Apa Pengertian Belajar? Arti & Penjelasannya


Pengertian Belajar Adalah – Dewasa ini, setiap orang membutuhkan pendidikan baik itu pendidikan formal atau pendidikan noformal. Dalam proses pendidikan terdapat belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Dalam belajar mengajar terdapat metode-metode yang dapat diterapkan untuk mampu memberikan pemahaman bagi setiap orang. Dengan belajar maka terdapat perubahan tingkah laku dari setiap orang apalagi bagi peserta didik.

Selain itu, peran penting dari belajar adalah terjadi perubahan secara sadar. Tidak sedikit seseorang yang mengikuti arus terhadap kondisi yang terjadi bahkan apa yang dilakukannya bukan karena kesadarannya. Sehingga dengan belajar inilah, setiap orang atau anak bisa menemukan kesungguhan hati dalam mengubah sesuatu hal. Dengan belajar juga terjadi perubahan yang bersifat fungsional yang dimana perubahan itu saling terikat satu sama lain.

Hal ini membentuk siswa atau peserta didik untuk dapat menjadi pintar dan cerdas. Namun hal itu tidaklah jauh berarti ketika, yang dilakukan oleh siswa itu adalah kesungguhan dirinya dalam belajar, bukan karena orang lain. Maka dari itulah setiap siswa harus bertindak aktif. Walaupun demikian, hal yang harus diperhatikan adalah setiap setiap orang atau siswa, belajar dengan tingkat kemampuannya. Apalagi ketika belajar dengan mendapat penguatan langsung terhadap apa yang dilakukannya dalam hal ini adalah mempraktikkannya. Ataupun juga bisa dengan memberikan tnaggung jawab dan kepercayaan penuh atas belajarnya.

Dengan penerapan demikian dalam proses belajar mengajar sebagai prinsip belajar, maka tujuan dari belajar tersebut dapat berjalan dengan baik. Tujuan belajar itu sendiri adalah bisa disederhanakan dengan perubahan dari yang anak manja, cengeng, egois menjadi berubah dan mudah bergaul dengan teman-teman dan lingkungan. Tidak hanya itu, tujuan belajar juga untuk mengubah kebiasaan dari yang dulunya buruk menjadi baik atau mengubah sikap negatif ke positif seperti menghormati orang tua. Hingga yang paling baik adalah dengan meningkatkan keterampilan atau kecakapan dengan berolahraga, berkesenian, teknik, pertanian pelayaran dan perikanan.



Melihat dari tujuan belajar begitu kompleks sebab belajar adalah kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan proses pendidikan. Walaupun dalam proses belajar, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi belajar yaitu dari faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal faktor internal, belajar dipengaruhi oleh jasmaniah, psikologis, dan faktor kelelahan.



Selain itu, untuk faktor yang mempengaruhi belajar dalam faktor eksternal adalah faktor keluarga seperti orang tua, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga. Selain itu juga bisa dikarenakan faktor sekolah dari metode mengajar, kurikulum, relasi guru, gedung dll. Atau karena faktor masyarakat yang dalam hal ini bisa karena kegiatan siswa dalam masyarakat, media, teman bergaul, dan bentuk kehidupan masyarakat. Berdasarkan penjelasan diatas, lantas apasih itu pengertian belajar? Adapun pengertian belajar dapat dilihat dibawah ini



Pengertian Belajar Adalah

Secara etimologis, arti belajar adalah “berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu”. Selain dari definisi ini, juga bisa dikatakan bahwa belajar belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu.

Namun secara umum, yang dimaksud dengan Pengertian Belajar adalah kegiatan psikofisik menuju ke perkembangan pribadi seutuhnya. Kemudian dalam arti sempit, belajar dimaksudkan sebagai usaha penguasaan meteri ilmu pengetahuan yang merupakan sebagian kegiatan menuju terbentuknya kepribadian seutuhnya.

Apa Pengertian Belajar? Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Belajar? Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Selain itu, pengertian atau definisi belajar diatas, terdapat dua pendapat ahli yang menurut penulis adalah sesuatu yang tepat dalam mendefinisikan pengertian belajar. Adapun dua pengertian belajar yaitu menurut Slameto dan Oemar hamalik. Adapun pengertian kedua para ahli tersebut adalah:

1. Pengertian Belajar Menurut Slameto

Menurut Slameto (2010: 3) “belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya

2. Pengertian Belajar Menurut Oemar Hamalik

Menurut Oemar Hamalik (2011:27) bahwa belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Ia memandang, belajar suatu proses atau kegiatan dan bukan sebagai hasil atau tujuan. Belajar tidak hanya sekedar mengingat, tetapi lebih luas dari itu yaitu mengalami. Hasil belajar bukan berupa penguasaan terhadap hasil latihan, melainkan terjadinya perubahan tingkah laku.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Belajar? Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *