Apa Kelebihan & Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan? Ini Jawabannya


Cangkok merupakan metode vegetatif dalam mengembangbiakan tanaman. Biasanya tanaman yang dicangkok adalah tanaman buah. Walaupun pengembangbiakan ini sudah menjadi hal biasa, ternyata masih ada juga yang sulit membedakan antara okulasi, sambung susu dan sebaginya. Jika demikian lantas seperti apakah itu cangkok sebenarnya?

Dengan cangkok, tanaman dapat dengan mudah untuk dikembangbiakan dengan jalur vegetatif denga ncara menumbuhkan tanaman baru agar tidak melalui benih atau biji tanaman. Selain metode vegetatif dengan cangkok, juga ada cara lain yakni dengan stek. Untuk stek sendiri, cara memperbanyaknya dengan menanam batang tanaman yang telah dipotong.

Sedangkan untuk metode dari mencangkok sendiri dengan menggunakan teknik memperbanyak tanaman dengan cara menumbuhkan akar pada batang tanpa memotong batang tersebut sebelum siap untuk di tanaman di tanah.

Pada umumnya, semua jenis tanaman yang mempunyai batang keras bisa dicangkok. Namun ditengah kelebihannya ternyata, metode mencangkok juga punya banyak kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan tumbuhan hasil cangkokan adalah:



Kelebihan & Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan

Secara sederhana kelebihan tumbuhan hasil cangkokan itu biasanya tumbuh lebih cepat, hasil yang sama dengan induknya. Namun kekurangan tumbuhan hasil cangkokan ialah kurang kuat dan mudah roboh. Secara untuk informasi lengkap mengenai apa kelebihan dan kekurangan tumbuhan hasil cangkokan dapat dilihat dibawah ini:



Apa Kelebihan & Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan? Ini Jawabannya
Apa Kelebihan & Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan? Ini Jawabannya

Apa Kelebihan Tumbuhan Hasil Cangkokan?

Adapun kelebihan tumbuhan hasil cangkokan adalah



    • Tanaman cangkokan lebih cepat berbuah daripada hasil semai benih hal ini karena batang tanaman cangkokan sudah usia matang untuk pembuahan sehingga tanaman cangkokan lebih mudah berbuah walau masih pendek.
    • Memiliki sifat sama persis dengan tanaman indukan karena memungkikan petani untuk memotong tanaman indukan untuk dijadikan tanaman baru sehingga tingkat kesamaannya lebih tinggi.
    • Tingkat keberhasilan cangkok sangat tingggi karena itu dilakukan saat batang masih menyatu dengan pohon inangnya, sehingga risiko memperkecil resiko kematian atau layu karna selama proses mencangkok.
    • Produksi dan kualitas buah tidak diragukan lagi apalagi cepat dirasakan serta keberhasilan yang tinggi.

Apa Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan?

Selain dari kelebihan metode cangkokan, juga terdapat kekurangan yang perlu diantisipasi ketika mencangkok. Adapun kekurangan tumbuhan hasil cangkokan adalah:

    • Tanaman cangkokan khususnya dalam polibag, cenderung tidak tahan kekeringan karena memudahkan defisit air dan nutrisi. Biasanya diatasi dengan pupuk organik.
    • Tanaman cangkokan lebih mudah tumbang daripada hasil semai benih namun ini berbeda dengan tanaman yang berakar tunggang.
    • Tanaman induk menjadi rusak karna terpotong secara extrim ketika mencangkok tanaman
    • Sulit untuk melakukan produksi masal jika pohon induk tidak mencukupi karena pengaruhi oleh banyaknya jumlah pohon indukan yang bisa di cangkok.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Kelebihan & Kekurangan Tumbuhan Hasil Cangkokan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *