Apa Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat? Ini 10 Gunanya


Apa Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat – Dalam kehidupan ini, setiap orang tidak akan lepas dari yang namanya masalah. Untuk mengatasinya, dibutuhkan suatu solusi atau jalan keluar. Dalam penyelesain masalah, tidak jarang setiap orang akan diperhadapkan yang namanya pengambilan keputusan.

Membuat keputusan tidaklah segampang yang dipikirkan, sebab dalam keputusan terdapat ketidakpastian dan risiko. Contohnya adalah keputusan untuk melaksanakan kurikulum pembelajaran. Dari hal itu, membutuhkan dana yang besar dan mengubah sistem pendidikan yang tengah berjalan. Sehingga bisa dibayangkan risiko yang ada apabila keliru dalam mengambil keputusan.

Namun membayangkan risiko tersebut bukanlah perkara bahwa harus mundur, melainkan adalah menguatkan tentang bagaimana cara dalam menguatkan bukti-bukti yang berkaitan dengan masalah tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan, dengan pengumpulan, analisis dan menafsirkan berbagai bukti yang menjadi data dalam membuat keputusan. Dalam aktivitas itu, maka disebutlah sebagai proses penelitian.

Secara umum, yang dimaksud dengan penelitian adalah aktifitas yang dilakukan secara sistematis, terkontrol, empiris dan kritis terhadap proposisi-proposisi hipotesis tentang hubungan yang diperkirakan terhadap antara gejala alam. Penelitian selalu berangkat dari masalah yang ada di lapangan yang menjadi landasan untuk dipecahkan melalui langkah sistematis. Sehingga hasil yang didapatkan atau keputusan yang akan dipakai akan membuahkan hasil yang memuaskan dan berguna bagi masyarakat.



Pada hakikatnya, penelitian adalah usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan metode-metode ilmiah. Mengutip para ahli dalam hal ini Welberg (1986) yang mengatakan terdapat 5 langkah dalam pengembangan pengetahuan melalui penelitian, yaitu: (1) mengidentifikasi masalah penelitian, (2) melakukan studi empiris, (3) melakukan replikasi atau pengulangan, (4) menyatukan (sintesis) dan mereviu, dan (5) menggunakan dan mengevaluasi.



Selain itu dalam proses penelitian atau di istilahkan metodologi penelitian terdapat 8 karakteristik seperti dimulai dari suatu pertanyaaan atau permasalahan, tujuannya apa, rancangan prosedur harus jelas, membagi setiap masalah yang lebih kecil, memakai hipotesis, menerima asumsi kritis dan memerlukan pengumpulan.



Itulah mengapa dalam setiap pembangunan dan dalam setiap perencanaan dibutuhkan hasil penelitian dari berbagai lembaga peneliti untuk mengetahui keputusan dan kebijakan tersebut untuk mengetahui kegunaan dan manfaat bagi masyarakat dan dalam kehidupan sehari-hari tentunya.

Apa Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat? Ini 10 Gunanya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat? Ini 10 Gunanya (Foto: Artikelsiana.com)

Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat Adalah

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai hasil penelitian yang ada di sekitar kita dan manfaatnya kini dirasakan bersama. Adapun kegunaan penelitian bagi masyarakat adalah:

  1. Membantu manusia untuk meningkatkan kemampuannya dalam melihat kehidupan sekitar yang bersifat kompleks dan saling berkait.
  2. Mempermudah dalam pencapaian tujuan yang diharapkan.
  3. Bisa menjadi pemberi rekomendasi.
  4. Sebagai alat perencanaan untuk melakukan kegiatan selanjutnya.
  5. Dapat mengatasi atau menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi.
  6. Alat dalam pengambilan keputusan.
  7. Media untuk perkembangan ilmu pengetahuan, untuk menemukan sesuatu yang baru ataupun menyempurnakannya.
  8. Alat dalam pengambilan kesimpulan untuk pemecahan masalah.
  9. Membantu persoalan kehidupan sehari-hari baik untuk pengembangan sektor usaha maupun meningkatkan pendapatan.
  10. Begitupun halnya dalam menunjang kelancaran proses pembangunan ataupun kesulitan mengatasi masalah usaha, melalui penelitian yang telah dijalankan dapat diberikannya jalan keluar dari persoalan yang sedang dihadapi, sehingga dapat keluar dari krisis yang terjadi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Kegunaan Penelitian Bagi Kehidupan Masyarakat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *