Apa Kegunaan Tepung Maizena? Ini Jawabannya


Terdapat berbagai macam jenis tepung yang digunakan untuk membuat makanan dan bahkan minuman.. Salah satu tepung yang begitu terkenal dan populer adalah tepung maizena. Tepung ini biasa dimanfaatkan untuk memasak, mengentalkan saus dan berbagai kreasi lainnya.

Istilah tepung maizena sendiri adalah sebutan populer yang berasal dari bahan biji jagung. Kata Maizena sendiri berasal dari merek jagung dari Meksiko. Proses pembuatan tepung maizena sendiri itu dengan cara digiling menjadi tepung yang sari patinya diambil.

Setelah itu, dalam proses pembuatannya terdapat perendaman dan fermentasi yang dari hasil itulah maka tersisah sari pati yang disebut dengan tepung Maizena. Membedakan tepung maizena dengan tepung yang lainnya tidaklah begitu sulit sebab mempunyai warna putih dan tekstur yang halus.

Selain itu, tepung maizena juga dikenaf l bebas gluten yang diketahui berguna agar pada saat dikonsumsi itu aman bagi penderita penyakit celiac dan penyakit penyimpanan glikogen.

Tepung maizena juga sering digunakan untuk resep kue kering karena dikatakan oleh Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan mengatakan bahwa tepung maizena berfungsi untuk membuat kue kering semakin renyah. Selain itu kegunaan tepung maizena bagi makanan bisa mengentalkan makanan seperti saus, kuah kaldu, sup dan kaserol.

Kegunaan Tepung Maizena Adalah?

Berdasarkan dari fungsi tepung maizena untuk makanan yang begitu banyak digunakan, tidak heran karena kegunaan tepung maizena pada makanan yang membuatnya begitu populer. Diketahui terdapat 5 kegunaan tepung maizena yang penulis mampu himpun dalam hal ini adalah:

1. Memberikan Sensasi Juicy Pada Daging

Tidak hanya untuk olahan saus dan berkuah saja, kegunaan tepung maizena juga bisa ditambahkan untuk sesuatu yang terbuat dari daging. Sebab dengan pemberian tepung maizena, maka akan memberikan sensasi juicy pada daging.

2. Menjaga Gosong Pada Makanan

Jangan khawatir untuk makanan jadi gosong sebab tepung maizena mampu menjadi solusi alternatif yang bisa dipilih sebab tepung ini mampu melumuri bahan yang akan digoreng. Itulah salah satu kegunaan penting dari tepung maizena.

3. Merenyahkan Makanan

Rahasia makanan jadi renyah, jawabannya hanyalah dengan menggunakan tepung maizena dengan kegunaan tepung maizena. Jadi untuk membuat kue kering atau makanan gorengan untuk memberikan hasil yang maksimal.

4. Mudah Menyerap Minyak

Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari fungsi tepung maizena adalah kebolehannya dalam menyerap minyak dengan cepat. Kamu tak perlu khawatir olahan yang kamu buat akan berminyak bila menggunakan bahan yang satu ini. Tentunya ini juga akan semakin membuat waktu memasakmu menjadi lebih efektif.

5. Bahan Untuk Membuat Bubur Bayi

Tidak hanya makanan untuk orang dewasa yang menggunakan tepung maizena. Beberapa jenis bubur bayi juga banyak menggunakan jenis tepung yang satu ini. Fungsi utamanya bisa untuk mengentalkan sehingga makanan bayi pun dapat lebih halus dan mudah dikonsumsi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Kegunaan Tepung Maizena? ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *