Apa Ikan Butuh Minum? Ini Jawabannya


Apakah Ikan Butuh Minum – Topik mengenai apakah ikan butuh minum sangatlah menarik untuk dikaji sebab pertanyaan ini jika dipikir secara sederhana, tentu ikan tidak butuh minum sebab ikan sendiri berada di air. Namun apakah ia jawaban tentang apakah ikan butuh minum itu benar?. Sebagaimana diketahui bersama bahwa setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi ini membutuhkan air.

Setiap manusia dan hewan yang menetap di darat harus meminum air sehingga mereka dapat hidup setiap saat. Bagi manusia sendiri, fungsi dan manfaat minum air untuk menjaga kondisi tubuh sehingga bisa berfungsi dengan sebaik yang kita inginkan. Apabila berbicara soal fungsi air bagi tubuh makhluk hidup khususnya manusia mempunyai beragam fungsi. Sebab terdapat beberapa yang ada dalam bagian tubuh bekerja sama untuk bisa memastikan kadar air yang terdapat dalam tubuh berjumlah sama setiap saat. Apabila yang terdapat dalam tubuh mempunyai air yang rendah, maka manusia akan merasa kehausan dan segera mencari air untuk bisa diminum.

Tapi hal itu juga berlaku ketika jumlah air yang ada dalam tubuh ternyata terlalu banyak, maka tubuh akan mengambil langkah dengan mengeluarkannya melalui kencing. Begitu juga yang terjadi bagi hewan, yang baik makan dan minum harus disediakan dan terpenuhi yang jika tidak mereka akan sakit dan meninggal atau perilaku mereka tidak karuan. Begitupula yang terjadi dengan manusia, tapi bagaimana dengan ikan?.

Berbicara soal memberi makan ikan adalah hal yang biasa, tapi tentu hanya menyediakan makanan dan tidak untuk minum. Sebab habitat ikan terdapat di air atau dengan lingkungan di air yang memang jika ditanya tentang apakah ikan butuh air butuh air minum sangatlah sulit untuk dipercaya semua orang. Tapi yang perlu diyakini bersama bahwa ikan juga membutuhkan air dalam jumlah yang sesuai di tubuhnya.



Ikan Air Tawar dan Ikan Air Asin Adalah

Jadi dengan demikian bahwa ikan tidak hanya berenang di air saja tapi juga ikan membutuhkan air untuk minum. Air tempat ikan hidup bisa mempengaruhi apakah ikan tersebut membutuhkan minum ataukah tidak. Biasanya, terdapat 2 jenis ikan yaitu ikan air tawar dan juga air asin. Untuk air tawar, habitatnya berada di air yang tidak terdapat garam yang tiada lain adalah sungai atau kolam. Sedangkan untuk ikan air asin, habitatnya di lautan yang mengandung kadar garam tinggi.



Kedua jenis air ini mempunyai perbedaan dalam cara minumnya, untuk ikan air tawar mempunyai cara minum yang sama dengan manusia dimana air masuk ke tubuh ikan melalui insang sehingga dapat menjaga kadar air dalam tubuhnya. Ikan jenis ini mempunyai kadar air tawar yang banyak dibandingkan kadar garam. Dengan fungsi insang ini, maka ikan dapat minum air yang menjadi mulut bagi manusia ketika meminum air.



Cara Minum Ikan Air Tawar

Ikan air tawar tidak memakai mulutnya untuk minum tetapi memakai insangnya, yang mekanismenya adalah dengan cara ikan bernafas yang pada saat itu, ikan akan menarik air ke mulutnya lalu mendorong air tersebut keluar dari tubuh ikan. Walaupun didorong keluar akan tetapi tetap saja akan mengambil sejumlah air.Ikan-ikan jenis ini harus memastikan tubuhnya tidak kelebihan jumlah air dan harus bekerja sangat keras untuk membuang kelebihan air sebagai limbah.

Cara Minum Ikan Air Asin

Sedangkan untuk ikan air asin tidaklah semudah seperti proses minum ikan air tawar. Sebagaimana diketahui bahwa garam yang ada di bumi ini sangatlah banyak. Maka dari itu, sejumlah hewan begitupula ikan berevolusi agar dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi akan tetapi ada juga yang tidak bisa melakukan hal tersebut. Garam dan air bersama-sama membentuk sebagian besar air di planet Bumi, yang merupakan komponen utama dari awal kehidupan. Segala sesuatu di alam seimbang, termasuk salinitas (kadar garam).

Pada dasarnya, alam memastikan kadar garam seimbang di mana-mana. Jika manusia minum air garam akan berakibat kematian akibat dehidrasi, karena air garam justru membuat kita semakin haus. Bagaimana dengan ikan air asin yang tinggal di lingkungan air berkadar garam tinggi? Ikan air asin mempunyai solusi cerdas, yaitu memompa kelebihan garam melalui insang.

Tidak seperti ikan air tawar, ikan air asin mengandung kadar garam lebih sedikit di dalam tubuhnya dibandingkan air tempat tinggalnya. Jadi, ikan air tawar mendapatkan banyak air melalui insang sedangkan ikan air asin membuang banyak air melalui insangnya. Insang ikan air asin telah beradaptasi untuk menyaring garam dari tubuh dan mengembalikan garam ke laut. Tanpa adaptasi ini, ikan air asin akan mati karena salinitas tinggi.

Karena air selalu mengalir melalui insang, artinya air selalu keluar dari tubuh ikan air asin. Artinya, ikan yang hidup di air asin perlu minum air dalam jumlah banyak. Kebanyakan hewan tidak bisa minum air garam untuk meredakan haus, tetapi ikan air asin bisa. Ikan air asin memiliki sistem khusus dalam tubuh untuk menjaga kadar garam tetap seimbang, dengan menelan lalu mengembalikan garam ke laut.

Apakah Ikan Butuh Minum

Berdasarkan dari penjelasan panjang diatas, maka dapat disimpulkan bahwa jawaban mengenai apakah ikan butuh minum adalah

Iyah ikan butuh minum baik itu ikan air asin maupun ikan air tawar walaupun habitatnya di air. Ikan air tawar minum air pada saat mereka menarik air menggunakan insangnya. Sedangkan untuk ikan air asin pada saat melakukan penyaringan di insangnya. 

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Ikan Butuh Minum? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *