Apa Komponen Dalam Perencanaan Usaha/Bisnis? Ini 7 Komponennya


Komponen Dalam Perencanaan Usaha – Bukan rahasia lagi kalau ide atau gagasan adalah hal yang penting dan merupakan sesuatu yang harganya mahal. Perlu diketahui bahwa gagasan itu muncul bukanlah sembarang ide, melainkan ide yang memiliki nilai komersial dan ide yang ditulis dalam rencana usaha atau rencana bisnis.

Tidak sedikit orang yang punya ide cemerlang, ide yang hebat serta punya nilai komersial tinggi, akan tetapi ide tersebut tetaplah ide yang hanya sekedar ide bahkan boleh dikata hanya berupa impian yang numpang lewat. Demikian itu karena ide tersebut tidak pernah untuk dituliskan ataupun dikomunikasi ke berbagai pihak lain yang diimplementasikan.

Untuk membuat ide tersebut terwujud, maka dibutuhkan suatu perencanaan yang nyata dalam berwirausaha. Sebab sebagus apapun ide itu, tanpa mempunyai rencana maka tetap saja tidak akan pernah terwujud. Bahkan sekalipun rencana yang dibuat masih dalam tahap sederhana. Walaupun harus dikatakan bahwa rencana sederhana tidaklah baik untuk perencanaan usaha atau bisnis.

Namun lebih baik dari pada tidak sama sekali mempunyai perencanaan dalam bisnis atau usaha karena pada dasarnya seluruh dari perencanaan itu diserahkan pada proses yang berjalan yang harus sesuai dengan koridor pada perencanaan bisnis atau usaha, apabila tidak maka bisa saja mobilitas akan menjadi tidak karuan.

Selain itu, fungsi dari rencana tidak hanya kepada prosesnya saja, namun jauh dari hal tersebut terdapat tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Itulah mengapa dalam perencanaan usaha atau bisnis butuh perhitungan yang matang, proses yang baik dan tujuan yang jelas.

Ketiga aspek ini tidak boleh dilalaikan dalam perencanaan bisnis. Itulah mengapa pada tulisan kali ini akan mengupas mengenai business plan yang dipakai sebagai pengetahuan untuk menyiapkan langkah awal dalam menggali, menumbuhkan atau menjaring ide untuk menuangkannya dalam sebuah rencana usaha/bisnis.

Pentingnya perencanaan usaha atau bisnis berfungsi untuk menilai apa bisnis atau usaha itu layak, profitable dan jangka panjang. Sebab perencanaan ini butuh usaha yang matang. Selain itu, perencanaan bisnis juga berguna untuk mengajak mitra bisnis, investor ataupun calon kreditor agar impian itu bisa terwujud. Hal itulah mengapa setiap orang atau pengusaha ataupun pebisnis perlu untuk mengetahui komponen penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan usaha atau business paln.

Dalam berbagai informasi yang didapatkan terdapat 3 komponen penting dalam perencanaan usaha atau bisnis yaitu konsep bisnis. Arti dari konsep bisnis ini adalah ide bisnis yang tertulis visi misi sebuah bisnis, dan produk dan jasa yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, terdapat analisa dari situasi pasar yang terdiri dari pelanggan, pesaing, proses distribusi, dan promosi.

Dalam hal ini dibutuhkan martiketing plan yang matang, untuk menjabarkan tentang rencana pemasaran yang tujuannya untuk memenangkan persaingan yang pada komponen ini terdiri atas kondisi pasar eksisting, review atas kompetitor, strategi pemasaran, dan strategi harga. Pada dasarnya komponen ini adalah terletak pada seberapa jauh perusahaan dapat mengenal calon customers, apa yang dibutuhkan, yang tidak dinginkan, dan yang diharapkan customers.

Sedangkan yang ketiga adalah finansial. Komponen ketiga ini sangatlah penting dalam perencanaan usaha atau bisnis. Demikian ini karena finansial berbicara seputar situasi keuangan yang terdiri dari income statement atau laporan laba, rugi, balance sheet (apabila sudah berjalan), proyeksi laba rugi dan arus kas. Penyusunan komponen dalam perencanaan usaha ini disusun secara aktual jumlah dana yang dibutuhkan baik itu kegiatan operasional usaha, bisnis atau perusahaan.

Komponen Dalam Perencanaan Usaha/Bisnis Adalah?

Atau lebih terperinci soal bagaimana komponen perencanaan usaha atau bisnis itu yang dapat lebih mudah dipahami adalah pada dasarnya bisa dibagi ke dalam 7 komponen penting dalam perencanaan usaha atau bisnis. Adapun penjelasan ketujuh komponen perencanaan usaha atau bisnis itu adalah:

1. Komponen Ulasan Deskripsi Bisnis

Pada komponen pertama ini menjelaskan tentang secara singkat usaha atau bisnis yang dijalankan seperti menuliskan produk saat ini dan dimasa depan. Selain itu, informasi berupa peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk dapat bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

2. Komponen Strategi Pemasaran

Selain itu, komponen yang kedua adalah strategi pemasaran yang perlu hasil analisa pasar dengan cermat dengan menciptakan target pembeli. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar agar bisa mendapatkan target penjualan dapat ditentukan (kemana produk anda akan dipasarkan).

3. Komponen Analisa Pesaing

Maksud dari komponen ini adalah mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama. Setelah itu, mencari strategi dalam memasarkan termasuk menghalangi pesaing masuk dan meniru. Begitupula dengan kelemahan yang didapatkan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing anda.

4. Komponen Rencana Desain dan Pengembangan

Komponen keempat adalah membuat rencana desain dan pengembangan yang fungsi dan tujuannya untuk menampilkan tentang perencanaan produk, grafik pengembangan konteks produksi dan penjualan yang dipakai dalam membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Komponen Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional demikian berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan seperti tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6.Komponen Pembiayaan

Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

Apa Komponen Dalam Perencanaan Usaha/Bisnis? Ini 7 Komponennya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Komponen Dalam Perencanaan Usaha/Bisnis? Ini 7 Komponennya (Foto: Artikelsiana.com)

7. Komponen Kesimpulan Usaha

Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Anda dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen diatas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha.

Demikianlah informasi mengenai Apa Komponen Dalam Perencanaan Usaha/Bisnis? Ini 7 Komponennya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *