Apa Pengaruh Lingkungan Sosial Dalam Proses Sosialisasi? Ini Penjelasannya


Manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak akan pernah lepas dari bantuan atau kehidupan dari manusia yang lainnya. Hal itu karena manusia adalah makhluk sosial, dimana hal itu merupakan hakikat dari manusia yang mempunyai hasrat untuk bersatu dengan manusia lainnya dengan lingkungan sekitarnya.

Biasanya dalam kehidupan sehari-hari, individu melakukan interaksi dan sosialisasi dengan lingkungan tempat dimana individu itu berada. Tanpa proses interaksi sosial yang dilakukan, maka jiwa dari seseorang tersebut akan terganggu. Sebab perkembangan jiwa manusia, itu bisa terjadi dan salah satu faktornya adalah karena hubungannya dengan manusia lainnya. Melalui interaksi sosial tersebut terdapat proses sosialisasi.

Pengertian sosialisasi itu sendiri adalah proses yang terjadi sepanjang umur seseorang dengan cara mempelajari nilai dan norma sosial yang ada di dalam masyarakat. Tujuannya semata-mata agar individu tersebut dapat menjadi pribadi yang bisa diterima oleh kelompoknya. Sosialisasi adalah proses interaksi sosial kapan kita mengenal cara-cara berpikir, berperasaan dan berperilaku untuk berperan secara efektif dalam masyarakat.

Selain itu, sosialisasi juga bisa didefinisikan sebagai proses yang dialami individu dari masyarakatnya yang terdiri dari kebiasaan, sikap, norma, nilai-nilai, pengetahuan, harapan, ketrampilan. Dalam proses itu terdapat kontrol sosial. Arti kontrol sosial adalah upaya teknik dan strategi yang mencegah perilaku manusia untuk menyimpang dalam masyarakat. Dari hal itu maka anak atau individu akan menjadi individu sosial yang berperan sesuai yang diharapkan dimasyarakat. Atau bisa dikatakan juga bahwa sosialisasi merupakan pembinaan kepribadian seseorang agar bisa hidup dengan tuntutan kelompok dan kebudayaan.



Dalam proses penyesuaian diri yang pertama dikenal dengan akomodasi. Proses ini membuat individu untuk mengubah diri menjadi sesuai dengan apa yang ada di lingkungannya dengan mempunyai aturan-aturan-aturan serta norma yang mengatur setiap tingkah laku yang terdapat dalam lingkungan sosial itu yang mengikat individu tersebut. Sosialisasi berkembang dari lingkup kecil keluarga yang semakin lama semakin meluas. Namun cepat atau lambatnya sosialisasi individu atau anak ditentukan dari faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi tersebut yaitu sifat dasar, lingkungan prenatal, perbedaan perorangan, dan lingkungan.



Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Proses Sosialisasi

Pengaruh lingkungan sosial dalam proses sosialisasi sangatlah besar. Lingkungan yang dimaksud disini adalah kondisi sekitar individu baik itu lingkungan alam, kebudayaan dan masyarakat yang bisa mempengaruhi proses sosialisasi. Kondisi lingkungan sekitar tidaklah menjadi penentu namun dapat mempengaruhi dan membatasi proses sosialisasi seseorang.



Melalui lingkungan sosial yang tepat, maka potensi yang dimiliki manusia dapat berkembang. Jadi lingkungan sosial menjadi wadah atau tempat dimana seseorang tersebut menjadi terpengaruh. Pengaruh yang bisa saja terjadi adalah pertumbuhan kecerdasan, pertumbuhan sosial dan emosional, mempelajari pola-pola kebudayaan dan berpartisipasi dalam masyarakat.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa apabila terdapat pertanyaan berupa “Jelaskan pengaruh lingkungan sosial dalam proses sosialisasi” maka jawaban yang dapat dilampirkan ialah:

Jelaskan Pengaruh Lingkungan Sosial Dalam Proses Sosialisasi

Lingkungan sosial dalam proses sosialisasi berpengaruh besar karena tempat terjadinya proses sosialisasi antar individu/kelompok berinteraksi. Sehingga lancar atau tidaknya seseorang dapat ber-sosialisasi, ditentukan oleh lingkungan sosial. Apabila lingkungan itu buruk maka proses sosialisasi tidak berjalan lancar seperti sedang terjadi pandemi (wabah virus), maka akan jaga jarak dan komunikasi akan terhambat. Namun apabila sedang terdapat festival atau perayaan besar, maka sosialisasi akan semakin intens atau meningkat.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengaruh Lingkungan Sosial Dalam Proses Sosialisasi? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *