Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


Pengertian Ancaman Adalah – Indonesia adalah negara kepulauan yang terbentuk dari daerah barat yaitu sabang dan di daerah timur yaitu merauke, hamparan wilayah yang begitu luas nan subur menjadikan Indonesia sebagai negara yang sangat subur, bahkan ada potongan lirik lagu yang berbunyi “tongkat kayu dan batu jadi tanaman”.

Karena kesuburan tanah kita di Indonesia ini menjadi rebutan banyak negara. Lihat saja pada masa kerajaan sebelum Indonesia merdeka, ada banyak ancaman dari bangsa asing yang ingin menguasai sumber daya alam Indonesia.

Walaupun ancaman tersebut sudah tidak lagi ada, karena bangsa kita telah merdeka. Namun, untuk tetap selalu waspada terhadap ancaman yang dapat timbul kapapun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Apalagi kondisi geografis Indonesia yang terdiri atas negara kepulauan dengan 17.504 pulau dan dengan 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010 membuat keberagaman yang dipupuk sejak lama dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, sangat mudah untuk di terobos dari berbagai ancaman. Mulai dari ancaman tentang perbedaan, ras, mata-mata, rasisme, gerakan separatisme dan ideologisasi.



Ada banya lagi ancaman yang dapat menyerang Indonesia baik itu secara militer atau non militer. Menghadapi ancaman tidak hanya berasal dari luar negeri, melainkan juga dalam negeri seperti yang pernah disebutkan oleh Ir. Soekarno bahwa perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, namun perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.



Perkataan soekarno ada benarnya, sebab berbagai kisruh yang terjadi di negara ini terlihat bibit-bibit ancaman itu dilakukan oleh rakyat Indonesia sendiri yang berklompot dengan negara asing untuk menghancurkan integrasi nasional dengan mengadu domba setiap warganya. Olehnya itu, perlu kewaspadaan bagi setiap rakyat Indonesia mengahalu setiap ancaman yang akan datang dari manapun itu.



Namun, beda cerita ketika dalam kondisi bangsa yang tengah carut marut akibat keteledoran pemerintah atau aparat dalam penyalahgunaan kekuasaan membuat kritik dari masyarakat dan mahasiswa.

Terkadang, aksi-aksi kritikan tersebut dipandang sebagai ancaman yang dapat merusak keutuhan berbangsa dan bernegara.

Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Tidak sedikit, warga Indonesia yang dipenjara akibat pelanggaran-pelanggaran yang dianggap ingin makar dan ujaran kebencian padahal niatannya baik yaitu untuk mengkritik pemerintah.

Dilema tentang definisi ancaman ini terus menjadi problem bagi masyarakat dan juga pemerintah, karena terkadang salah sasaran dalam menempatkan dan memposisikan ancaman itu seperti apa.

Maka dari itu, penulis akan memberikan definisi jelas mengenai apa yang dimaksud dengan ancaman seperti dibawah ini:

Pengertian Ancaman Adalah?

Secara umum, pengertian ancaman adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh kelompok atau individu yang tertentu yang potensinya membahayakan keselamatan kelompok lain atau individu.

Tidak hanya itu, ancaman juga didefinisikan sebagai kegiatan atau usaha, baik yang terdapat diluar negeri atau dalam negeri dan dinilai dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan warganya.

Melihat dari penjelasan diatas, maka bisa dikatakan bahwa ancaman lebih berkaitan dengan risiko. Apabila demikian, apa itu risiko? Risiko adalah buah pikir dari sebuah ancaman. Ancaman tentunya bisa menjadikan sesuatu permasalahan yang bisa meresahkan masyarakat suatu negara.

Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Dari dulu sampai saat ini, ada banyak sekali peristiwa yang merupakan ancaman bagi keselamatan masyarakat di berbagai negara. Ancaman merupakan salah satu bentuk usaha yang bersifat untuk mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional melalui segala tindak kriminal dan politis.

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bahwa yang dimaksud dengan definisi ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa.

Sedangkan menurut KBBI bahwa yang dimaksud dengan ancaman adalah indonesia satu sesuatu yang dianggap sepi itu 2 perbuatan dan sebagainya dengan catatan mengancam.

Jenis-Jenis Ancaman

Diketahui ancaman terbagi atas 2 jenis yaitu ancaman militer dan ancaman non militer. Yang dimaksud dengan kedua jenis ancaman tersebut adalah:

1. Ancaman Militer

Secara umum, pengertian ancaman militer adalah ancaman yang memakai kekuatan bersenjata terorganisasi dan dinilai memiliki kemampuan yang berbahaya terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Ancaman militer dapat berasal dari dalam maupun luar negeri. Contohnya ancaman dari luar negeri adalah agresi, mata-mata, sabotase, aksi teror dll.

Sedangkan untuk contoh ancaman militer yang berasal dari dalam negeri adalah pemberontakan bersenjata, sabotase, aksi kekerasan berbau sara, gerakan separatis dan perusakan lingkungan.

2. Ancaman Nonmiliter

Secara umum, arti Ancaman Nonmiliter adalah ancaman yang tidak bersenjata akan tetapi jika dibiarkan bisa membahayakan kedaulatan negara, wilayah dan keselamatan rakyat.

Intinya, ancaman nonmiliter bisa berpotensi membahayakan walau dalam jangka pendek dampak yang dirasakan tidaklah berarti, namun secara perlahan dapat menyebar dan dampak yang akan dirasakan akan terjadi di masa yang akan datang.

Globalisasi menghilangkan sekat atau batas pergaulan antar bangsa secara disadari atau tidak telah menimbulkan dampak negatif yang berpotensi menjadi ancaman bagi keutuhan sebuah negara. Ancaman nonmiliter mencakup dimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan bahkan teknologi dan informasi. Contoh ancaman nonmiliter antara lain adalah komunisme, liberalisme, kapitalisme, inflasi, pengangguran,

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Ancaman Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *