Apa Fungsi Lembaga keluarga? Ini 7 Fungsinya


Fungsi Lembaga Keluarga – Keluarga adalah kelompok sosial pertama kali setiap manusia sebelum mengenal berbagai kelompok, berbagai organisasi dan berbagai perkumpulan yang ada di luar sana.

Hal itulah mengapa keluarga disebut sebagai lembaga dasar yang melaluinya terbentuklah norma sosial yang akan diteruskan oleh individu anggota keluarga. Sebagai lembaga dasar ini maka terciptalah lembaga sosial, dimana setiap lembaga sosial itu mempunyai peran dan fungsi masing-masing.

Demikian ini juga terdapat dalam lembaga keluarga, yang diketahui mempunyai fungs-fungsi pokok atau utama yang terdapat dalam keluarga seperti fungsi fungsi proteksi (perlindungan), fungsi sosialisasi, fungsi pendidikan, fungsi Agama, fungsi ekonomi, fungsi afeksi, fungsi pengawasan sosial, dan fungsi pemberian status.

Akan tetapi, dalam era modern saat ini terjadi pergeseran yang drastis mengenai setiap fungsi lembaga sosial. Tidak hanya itu, perubahan itu juga terjadi pada lembaga keluarga, termasuk dari fungs-fungsi yang dilakukannya.



Sebab perubahan fungsi lembaga keluarga sudah barang tentu akan terjadi, karena perubahan masyarakat menjadi faktor perubahan perilaku dari setiap individu, kelompok dan masyarakat.



Salah satu aspek yang bisa disaksikan dari pergeseran fungsi lembaga keluarga yakni fungsi sosialisasi. Diketahui keluarga memegang peran penting dalam fungsi ini. Namun dengan peran teknologi, posisi keluarga relatif berkurang dalam fungsi sosialisasi karena tergantikan dengan peran peran media massa, televisi, dan internet.



Tidak hanya itu, dalam fungsi pendidikan yang terdapat dalam keluarga, juga sedikit demi sedikit mengalami penurunan dan intensitas sebab terdapat lembaga atau instansi,

Seperti sekolah dan lembaga pengasuhan khusus anak yang dianggap lebih mampu untuk menjalankan peran pendidikan dibandingkan dengan lembaga keluarga.

Biasanya, ini terjadi pada keluarga karena adanya kebutuhan ekonomi yang tinggi, sehingga keluarga lebih menyibukkan keluar rumah demi mengejar pekerjaan atau karir. Hal ini membuat penanaman nilai dalam keluarga semakin berkurang.

Apa Fungsi Lembaga keluarga? Ini 7 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Lembaga keluarga? Ini 7 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Apalagi kekurangan itu juga menyentuh kepada fungsi afeksi atau kasih sayang yang merupakan fungsi dari lembaga keluarga.

Dari hal itu, maka tidak sedikit terjadi dampak negatif yang merugikan bagi keluarga seperti penyimpangan, kenakalan remaja dll.

Akibat dari tidak berfungsinya pengawasan atau proteksi lembaga keluarga untuk mengetahui dan mengawasi hal-hal yang dilakukan oleh keluarganya, secara intens melalui ekspresi dan pola perilaku yang lebih nyata untuk diketahui, berbeda ketika mengawasi anak menggunakan telfon, BBM, Twitter, Line, Whatsapp, Facebook, dsb.

Olehnya itu, agar dampak yang tidak diinginkan terjadi dalam keluarga, dibutuhkan upaya ekstra bagi keluarga untuk membangun kembali interaksi yang lebih intens untuk mengetahui mengenai fungsi-fungsinya apalagi di era saat ini.

Fungsi Lembaga Keluarga

Secara umum fungsi keluarga terdiri atas 6 fungsi yaitu fungsi afeksi, reproduksi, sosialisasi, ekonomi, pelindung, dan keagamaan. Adapun penjelasan dari fungsi lembaga keluarga tersebut adalah:

1. Fungsi Afeksi

Fungsi afeksi atau kasih sayang adalah fungsi yang terjadi dari pola interaksi sosial dan kompetensi ekonomi di masyarakat dalam memberikan kehangatan, ketenangan dan kebahagian melalui keluarga.

2. Fungsi Reproduksi

Fungsi reproduksi adalah fungsi yang utama bagi pasangan untuk menjadikan dirinya sebagai ayah dan ibu dan membangun keluarga. Dengan fungsi reproduksi ini maka fungsi afeksi dapat tersalurkan dalam tujuan keluarga yaitu membina anak dan membangun masa depannya untuk kehidupan keluarga yang lebih baik.

3. Fungsi Sosialisasi

Fungsi lembaga keluarga ini juga disebut fungsi pendidikan yang sifatnya non formal yang lebih mengedepankan pada pendidikan perilaku atau karakter anak sejak dini dan mengajarkan pada kepatuhan kepada orang yang lebih tua.

4. Fungsi Ekonomi

Selain sebagai fungsi pendidikan, lembaga keluarga juga berperan dalam fungsi ekonomi sebab dalam membangun keluarga dan mempertahankannya terdapat kebutuhan yang harus dipenuhi dan yang harus diatur sehingga terdapat kegiatan ekonomi di dalam keluarga, seperti memasak, bahan makanan, dan membayar tagihan dll.

5. Fungsi Pelindung

Keluarga juga menjadi fungsi proteksi atau pelindung sebab keluargalah bagi seseorang untuk mengadu, baik itu anak, ibu atau ayah rumah adalah tempat mereka menceritakan hal yang mereka alami baik itu di lingkungan kerja atau lingkungan bermain anak dan itu memberikan rasa perlindungan. Hingga tercapai suatu kesimpulan, maka hasilnya akan dibawa ke kepolisian dll.

6. Fungsi Keagamaan

Lembaga keluarga memegang peranan penting dalam mensosialisasikan tradisi keagamaan dan beribadah sehingga terjadi peningkatan moral dan perilaku yang baik dalam keluarga sebelum melalui sekolah dan madrasah serta pondok pesantren dimana anak disekolahkan.

7. Fungsi Pemberian Status

Lembaga keluarga juga mempunyai fungsi dalam memberikan status dan kedudukan di masyarakat berupa suami dan istri. Dalam kedudukan tersebut terdapat tanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan anak serta masyarakat dan fungsi yang ada di dalamnya, seperti ayah mencari nafkah dan sebaliknya.

Demikianlah informasi mengenai Apa Fungsi Lembaga keluarga? Ini 6 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *