Apa Fungsi Usus Halus Pada Manusia? Ini 5 Fungsi & Penjelasannya


Usus halus adalah tempat untuk pencernaan makanan bagi manusia, yang didalamnya terdapat absorpsi nutrisi dan sekresi endokrin. Selain itu, pada organ ini menjadi bagian paling terpanjang dari traktus gastrointestinalis dan terbentang dari ostium pyloricum gaster sampai plica ileocaecale.

Pada sepanjang permukaan lumen usus halus ada banyak villi yang pada permukaannya terdapat mikrovilli. Bagian ini berfungsi untuk absorpsi hasil pencernaan. Dengan banyaknya villi dan mikrovilli membuar bidang penyerapan semakin luas dan tinggi.

Selain itu kemampuan pencernaan dan penyerapan zat makanan tidak hanya dipengaruhi dari luas penampang ususnya melainkan dari tinggi dan lebarnya. Semakin tinggi ileumnya yang merupakan bagian dari usus halus ini maka semakin luas permukaan usus halus dan banyaknya jumlah villinya.

Pada usus halus terjadi proses pencernaan secara kimiawi, melalui bantuan senyawa kimia yang dihasilkan oleh usus halus senyawa senyawa kimia dari kelenjar pankreas yang dilepaskan dari usus halus.

Usus halus adalah kelanjutan dari lambung yang mempunyai panjang 6 sampai 8 meter yang terbagi atas 3 bagian yaitu duodenum yang ukurannya kurang lebih 25 cm, jejunum yang ukurannya 2,5 m, dan ileum yang ukurannya 3,6 m.

Diketahui Duodenum atau dikenal dengan usus dua belas jari adalah tabung dengan bentuk C yang strukturnya terletak di retroperitoneal kecuali bagian awalnya, yang dihubungkan dengan hepar oleh suatu ligamentum hepatoduodenal, yang merupakan bagian dari omentum minus. Diketahui Duodenum terbagi atas 4 bagian yaitu: Pars superior duodeni, Pars descendens duodeni, Pars inferior duodeni, dan Pars ascendens duodeni.

Sedangkan bagian yang kedua adalah Jejunum atau biasa disebut dengan usus kosong. Bagian pada usus halus ini adalah terdiri atas flexuraduodenojejunalis dimana traktus gastrointestinalis kembali menjadi intraperitoneal. Kebanyakan letak jejunum berada di kuadran kiri atas abdomen dan lebih besar diameternya. Selain itu Jejunum ini mempunyai dinding lebih tebal dibandingkan dengan lapisan ketiga usus halus yaitu ileum.

Untuk bagian dalamnya yaitu mukosa jejunum, banyaknya lipatan menonjol yang mengelilingi lumennya (plika sirkularis). Ciri khas dari jejunum adalah terdapat arcade arteriae yang kurang jelas dan vasa recta yang lebih panjang dibandingkan dengan yang ada di ileum.

Untuk bagian ketiga dari usus halus adalah usus penyerapan atau disebut dengan ileum yang berakhir pada ileocecal junction. Telah disebutkan diatas, bahwa bagian usus halus ini mempunyai dinding yang lebih tipis. Pada bagian usus halus ini mempunyai lipatan mukosa (plika sirkularis) yang sedikit dan hanya sedikit menonjol. Selain itu, untuk lemah mesenterium mempunyai jumlah yang banyak dan vasa recta yang ukurannya lebih pendek, namun untuk arcade arteriae ada banyak.

Fungsi Usus Halus Pada Manusia Adalah?

Apa Fungsi Usus Halus Pada Manusia? Ini 5 Fungsi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Usus Halus Pada Manusia? Ini 5 Fungsi & Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian usus halus secara singkat, sedangkan apasih fungsi dari usus halus itu? Menjawab pertanyaan itu adalah topik pada informasi kali ini yang mengangkat topik Apa Fungsi Usus Halus Pada Manusia? Ini 5 Fungsinya. Adapun paparan mengenai fungsi-fungsi usus halus pada manusia adalah:

  1. Penyerapan nutrisi yang menjadi peran atau fungsi penting dalam pencernaan yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi dimana terdapat 90% nutrisi berasal dari penyerapan nutrisi dari usus halus yang akan di alirkan ke seluruh peredaran darah.
  2. Menghasilkan zat yang membentuk emuisi melalui saluran usus dua belas jari yang berasal dari empedu, sedangkan untuk saluran kedua yakni pankreas, yang berfungsi memecah beberapa zat seperti lemak, protein dan karbohidrat.
  3. Penetralan makanan dengan mengeluarkan hormon secretin pada bagian usus dua belas jari atau doudenum yang menyebabkan pankreas akan mengeluarkan natrium bikarbonat yang meningkatkan pH makanan saat dicerna begitupula dari cairan empedu juga berfungsi efek penetralisir asam.
  4. Berperan dalam imunitas dimana terdapat flora memberikan kontribusi positif. Apalagi dalam ileum terdapat peyer’s patches yang terdapat kumpulan nodul limfoid yang penting bagi sistem imum dalam saluran pencernaan.
  5. Berfungsi untuk pencernaan garam, vitamin B dan struktur makanan yang tidak dicerna oleh usus kosong.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Usus Halus Pada Manusia? Ini 5 Fungsinya. Semogai informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *