Apa Kegunaan & Fungsi Bulu Halus di Dalam Hidung? Ini Jawabannya


Semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini tidak bisa hidup hanya dengan makanan, tanpa melakukan pernapasan. Bahkan pernapasan itu tidak hanya dibutuhkan oleh manusia melainkan hewan dan juga tumbuhan. Pada manusia, alat pernapasan yang terdapat pada tubuh bagian luar adalah hidung.

Hidung menjadi salah satu organ yang menonjol sebab letaknya yang berada di tengah wajah. Selain itu, hidung juga berkontribusi penampilan wajah, hidung juga memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal itulah mengapa hidung menjadi salah satu indra manusia yakni sebagai indra penciuman. Melalui hidung, setiap manusia bisa mencium berbagai jenis bau yang ada disekitarnya. Baik itu mencium bau yang busuk ataupun yang harum sekalipun.

Kebayang tidak bagaimana jika manusia tidak memiliki hidung, bau yang busuk sekalipun bisa ia rasakan apalagi bau yang harum sekalipun, sia-sia dong parfum yang dipakai dengan harga mahal. Tapi, pada kali ini penulis tidak akan membahas mengenai parfum atau bau busuk dan harum melainkan akan membahas mengenai bagian-bagian yang terdapat dalam hidung atau anatomi hidung.



Sebagaimana diketahui bersama bahwa hidung mempunyai peran penting dalam pernapasan. Fungsi-fungsi yang dimilikinya sangat membantu manusia baik dalam mengecap rasa sebagaimana penjelasan diatas, dan juga hidung berfungsi dalam mengatur suhu udara tubuh yang dapat melembabkan dan menghangatkan suhu udara saat bernapas.



Tidak hanya itu, hidung juga berfungsi sebagai resonansi suara. Dalam fungsi-fungsi yang telah disebutkan terdapat bagian-bagian hidung yang saling berkoordinasi seperti bagian-bagian tersebut adalah Rongga hidung, tulang rawan dan tulang nasal, Rongga sinus, Saraf pembau, Nasofaring.



Salah satu bagian yang juga takkalah penting adalah rongga hidung, sebab pada bagian ini mempunyai bulu hidung. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini itulah yang menjadi pembahasan penulis mengenai apa fungsi atau kegunaan daripada bulu hidung.

Apa itu Bulu Hidung?

Bulu hidung adalah suatu bagian yang sangat berperan penting dalam pernapasan. Bagian ini terdapat di rongga hidung yang berada diawal pada saat memasuki lubang hidung.

Biasanya bulu hidung ini tempat dimana kotoran hidung berkumpul dan membesar, tentu bagi kita semua telah mengetahui letak daripada kotoran hidung dan juga letak daripada bulu hidung. Namun tahukah anda apasih fungsi atau kegunaan dari bulu hidung itu sendiri?

Kegunaan & Fungsi Bulu Hidung Adalah?

Adapun fungsi atau kegunaan bulu hidung adalah:

    1. Bulu hidung berfungsi menyaring kotoran yang masuk melalui pernapasan.
    2. Bulu hidung berfungsi melindungi tubuh yang mencegah partikel penyebab penyakit dengan menyaringnya serta menjadikannya kotoran atau upil
    3. Tempat menempelnya selaput lendir yang menjadi alat penyirim sinyal tentang apa yang dihirup.

Cara Menjaga Kesehatan Hidung

Menjaga kesehatan hidung Sama dengan organ ataupun indra tubuh yang lainnya, hidung juga perlu dijaga kesehatannya agar bekerja dengan maksimal. Diantaranya sebagai berikut:

    1. Membersihkan hidung secara rutin. Mengeluarkan kotoran hidung yang bisa menjadi penghalang masuknya udara ke dalam hidung.
    2. Memeriksa hidung jika ada gangguan. Seperti terjadi flu atau pilek sebaiknya langsung di bawa ke dokter jika tak kunjung sembuh.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Kegunaan & Fungsi Bulu Halus di Dalam Hidung? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *