Apa Kepanjangan Dari WOSM? Ini Arti dan Sejarahnya


Kepanjangan WOSM – Bagi sebagian orang mengikuti ekstrakurikuler adalah sesuatu yang menyenangkan karena terdapat berbagai macam aktivitas yang bermanfaat seperti pramuka, pmr, paskibraka, dll. Berbicara soal pramuka, pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana. Ada banyak orang yang mengikuti organisasi ini dan disetiap SD, SMP dan SMA serta mahasiwa pun terdapat organisasi ini.

Pramuka adalah gerakan yang dimulai pada tahun 1907 oleh Robert Baden Powel. Dirinya adalah pendiri dan sekaligus sebagai bapak pramuka dunia yang berasal dari warga negara Inggris dan pernah menjadi tentara. Sejak kecil Baden Powel dikenal sebagai anak yang mencintai petualangan atau di luar ruangan. Baden Powel suka bermain di hutan sekolah dan berkemah. Kemah pertama yang dilakukan pada 1 Agustus 1907 di Brwonsea Island, Inggris. Sehingga pada tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai hari peringatan Hari Kepanduan Dunia.

Sedangkan di Indonesia, Sejarah Pramuka lahir di tahun 1961 menurut Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961 mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka yang dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961. Tapi secara resmi, diperkenalkan pada 14 Agustus 1961 disaat Presiden RI memberikan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI No. 448 Tahun 1961. Sejak saat itu, tanggal Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Agustus.

Dalam pramuka mempunyai pembelajaran yang kompleks seperti mulai dari dasar darma, trisatya, metode pramuka, prinsip, tujuan dan fungsi serta strukturnya. Demikian ini sehingga kepercayaan untuk mengikuti pramuka semakin banyak setiap tahunnya. Berbicara soal struktur pramuka, terdapat organisasi yang melingkupi seluruh pramuka yang ada di dunia ini yang dikenal dengan singkatan WOSM. Apasih itu WOSM?



Kepanjangan WOSM Adalah?

Secara umum singkatan WOSM adalah kepanjangan dari World Organisation Scout Movement. Misi WOSM adalah untuk memberikan kontribusi pendidikan anak muda, melalui sistem nilai berdasarkan Satya dan Dharmanya untuk membantu membangun dunia yang lebih baik di mana orang mandiri sebagai individu dan memainkan peran konstruktif dalam masyarakat.



WOSM adalah Organisasi Non Pemerintah yang sebagaimana tercantum dalam konsititusi WOSM bab II pasal 4 ayat 1 yang menyatakan “The organization of the Scout Movement at world level is governed by this Constitution under the title of ‘The World Organization of the Scout Movement’…, as an independent, nonpolitical, non-governmental organization.”.



WOSM mempunyai hubungan dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB sejak tahun 1947. Organ dalam WOSM adalah World Scout Conference, World Scout Committee, dan The World Scout Bureau. Selain itu, WOSM mempunyai konferensi dunia yang merupakan sidang umum pramuka dan diikuti oleh perwakilan dari semua organisasi anggota. Konferensi ini diadakan 3 tahun sekali.

Adapun keputusan-keputusan yang diambil dalam konferensi WOSM itu adalah pemilihan komite pramuka dunia, menetapkan negara anggota baru serta melakukan acara tingkat dunia seperti jambore dunia dan konferensi pramuka dunia.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Kepanjangan Dari WOSM? Ini Arti dan Sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *