenaka Adalah 

Lomba Sehebatan Memainkan Pendang

Lomba ini di ikuti oleh tiga negara yang jogo pendang. Negara- negara tersebut adalah Amerika, Jepang, dan Indonesia.
“Pertandingan segera dimulai semua peserta yang mewakili negaranya masing-masing harus segera bersiap-siap” kata komentator. “Baiklah ke tiga wakil 3 negara yang jago pedang telah siap, perlombaan dimulai”.
“Yang pertama dari Amerika” . Dengan samurainya dia mulai bersiap-siap. Seekor lalat dilepaskan sebagai penguji kehebatan memainkan pedang. Seatttttt…seeeeeeeeet, dengan sekali tebas seekor lalat terpotong menjadi 6 bagian. “Sangat hebat” sahut penonton dengan riangnya.
“Yang kedua dari Jepang”. Dengan jenis senjata yang sama yaitu samurai dia mulai bersiap-siap. Seekor lalat dilepaskan, saiiiiiiiiiiit… seeeeeeeeeeeet… hooooooooop, dengan sekali tebas seekor lalat terpotong menjadi 9 bagis. “Luar biasa” sahut penonton.
“Yang ketiga dari Indonesia”. Dengan golok dia mulai mangambil ancang-ancang. Seekor lalat dilepaskan, shuppppppppppppp… dengan bunyi tebasan yang keras dan sekali tebas. Lalat masih bisa terbang, juri berusaha untuk menangkapnya, setelah bersusah payah akhirnya dapt ditangkap juga. Setelah diperiksa ternyata kumis lalat hilang sebelahnya. “Sangat mengagumkan” sahut penonton.
“Jadi pemenangnya adalah….. dari ….. Indonesia. “Sangat hebat, luar biasa, dan menggumkan”sahut penonton sporter dari Indonesia.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Cerita Jenaka & Contohnya, Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *