Apa Fungsi Asli Uang & Fungsi Turunannya Adalah? Ini 8 Fungsinya


Fungsi Asli Uang & Fungsi Turunannya – Ada banyak fungsi dan peranan uang yang saat ini apalagi kemunculan uang digital. Fungsi uang telah bertahan sejak lama walaupun dalam sejarahnya terdapat bermacam-macam alat tukar yang digunakan sebagaimana fungsi uang. Macam-macam alat tukar itu yang pernah digunakan adalah kerang dan ternak, batu intan dan perhiasan, garam, senjata, perkakas, dan lainnya. Namun setiap alat tukar tersebut mempunyai keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Walaupun demikian, tetap saja, masyarakat luas dan dunia masih betah dengan fungsi alat tukar uang.

Uang dalam perkembangannya telah dipakai abad-abad yang lalu dan sebagai satu hasil penemuan umat manusia yang dinilai paling menakjubkan. Dalam perkembangannya, uang mempunyai sejarah yang panjang dan bahkan mengalami banyak perubahan yang besar yang pernah dikenal oleh umat manusia. Maka dari itu, sampai saat ini uang dipandang telah memainkan peranan yang begitu besar dalam suatu negara sebagai alat pembayaran dan bisa menjadi bentuk simbol negara yang dipakai sebagai alat pemersatu, atau selain itu dikatakan bahwa uang juga berperan sebagai alat untuk menguasai perekonomian atau penjajahan suatu negara kepada negara lainnya.

Saat ini uang adalah syarat sah nya transaksi ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat luas dan dalam suatu negara serta sebagai eksistensi kekuatan suatu negara yang bisa memaksakan dan menanamkan pengaruhnya kepada suatu negara atau orang tertentu. Maka dari itu, pembelajaran tentang uang dan apalagi fungsi dan peranan uang adalah pembahasan yang teramat penting untuk tidak dilewatkan oleh setiap masyarakat karena fungsi dan peranannya bagi manusia, masyarakat dan dalam bernegara serta dalam dunia internasional.

Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang Adalah

Perlu diketahui bersama bahwa terdapat 2 fungsi dasar dari uang yaitu ada yang disebut dengan fungsi asli uang dan fungsi turunan uang. Untuk fungsi asli uang diketahui terbagi atas 3, sedangkan untuk fungsi turunan uang diketahui terbagi atas 5 yaitu:



1. Fungsi asli

Adapun 3 fungsi asli uang adalah



    • Sebagai alat tukar untuk mempermudah pertukaran sehingga tidak perlu menggunakan barang pengganti, hanya dengan uang yang berisi lembaran kecil. Sehingga kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan penukaran uang.
    • Berfungsi sebagai satuan hitung untuk menunjukkan nilai dari suatu barang dan jasa yang diperjual belikan, ditawarkan, menampilkan kekayaan, dan menghitung pinjaman.
    • Sebagai alat menyimpan nilai sebab bisa dipakai untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang saat seorang penjual saat ini menerima sejumlah uang Sebagai pembayaran atas barang yang dijualnya atau jasa yang diberikannya, maka uang itu dipakai untuk membeli barang atau membayar jasa dimasa mendatang.
Apa Fungsi Asli Uang & Fungsi Turunannya Adalah? Ini 8 Fungsinya
Apa Fungsi Asli Uang & Fungsi Turunannya Adalah? Ini 8 Fungsinya

2. Fungsi Turunan

Adapun lima fungsi turunan uang adalah:



    • Berfungsi untuk alat pembayaran sah yang diterima setiap orang.
    • Alat pembayaran utang karena bisa mengukur pembayaran masa yang akan datang
    • Alat untuk penimbun kekayaan karena tidak hanya dihabiskan tapi di tabung dan disisihkan untuk masa akan datang.
    • Uang sebagai alat pemindah kekayaan sehingga apabila ada tanak dan rumah ingin dipindahkan bisa dengan menguangkannya lalu ke tempat yang ingin dituju.
      Alat pendorong kegiatan ekonomi yang meningkatkan investasi dan kegiatan ekonomi negara.
    • Alat pembentukan dan pemindahan modal.

Demikianlah informasi mengenai Apa Fungsi Asli Uang & Fungsi Turunannya Adalah? Ini 8 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *