Apa Fungsi Sternum Pada Burung? Ini Jawabannya


Siapasih yang tidak dengan suka dengan burung? Yaps dewasa ini melihat burung berterbangan diudara dan suara yang sangatlah indah dan menarik. Ini juga menjadi daya tarik mengapa banyak manusia yang menyukai dan memelihara burung.

Sebagai hewan peliharaan yang mudah, burung juga mudah dilihat tidak seperti hewan terbang lainnya. Selain itu, burung juga dapat hidup berdampingan dengan lingkungan manusia membuatnya mudah dibawa kemana saja dan di tempatkan dimana saja.

Apalagi kalau berbicara soal keindahan bentuk dan warna burung secara cara kawinnya yang menarik, banyak dari orang-orang yang mengoleksi jenis burung karena merasa tertarik dengan bentuk dan warnanya bahkan tak segan-segan mengeluarkan biaya yang begitu mahal untuk membelinya.

Salah satu yang menarik dari burung juga adalah ketika melihat anatomi burung atau struktur fisiknya. Tubuh burung memperlihatkan banyak adaptasi loh yang membuatnya bisa terbang. Penulis sendiri jika melihat burung, serasa penulis juga ingin merasakan enaknya terbang itu seperti apa.

Kemampuan untuk terbang yang dimiliki burung tidak lepas dari kerangka tubuh yang dimilikinya. Ternyata sistem kerangka burung sangat ringan dan otot yang kuat yang ditopang dengan sistem kardiovaskular dan pernapasan yang tinggi untuk membantu burung agar bisa terbang.

Sekalipun begitu ringan tapi kerangka burung juga mampu membuat burung menahan tekanan saat lepas landas, terbang dan pada saat mendarat. Salah satu kunci yang membuat burung dapat dengan mudah untuk terbang dibantu dengan tergabungnya tulang dalam osifikasi tunggal.

Melalui hal tersebut sehingga burung punya bnayak tulang dibandingkan hewan vertbrata lain yang berada di darat. Selain itu burung juga dibantu dengan tulang berongga yang bermacam-macam sehingga membuatnya melayang dan melambung.

Salah satu tulang yang membuat burung mempunyai kemampuan terbang adalah Sternum. Sejalan dengan hal ini pada kali ini penulis akan berbicara soal apa itu sternum dan fungsi dari sternum itu seperti apa?. Adapun pembahasan soal sternum dapat dilihat dibawah ini:

Apa Itu Sternum Adalah?

Yang dimaksud dengan Sternum adalah sebutan lain dari tulang dada. Bentuk sternum pada burung adalah membesar dan memipih. Apabila merujuk dari Jurnal Anatomi dan Fisiologi UNDIP berjudul Deskripsi Morfologi Skeleton Celepuk Jawa (Otus angelina) Betina, diterangkan dalam jurnal itu kalau fungsi utama sternum pada burung adalah tempat melekatnya otot-otot sayap.

Dalam sternum itu terdapat satu crista medialis yang dikenal dengan sebutan ‘carina sterni‘. Melalui crista medialis ini yang membuat otot-otot burung bisa melekat dan membuatnya bisa terbang. Sehingga dari hal ini maka dengan adanya sternumlah sehingga memungkinkan burung untuk terbang.

Untuk diketahui, burung adalah satu-satunya binatang vertebrata yang memiliki tulang selangka yang menyatu. Hal tersebut berguna sebagai penopang otot-otot sayap pada saat burung sedang terbang.

Bentuk tulang dada burung datar dan besar. Hal ini memiliki fungsi untuk mendukung otot-otot terbang yang memang besar dan kuat. Selain untuk membantu burung terbang, sternum pada burung juga berfungsi untuk melindungi jantung, paru-paru, dan organ internal lainnya.

Fungsi Utama Sternum Pada Burung Adalah?

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 fungsi utama sternum pada burung, sebagai berikut.

    1. Tempat melekatnya otot-otot sayap
    2. Penopang otot-otot sayap saat burung sedang terbang
    3. Melindungi jantung, paru-paru, dan organ internal burung lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai Apa Fungsi Utama Sternum Pada Burung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *