Apa Pengertian Biografi? Ini Arti & Ciri Kebahasaannya


Pengertian Biografi Adalah – Ada ungkapan yang menyatakan bahwa jika kau ingin dikenal dunia, maka menulislah. Namun berbeda jika engkau ingin dituliskan oleh seseorang, maka berpengaruhlah. Kira-kira tepatlah kata ini menggambarkan buku-buku orang-orang besar yang banyak beredar di toko-toko buku seperti gramedia. Tidak sedikit, banyak toko-toko besar yang dituliskan oleh orang-orang seperti Soekarno, Hatta, Mahatma Gandhi, Hitler, Che Guevara, Bil Gates, Jack Ma dan Mark Zuckerberg. Semua orang ini mempunyai pengaruh di dunia sangat besar hingga beberapa orang merasa ini adalah sesuatu yang dapat dibagikan untuk banyak orang dalam bentuk biografi.

Biografi adalah salah satu jenis teks yang mempunyai struktur berupa orientasi, peristiwa atau masalah serta reorientasi. Didalam biografi terdapat informasi yang terdiri dari fakta dan sajian yang berbentuk narasi atau cerita. Selain itu, mengidentifikasi biografi sangatlah mudah, sebab ciri-ciri utama biografi adalah terdapat peristiwa hidup seseorang yang dinarasikan. Biasanya dalam menuliskan riwayat seseorang, beberapa penulis mengangkat tentang yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan.

Namun tidak mudah dalam menuliskan hal tersebut, karena dalam menulis biografi dibutuhkan analisa yang kuat dan menerangkan kejadian-kejadian hidup langsung seseorang kepada penulis. Hal yang didapatkan dalam biografi adalah menemukan hubungan, keterangan dan misteri seorang yang dituliskan dalam biografi. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat

Pengertian Biografi Adalah?

Secara Umum, yang dimaksud dengan Pengertian Biografi adalah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Secara sederhana, Pengertian Biografi adalah sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi juga dapat diartikan sebagai suatu kisah atau keterangan perjalanan kehidupan seseorang bersumber dari kisah nyata. Secara etimologi, arti dari istilah Biografi berasal dari bahasa Yunani dari kata bios dan graphien. Arti kata bios adalah hidup dan graphien berarti tulis. Biografi dapat terdiri dari beberapa baris atau lebih daru satu buku.



Biografi terdiri dari biografi singkat dan biografi panjang, dimana biografi singkat hanya berisi fakta-fakta kehidupan seseorang dan peran yang penting. Sedangkan biografi panjang terdiri dari informasi penting yang dikisahkan dengan lebih detail dan ditulis dengan gaya bercerita yang baik.



Dari biografi dapat ditemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup seseorang dengan penjelasan berupa tindakan atau perilaku dalam hidupnya. Biografi dapat menceritakan kehidupan tokoh penting/terkenal dan tidak terkenal, namun biasanya Biografi bercerita tentang tokoh-tokoh sejarah baik yang hidup maupun yang telah tiada. Sekarang ini biografi banyak ditulis secara kronologis. Biografi sendiri memerlukan bahan atau sumber pendukung baik itu berupa benda seperti buku harian, surat-surat, kliping koran, dll sebagai bahan pendukung utama. Sedangkan bahan pendukung biasa adalah buku referensi, yang menjelaskan peranan seseorang dalam biografi.



Ciri Kebahasaan Teks Biografi Adalah

Menurut Zabadi dan Sutejo mengungkapkan Teks biografi memakai kaidah kebahasaan yang dominan dengan pronominal; kata kerja tindakan; kata adjektiva; kata kerja pasif; kata kerja aktivitas mental; dan kata sambung, kata depan ataupun nomina. Adapun penjelasan daripada ciri kebahasaan atau kaidah teks biografi adalah:

  1. Pronominal (kata ganti), yang dipakai adalah kata ganti orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau. Ini dipakai secara bervarisi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan.
  2. Kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Contoh: belajar, membaca, berjalan, melempar.
  3. Kata adjektiva untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh antara lain genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, seringkali penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah, merupakan.
  4. Kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: diberi, ditugaskan, dipilih.
  5. Kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam rangka penggambaran peran tokoh. Contoh: memahami, menyetujui, menginspirasi, mencintai.
  6. Kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan urutan dengan waktu. Contoh: sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya, sampai, hingga, pada tanggal, nantinya, selama, saat itu. Hal ini terkait dengan pola pengembangan teks cerita ulang yang pada umumnya bersifat kronologis.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Biografi? Ini Arti & Ciri Kebahasaannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *