Apa Pengertian Analisis Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya


engertian Analisis Secara Umum – Analisis adalah kegiatan untuk meneliti suatu objek tertentu secara sistematis. Tujuan dari analisis untuk memperoleh informasi tentang objek itu. Contoh analisis dibutuhkan sangat erat kaitannya dengan bisnis, manajemen dalam perusahaan yang semuanya membutuhkan analisis untuk mendapatkan informasi tentang target pasar, produk yang akan dibuat, strategi pemasaran dan lain sebagainya.

Itulah analisis mengapa perannya begitu penting dalam dunia kerja sebab setiap perubahan berjalan dengan cepat begitupula dengan masalah yang terjadi. Sehingga perusahaan dituntut untuk memecahkan itu dalam waktu singkat, karena hal itulah mengapa perusahaan membutuhkan orang-orang yang mampu menganalisis sesuatu.

Ada banyak jenis pekerjaan yang mensyaratkan seseorang tersebut harus analisis, baik usaha atau bisnis sendiri. Kebutuhan orang yang mampu menganalisis atau disebut analis karena dalam pekerjaan, lebih diperhadapkan pada mengambil kebutusan atau kesimpulan. Sehingga ada begitu banyak ide dan gagasan, mengevaluasi pendapat yang didalamnya itu semua membutuhkan analisis untuk menilai yang manakah yang lebih tepat.

Makadari itulah, setiap orang perlu membiasakan diri dan belajar untuk menganalisis apapun itu, dimanapun dan dalam kondisi apapun sebab anda tidak akan bisa tahu bahwa kapan harus mmengambil keputusan yang harus diambil atau mendadak dalam kondisi tertentu.



Bahkan dengan kemampuan analisis itu, tidak akan merugikan malahan akan menguntungkan pribadi dan kelompok serta tempat dimana anda bekerja dan kebanyakan posisi yang didapatkan lebih kepada posisi yang mampu mengambil kesimpulan atau dapat menjadi pencari bakat, perawat, dokter, pilot, serta pemilik suatu usaha atau bisnis. Profesi-profesi tersebut memerlukan pemikiran yang kritis, praktis, serta cepat.



Karena profesi-profesi itulah yang sering ditemukan dalam situasi dan kondisi yang memelurkan analisis, dan apabila tidak memahami analisis maka posisi demikian tidak bisa anda dapatkan.



Maka dari itulah sehingga, setiap keputusan diambil akan berdampak untuk banyak orang lain, tidak hanya pada diri sendiri, melainkan keputusan tersebut dapat berjalan positif dan negatif. Sehingga, keputusan tersebut dapat berdampak sebagai manfaat atau bahkan menolong orang lain, atau sebaliknya akan berdampak merugikan orang lain.

Sebenarnya profesi lain pun juga membutuhkan orang-orang yang mampu menganalisis, sehingga tidak hanya posisi diatas bahkan dalam keluarga pun analisis dibutuhkan. Ada banyak sekali contoh yang bisa dijadikan landasan mengapa begitu pentingnya analisis yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari,

Tentunya untuk bisa menganalisis dibutuhkan berpikiran kritis dan pengetahuan yang dalam. Sebab sebagaimana yang informasi yang diketahui hal itu sejalan dengan pengertian analisis sendiri. Apabila demikian, apasih yang dimaksud dengan pengertian analisis itu?

Pengertian Analisis Adalah?

Secara umum, Pengertian Analisis adalah kegiatan yang bertujuan untuk mencari informasi yang bersifat dasar terkait satu atau lebih objek secara sistematis dengan metodologi tertentu.

Menurut KBBI (1990:32) bahwa yang dimaksud analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab) dimana penguraian suatu pokok atau berbagai bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan.

Apa Pengertian Analisis Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Pengertian Analisis Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Sedangkan apabila merujuk definisi dari para ahli dalam hal ini Harahap (2004:189) yang mengatakan bahwa pengertian analisis adalah memecahkan atau menggabungkan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil.

Selain itu, menurut Komaruddin (2002) bahwa arti analisis adalah kegiatan berfikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen sehingga mengenali tanda-tanda komponen, hubungannya satu sama lain, dan fungsi masing-masing dalam suatu keseluruhan yang terpadu.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Analisis Secara Umum? Ini Arti & Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *