Apa Itu Pembelajaran Daring Adalah? Ini Pengertiannya


Ditengah situasi dan kondisi saat ini dimana seluruh dunia termasuk Indonesia tengah tersebar Virus Covid-19. Penyebaran tersebut begitu cepat sampai setiap dunia mengalami masalah krisis kesehatan. Ditengah penyebarannya, kondisi politik dunia saat itu mengalami kegemparan yang luar biasa sampai-sampai seluruh media massa dan media sosial ribut membicarakan persoalan covid-19 ini.

Pembicaraan itu tiadalain tiada bukan adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi covid-19. Penyebaran sampai 193 negara yang terjangkit virus yang berasal dari Wuhan di Kota China ini dan berstatus pandemi menyebabkan kelumpuhan berbagai sendi-sendi kehidupan tidak hanya kesehatan seperti diceritakan diatas, tetapi juga pada persoalan ekonomi, politik, sosial budaya dan juga masalah pendidikan.

Dalam pandemi Covid-19 tersebut memberikan banyak perilaku baru yang wajib dilakukan oleh para masyarakat seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum dan sesudah bertemu dan memasuki sebuah ruangan. Selain itu terdapat kebijakan pembatasan bersakala sosial atau disingkat PSBB yang dilakukan di beberapa kota dan provinsi besar.

Apalagi pada persoalan pariwisata dan transportasi yang harus mengalami kerugian besar akibat pandemi Covid-19. Begitu juga dialami bagi para UMKM yang harus mematuhi protokol kesehatan serta jam operasional yang dikurangi. Tidak sedikit informasi yang memberikan seberapa mengerikannya virus ini karena sifatnya yang jangka panjang dan mematikan. Virus yang menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga saat dimana ditemukannya vaksin pada tahun 2021, Virus ini masih memberikan dampak yang begitu besar khususnya bagi sektor pendidikan.

Pendidikan dan Covid-19

Untuk membatasi penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan pencegahan dari hulu ke hilir pada sektor pendidikan. Sistem pendidikan Indonesia mengalami transformasi yang begitu luar biasa dari segala lini kegiatan termasuk pembelajaran tatap muka antara guru dan murid kini harus mengalami kendala.

Kini ditengah Covid-19, pembelajaran tatap muka antara guru dan murid atau siswa digantikan dengan sistem pembelajaran metode baru yang berlaku dalam jangka panjang yang dikenal dengan pembelajaran daring. Seperti apakah itu pembelajaran daring, apa yang dimaksud dengan pembelajaran daring, apa itu daring dan bagaimana cara melakukan pembelajaran daring?

Memang berbagai pertanyaan tentang pembelajaran daring mengalir deras pada saat itu hingga saat ini, sebab pembelajaran ini memang bukanlah sesuatu yang baru sekali tetapi pembelajaran ini diterapkan secara massal untuk semua kalangan secara langsung tanpa ada tahap adaptasi, yang membuat setiap orang kaget baik dari murid atau siswa dan begitupula untuk tenaga pendidik atau pengajar yakni guru.

Olehnya itu, pada kali ini penulis akan membahas sedikit mengenai seperti apakah yang dimaksud dengan pembelajaran daring itu?

Apa itu Pembelajaran Daring Adalah?

Secara umum, apa yang dimaksud dengan Pengertian Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan secara online, menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa melakukan tatap muka, tetapi melalui platform yang telah tersedia.

Adapun macam-macam platform pembelajaran daring yang biasa dipakai adalah WhatsApp, Zoom, Google Class dan adapun yang bekerja sama dengan pemerintah adalah Meja kita, Quipper School, Zenius, Cisco Webex, Rumah Belajar, Microsoft Office 365, Kelas pintar, Ruang Guru, Google for Education, IndonesiaX, ICANDO, Sekolahmu.

Sedangkan pengertian pembelajaran daring menurut para ahli dalam hal ini menurut Menurut Bilfaqih & Qomarudin menjelaskan bahwa pengertian “pembelajaran daring merupakan program penyelenggaraan kelas pembelajaran dalam jaringan untuk menjangkau kelompok target yang masif dan luas.

Lalu untuk pengertian pembelajaran daring menurut Kuntarto pembelajaran daring adalah pembelajaran yang menggunakan teknologi multimedia, kelas virtual, CD ROM, streaming video, pesan suara, email dan telepon konferensi, teks online animasi, dan video streaming online.

Pemberlakukan pembelajaran daring sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Masalah Yang DIhadapi Dalam Pembelajaran Daring?

Masalah yang dihadapi peserta didik selama pembelajaran daring, yakni jaringan internet tidak stabil, tugas terlalu banyak, sulit fokus, pulsa kuota terbatas, aplikasi yang rumit, dan lebih senang dengan pembelajaran tatap muka.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Itu Pembelajaran Daring Adalah? Ini Pengertiannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *