Apa Fungsi Daun Telinga? Ini Jawabannya


Daun Telinga – Manusia begitu kompleks dan sempurna, didalamnya terdapat sejumlah bagian yang menopang satu sama lain untuk menyempurnakan setiap fungsinya yang dimilikinya salah satunya adalah sistem pendengaran manusia yang organ utamanya adalah telinga. Telinga sangatlah penting bagi manusia, sebab dengan adanya fungsi telinga, maka setiap orang bisa mendengar apa yang dikatakan oleh teman ataupun mendengar suatu bunyi dan memberikan tanggapan terhadap hal itu.

Apabila tidak, maka gangguan pendengaran akan menghampiri setiap orang seperti tuli sebagian atau bisa tuli berat. Maka dari itu, bahwa dibutuhkan upaya bagi manusia untuk rutin dalam menjaga kebersihan dan juga keamanan telinga. Dalam menjalankan fungsi itu, hal yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan cairan akibat peradangan dalam telinga.

Selain itu yang perlu diketahui bersama bahwa dalam membersihkan telinga, tidak bisa dengan memakai logam atau kayu dengan kapas serta kertas yang sebagaimana diketahui hal tersebut dapat mudah hancur. Bahkan sekalipun cutton bud, jika tidak terbiasa dan bukan ahlinya.

Sebab penggunaan cutton bud ini juga membutuhkan kemampuan yang tidak gambang, karena diupayakan dalam menggunakannya tidaklah terlalu dalam. Pada dasarnya dalam menjaga telinga agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik adalah agar aktivitas kita berada pada aktivitas yang bersih dan sehat serta tidaklah bising. Telinga adalah salah satu indera manusia dimana setiap bagian mempunyai peran dan fungsi melalui apa yang dikenal dengan reseptor khusus yang tugasnya adalah menyaring dan mengenali setiap bunyi yang berasal dari gendang telinga.



Pada hakikatnya, telinga terbagi atas 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Untuk maksud dari telinga bagian luar adalah bagian telinga yang terdiri dari daun dan rongga telinga luar yang menjadi batas dengan telinga bagian dalam. Untuk telinga bagian tengah adalah telinga yang didalamnya terdapat gendang telinga yang merupakan selaput merentang, sebagai pembatas telinga luar dan telinga dalam.



Selain itu, dalam telinga bagian tengah terdapat tulang-tulang pendengaran seperti martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi yang berguna dalam menangkap getaran dari gendang telinga sehingga amplitudonya semakin meningkat saat diteruskan ke telinga bagian dalam. Sedangkan untuk telinga bagian dalam adalah telinga tempat koklea bernaung yang dimana pada bagian ini terdapat alat korti yang mengandung saraf pendengar. Saraf pendengar menghubungkan reseptor bunyi dengan otak dan mempunyai saluran setengah lingkaran berperan sebagai alat keseimbangan.



Pada kali ini penulis akan menjelaskan mengenai bagian yang terdapat pada telinga bagian luar yang dalam hal ini adalah daun telinga. Apasih yang dimaksud dengan daun telinga dan seperti apakah fungsi dari daun telinga itu? Berikut penjelasannya..

Daun Telinga Adalah?

Daun telinga atau pina adalah bagian telinga terluar yang membatasi bagian luar kepala dengan saluran telinga. Daun telinga (pinna auricularis) atau aurikula terbentuk dari tulang rawan yang terlapisi oleh kulit. Pada umumnya, manusia tercipta utuh dengan memiliki kedua pasang daun telinga.

Apa Fungsi Daun Telinga?

Fungsi daun telinga adalah untuk mengumpulkan suara. Daun telinga juga dapat memperbesar (mengamplifikasi) suara dan mengarahkannya ke saluran telinga. Ketika memantul pada daun telinga, suara juga mengalami proses penyaringan yang akan memberikan informasi mengenai lokalisasi suara. Efek penyaringan tersebut pada manusia terutama untuk memilah suara yang berada di rentang frekuensi suara manusia.

Fungsi daun telinga untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke bagian saluran telinga Rongga telinga ini dilapisi lilin untuk mencegah masuknya air, untuk merekatkan kotoran, maupun hewan kecil yang masuk dalam telinga. Dengan adanya lapisan lilin tersebut benda asing tak akan bisa masuk lebih dalam ke telinga.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Daun Telinga? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *