Apa Hubungan Sejarah Dengan Ruang & Waktu? Ini Hubungannya


Hubungan Sejarah Dengan Ruang & Waktu – Sejarah yang membahas berbagai peristiwa masa lalu, jangan diremehkan dan dibiarkan seiring dengan berlalunya waktu, sebab begitu besar makna sejarah bagi kehidupan manusia (Samsul, 2010:13). Kesadaran sejarah harus selalu ditumbuhkan, kesadaran sejarah yang dimaksud bukan hanya kesadaran sejarah secara induvidu tapi juga kesadaran sejarah secara kolektif.

Kesadaran sejarah bagi manusia sangat penting, karena kesadaran sejarah sebagai kesadaran kolektif bisa mempererat tali persaudaraan dan memperkuat identitas sebagai umat manusia. Suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau akan berhubungan dengan masa kini dan yang akan datang. Untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang, maka manusia tidak biasa melupakan begitu saja pengalaman dimasa lalu sebagai tolok ukur kehidupan.

Oleh sebab itulah sejarah merupakan pengalaman bagi manusia untuk menjalani kehidupan dimasa sekarang serta masa yang akan datang, sehingga bisa menjadi pedoman manusia dalam bertindak dan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Sejarah harus dipelajari sejak dini oleh setiap orang sebagai bentuk hubungan antara individu dengan masyarakat atau bangsa. Hubungan tersebut memerlukan terbentuknya kesadaran pentingnya sejarah, namun juga membutuhkan kesadaran akan bagaimana dikatakan tentang sejarah.

Dalam mempelajari sejarah terdapat konsep yang paling penting dalam sejarah yaitu ruang dan waktu. Dalam kedua konsep ini, mempunyai hubungan yang saling berkaitan. Adapun penjelasan akan hubungan sejarah dengan ruang dan waktu adalah:

Hubungan Sejarah Dengan Ruang Adalah?

Apasih yang dimaksud dengan Ruang dalam sejarah adalah dimensi spasial sebagai tempat terjadinya berbagai hal peristiwa baik itu dikatakan dengan peristiwa alam atau peristiwa sosial dan peristiwa sejarah dalam proses perjalanan waktu.

Diketahui bahwa semua peristiwa dipengaruhi oleh kekuatan yang berada dari luar manusia dengan kekuatan fisik-material yang kemungkinan itu tercermin dalam perisitwa yang membawa perubahan bag manusia dalam dimensi ruang secara fungsional dan terhubung.

Sebab peristiwa selalu terjadi dan berlangsung dalam batas ruang. Berdasarkan dari dimensi ruang dalam mengamati suatu peristiwa mempunyai batas tertentu. Dalam suatu ruang berlangsung banyak peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam waktu bersamaan.

Hubungan Sejarah Dengan Waktu Adalah?

Selain konsep ruang, konsep waktu juga adalah konsep utama dalam sejarah, sebab peristiwa tidak tidak bisa disebut fenomena atau fakta sejarah ketika tidak dikatakan atau diketahui waktu terjadinya. Sehingga bisa dikatakan peristiwa sejarah apabila terkait dengan waktu. Waktu yang dikaji bukan hanya sekadar kejadian di masa lampau, akan tetapi pemaknaan peristiwa tersebut sehingga berguna bagi kehidupan di masa sekarang dan yang akan datang.

Seperti menurut Winataputra (2007: 5.6) bahwa para sejarawan memiliki pendapat yang sama, sejarah bertugas membuka masa lampau (waktu) umat manusia, memaparkan berbagai kehidupan manusia dalam berbagai aspek kehidupannya dan mengikuti perkembangan dari masa yang paling tua hingga dewasa ini.

Selanjutnya dijelaskan bahwa waktu dalam sejarah dilihat dari empat hal, yaitu ‘perkembangan’ yang menunjukkan dari tingkat sederhana ke lebih kompleks, ‘Kesinambungan’ yang dimana apapun yang terjadi saat ini sebelumnya telah dilakukan, ‘Pengulangan’ yang terjadi ketika peristiwa di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya, ‘Perubahan’ yang mengalami pergeseran atau perkembangan secara besar-besaran dan dalam waktu yang relatif singkat.

Kesimpulannya: Hubungan Sejarah Dengan Ruang dan Waktu

Dalam sejarah, ruang dan waktu adalah unsur terpenting. Sebab ruang adalah tempat peristiwa itu terjadi, dan waktu adalah kapan peristiwa itu terjadi. Sebab sejarah dapat dikatakan sejarah, apabila memiliki kedua unsur ini yaitu ruang dan waktu.

Bahkan sebelum dikatakan sejarah, peristiwa pun harus memenuhi adanya ruang dan waktu. Sebab jika tidak, maka peristiwa atau sejarah tersebut keakuratannya diragukan. Berdasarkan dari hal ini maka dapat disimpulkan bahwa waktu adalah keadaan aktivitas sejarah, sedangkan ruang adalah tempat aktivitas sejarah.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Hubungan Sejarah Dengan Ruang & Waktu? Ini Hubungannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

apa hubungan sejarah dengan ruang waktu unsur sejarah
apa hubungan sejarah dengan ruang waktu unsur sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *