Apa Pengertian Bola Voli? Ini Arti & Sejarah Singkatnya


Pengertian Bola Voli Adalah – Ada banyak jenis olahraga yang bisa dimainkan oleh banyak orang, salah satunya adalah permainan bola. Dalam olahraga ini juga terdiri atas berbagai jenis seperti bola basket, sepakbola, sepaktakraw, dan bola voli. Berbicara soal Bola Voli adalah permainan yang dapat melatih pertumbuhan dan perkembangan fisik setiap orang. Tidak hanya itu, permainan Bola Voli juga melatih koordinasi setiap orang yang membantunya untuk bekerja sama dan saling memahami satu sama lain.

Hal itu karena dalam bermain Bola Voli seperti di berbagai pertandingan yang disaksikan, permainan ini adalah jenis olahraga beregu. Diketahui jumlah pemain Bola Voli ini adalah enam orang setiap regu, dan untuk yang mini hanya terdapat empat orang. Selain itu, tidak sedikit orang yang bermain Bola Voli mengalami perubahan drastis pada tubuhnya, yakni badan menjadi tinggi.

Hal itu karena dalam permainan Bola Voli ini memiliki net yang melintang yang membatasi wilayah kedua regu dengan tinggi net bola voli untuk pria adalah 2.43 meter sedangkan untuk wanita 2.24 meter yang membuat para pemain membutuhkan lompatan dan tinggi yang baik. Melalui net ini setiap regu bertujuan dan bersaing agar bola Voli melewati net dan juga mencegahnya untuk masuk. Melakukan hal ini dibutuhkan teknik-teknik tersendiri.

Sebab setiap permainan olahraga tentu mempunyai teknik tersendiri dalam permainannya yang juga telah ditetapkan dalam aturan permainan seperti Bola Voli. Untuk permainan ini teknik dasar permainannya adalah Servis, Passing, Smash, Block. Dari keempat teknik dasar permainan Bola Voli ini bisa dikombinasikan hingga melahirkan gerakan-gerakan yang cepat, menipu dan efisien untuk memasukkan bola melewati net dan membentur lantai atau tanah.



Alasan mengapa dibutuhkan teknik yang baik dalam permainan bola voli karena permainan ini bertipikal cepat, dan juga waktunya terbatas. Diketahui waktu permainan bola voli atau lamanya bergantung dari seberapa cepat salah satu regu mencapai angkat 25 atau really point yang saat itu juga permainan bola voli berarkhir.



Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), kecuali pada 2 babak sudah diketahui siapa yang menang, maka 3 babak tidak diperlukan. Jika poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin, dan untuk yang pertama kali unggul selisih 2 point itu akan memenangi pertandingan. Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Jika terdapat 2 tim/lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner-up akan dilihat dari kualitas angka pada tiap-tiap set yang dimainkan.



Selain dari penjelasan diatas, pembahasan mengenai permainan bola voli sangatlah kompleks seperti permainan olahraga lainnya yang mempunyai ukuran lapangan dan aturan tersendiri bahkan nama-nama teknik kombinasi yang ada. Namun untuk pembahasan itu, akan dibahas pada artikel selanjutnya. Sebab sesuai dengan topik pada kali ini, penulis hanya akan membahas mengenai Pengertian Permainan Bola Voli dan Sejarah Singkatnya sebagaimana dijelaskan dan dituliskan dibawah ini:

Pengertian Bola Voli (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Bola Voli (Foto: Artikelsiana.com)

Pengertian Bola Voli Adalah?

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian bola voli adalah permainan beregu memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan untuk mencetak angkat dengan melewati jaring net dari atas.

Sejarah Bola Voli Adalah?

Dalam sejarahnya, Bola Voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Ini awal sejarah lahirnya permainan Bola Voli. Diketahui pencipta atau penemu permainan bola Voli ini merupakan pembina pendidikan Jasmani di Young Men Christian Assoaciation (YMCA) di kota Holyake, Massachusetts, Amerika Serikat.

Diketahui nama permainan ini pada awalnya disebut dengan Minonette yang sama dengan permainan Badminton. Namun nama permainan itu diganti untuk bisa dipertandingkan hingga namanya menjadi “Volley Ball” artinya mevolley bola berganti-ganti.

Di Indonesia, sejarah permainan bola voli masuk pada tahun 1928 yang dibawa oleh guru dan serdadau Belanda. Pada tahun 1952, untuk pertama kalinya, pertandingan Bola Voli digelar saat Pekan Olahraga Nasional (PON) ke II. Setelah itu terbentuklah PVBSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia yang diketahui W.J. Latutemen pada tanggal 22 Januari.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Bola Voli? Ini Arti & Sejarah Singkatnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *