Apa Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan? Ini 7 Fungsi Ozon


Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan – Setiap tahunnya, seluruh warga Bumi memperingati hari Ozon Internasional yang jatuh pada tanggal 16 September. Peringatan itu, penting untuk dipahami secara komprehensif oleh setiap orang karena mengingat fungsi dan peranan ozon bagi atmosfer, bagi manusia, bagi tumbuhan, bagi hewan dan bagi kehidupan sehari-hari.

Mendengar tentang apa yang disebut dengan kata Ozon, maka yang terlintas disetiap benak pembaca adalah lubang Ozon. Pada dasarnya tidaklah salah, dimana sebenarnya Ozon juga merupakan bagian dari pada lapisan Ozon namun istilah yang hadir dalam permasalahan yang terjadi pada Ozon.

Istilah lubang Ozon begitu terkenal karena fungsi dan peran Ozon bagi kehidupan sehari-hari, atau fungsinya bagi makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan serta bumi pada umumnya. Namun pada kali ini, tidak membahas tentang apa itu lubang Ozon dan apa yang menyebabkan terjadi serta dampak buruk terhadap lubang Ozon melainkan lebih kepada apa itu Ozon atau lapisan ozon.

Diketahui Ozon dalam sejarahnya, istilah Ozon adalah unsur kimia yang pertama kali diusulkan sebagai senyawa kimia oleh Christian Friedrich Sochonbein pada tahun 1840. Diketahui bahwa pengambilan nama Ozon ini sebenarnya istilah nama yang berasal dari Yunani dari kata Ozein.



Arti etimologi dari kata Ozein adalah bau busuk. Maksud dari kata itu sebagaimana yang dijelaskan oleh Rubin (2001) adalah bau busuk yang khas dari proses penyinaran oksigen oleh ultra violet. Ozon diketahui adalah suatu molekul yang terdiri atas 3 atom oksigen atau Trioxygen (O3).



Perlu diketahui bahwa Trioxygen demikian ini merupakan oksigen yang tidak stabil dibandingkan dengan O2. Selain itu, Ozon membentuk cairan yang memiliki warna violet dengan suhu pada <-112 derajat celcius. Selain itu berbentuk padat violet gelap pada suhu <-193 derajat celcius. Ciri khas dari Ozon ini mempunyai bau yang keras, menusuk hidung.



Selain itu, menurut Soenarmo (2004) bahwa molekul ozon ini bagian yang terkecil yang terdapat di atmosfer bumi sekitar 0,03% dari seluruh total apa yang terdapat dalam volume atmosfer. Diketahui pembentukan Ozon karena terdapat kadar rendah dalam udara akibat adanya arus elektrik misalnya kilat, dan bisa juga pada energi tinggi dari radiasi matahari atau secara elektromagnetik. Ozon adalah salah satu dari gas penyusun atmosfer.

Ozon terdiri atas atas dua jenis yaitu ozon yang berada di dekat permukaan bumi dan Ozon yang berada di stratosfer. Ozon yang berada di dekat permukaan bumi yang disebut dengan lapisan Troposfer berperan sebagai polutan udara dan mempunyai pengaruh yang berbahaya bagi sistem pernapasan manusia, hewan dan metabolisme tanaman.

Demikian ini karena Ozon pada lapisan troposfer banyak mengalmai perubahan karena beberapa faktor yang mempengaruhi seperti aktivitas manusia, industri transportasi, pertanian yang merupakan kesemua dari hal itu adalah sumber polusi udara. Selain itu, karena pembentukan Ozon di lapisan troposfer berlangsung secara terus menerus dan berulang sehingga berdampak negatif.

Sedangkan Ozon yang ada di lapisan stratosfer yang diketahui terdapat 90% konsentrasi Ozon, berfungsi sebagai filter photon yang keluar dengan gelombang pendek (<320 nm) sinar ultraviolet dari radiasi sinar matahari yang berbahaya bagi semua bentuk kehidupan. Ozon yang ada di stratosfer sebagian besarnya dihasilkan dari sinar ultraviolet yang bereaksi dengan oksigen.

Apa Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan? Ini 7 Fungsi Ozon (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan? Ini 7 Fungsi Ozon (Foto: Artikelsiana.com)

Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, ternyata terdapat Ozon yang tidak bermanfaat bagi kesehatan manusia atau kehidupan sehari-hari karena terjadi ulah manusia itu sendiri. Namun selain dari pada itu, terdapat Ozon yang berfungsi dan berperan bagi kehidupan sehari-hari sampai sekarang ini yang adapun fungsinya adalah:

  1. Lapisan Ozon (Ozonosfer) berfungsi seperti sebagai payung bagi makhluk hidup yang menetap didalam bumi.
  2. Ozonosfer berfungsi menyerap radiasi sinar UV yang tinggi
  3. Ozonosfer berfungsi mengubah radiasi sinar UV menjadi energi panas sebelum sampai ke bumi.
  4. Ozon pada troposfer berfungsi sebenarnya sebagai penyokong perubahan iklim.
  5. Berfungsi agar suhu bumi tetap stabil
  6. Lapisan yang bertugas agar es di kutup tidak mencair
  7. Berfungsi agar tidak terdapat masalah kesehatan kulit bagi manusia

Contoh Soal Fungsi Lapisan OzonĀ 

Berikut ini yang merupakan fungsi dari lapisan ozon di atmosfer adalah

  1. Melindungi bumi dari cahaya matahari
  2. Melindungi bumi dari sinar ultraviolet
  3. Mengatur suhu bumi
  4. Sebagai pemantul gelombang radio

Jawabannya Adalah:

b. melindungi bumi dari sinar ultraviolet (UV)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Lapisan Ozonosfer Bagi Kehidupan? Ini 7 Fungsi Ozon. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *