Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh? Ini Arti & Jawabannya


Fungsi Otot Lurik –¬†Telah diketahui bersama bahwa bahkan dengan adanya rangka sekalipun, manusia tidak dapat bergerak dan bahkan tak dapat berdiri kokoh, tanpa bantuan daripada otot. Makanya Otot disebut dengan alat gerak aktif sedangkan untuk tulang disebut dengan alat gerak pasif. Melihat dari hal itu, bisa dikatakan bahwa otot sangatlah berperan dan berfungsi dalam setiap aktivitas manusia.

Sebab tanpa otot, maka rangka atau tulang-tulang tersebut hanyalah tulang yang tidak mempunyai fungsi apapun, dan juga manusia tidak bisa menggerakkan dirinya seperti biasa. Dengan hal itu, sehingga manusia tidak dapat melakukan apapun. Mengingat pentingnya otot untuk bersama dengan rangka, maka otot merupakan sebuah pembelajaran bagi setiap orang yang tidak bisa ditinggalkan.

Apalagi bagi para pelajar yang berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang pada pembelajaran mengenai otot dan rangka itu terdapat pada mata pelajaran Biologi. Memang, pembelajaran mengenai otot dan rangka banyak yang mengatakan sangat membosangkan sebab yang dibutuhkan adalah daya ingat setiap orang. Hal itu juga yang menjadi tantangan bagi setiap pelajar untuk mengetahui seperti apa itu otot, seperti apa itu tulang dan bagaimana fungsi serta ciri-ciri tulang dan ciri-ciri otot.

Berbicara soal fungsi otot manusia masih sangatlah umum sebab dalam membahas mengenai otot manusia terdapat 3 jenis pembagian otot yang paling umum yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Perlu diketahui bersama bahwa setiap jenis otot tersebut mempunyai ciri dan fungsi yang berbeda-beda. Melalui hal itu juga sehingga ketiga jenis tersebut dapat dibedakan. Pada kali, penulis akan membahas mengenai otot lurik. Seperti apakah itu otot lurik dan apa fungsi dari otot lurik yang sebenarnya?. Adapun penjelasan tersebut dapat dilihat dibawah ini:



Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh?

Secara umum yang dimaksud dengan Pengertian Otot Lurik adalah otot yang menempel pada rangka tubuh yang digerakkan atas kehendak/semau kita. Hal itu jugalah mengapa otot lurik disebut dengan otot motorik. Selain dikatakan otot motorik, ternyata otot lurik juga mempunyai berbagai nama yaitu otot rangka karena menempel pada rangka.



Perlu diketahui bersama bahwa dengan adanya otot lurik, maka setiap orang bisa bekerja keras dan kuat sebab inilah salah satu ciri khas dari otot lurik yang mempunyai keuntungan dari banyaknya inti sel. Walaupun demikian, namun tetap saja otot lurik mudah lelah dan membutuhkan istirahat. Alasan mengapa otot ini dinamakan dengan otot lurik sangatlah sederhana sebab asal usul dinamakannya otot lurik ini karena saat dilihat memakai mikroskop, otot lurik menampilkan bagian gelap (aktin) dan terang yang silih berganti.



Ciri-Ciri Otot Lurik Adalah?

Selain dari pada ciri diatas, terdapat banyak hal yang bisa menjadi referensi dalam mengetahui seperti apakah itu otot lurik dan apa perbedaan otot lurik dengan otot lainnya. Hal itu bisa dilihat dari ciri-ciri otot lurik yang terdiri atas 8 ciri yaitu:

    1. Memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot yang tersusun rapi.
    2. Secara umum otot lurik memiliki diameter 50 mikron dan panjangnya sampai 2,5 cm.
    3. Melekat pada rangka tubuh manusia atau hewan.
    4. Cepat dalam berkontraksi (berkerut).
    5. Otot lurik berbentuk selindris, panjang dan mempunyai banyak inti sel (multinuklei).
    6. Bergerak dibawah kesadaran (Volunter).
    7. Letak Inti sel berada di tepi (perifer).
    8. Otot Lurik terdapat pada Otot paha, otot dada, otot betis dan seluruh rangka tubuh manusia.

Fungsi Otot Lurik Adalah?

Fungsi utama otot lurik adalah memicu kontraksi yang menunjang sistem pernapasan, pergerakan, postur (pada otot rangka) dan memompa darah ke seluruh tubuh (pada otot jantung).

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Otot Lurik Bagi Tubuh? Ini Fungsi & Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *