Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya


Fungsi Asam Mefenamat Adalah – Diketahui obat yang dikenal dengan Asam mefenamat ini adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs). Diketahui bahwa dalam mengkonsumsi obat ini membutuhkan aturan atau tata cara tertentu.

Sebab obat Asam Mefenamat ini bukanlah obat sembarangan. Sebab obat ini mempunyai efek samping bagi tubuh, seperti Nyeri ulu hati, Gangguan pencernaan, Hilang nafsu makan, Mual dan muntah, Sakit kepala dan Mengantuk dan kelelahan.

Olehnya itu, dalam memanfaatkan obat asam mefenamat ini membutuhkan anjuran dokter dan memiliki keterangan yang lengkap untuk mengkonsumsinya seperti sesudah makan atau dengan cemilan.

Tujuannya sudah pasti, agar mencegah timbulnya efek samping akibat mengkonsumsi obat asam mefenamat. Itulah mengapa pentingnya mengetahui aturan konsumsi obat terlebih dahulu.



Selain itu, bagi yang merokok dan meminum keras berhentilah sebentar saja, karena obat ini tidak cocok bagi yang melakukan aktivitas tersebut sebab dapat membuat risiko efek samping berupa pendaharan pada lambung.



Tidak hanya itu, apabila efek samping muncul seperti sariawan, diare, kotoran berwarna hitam dan mutah darah maka bisa berhenti mengonsumsi obat ini dan segera menghubungi dokter.



Diketahui pada umumnya, hanya bisa mengonsumsi asam mefenamat hanya 3 kali sehari dengan dosis maksimal 500 mg.

Namun, dosis ini bisa berubah bergantung dari kondisi pasien yang ada. Seperti untuk anak-anak yang berada di atas enam bulan hanya bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis 25 mg, tiga kali sehari, dan dikonsumsi selam maksimal tujuh hari.

Dengan kebutuhan obat ini yang dinilai mempunyai fungsi yang efektif bagi kesehatan, juga tidak dinafikan memiliki efek samping seperti yang dijelaskan diatas, maka dari itu ketahuilah aturan dalam mengonsumsi asam mefenamat.

Dikatakan memiliki banyak fungsi yang biasa menyembuhkan penyakit manusia yang biasa sering terjadi. Lantas demikian, apasih fungsi asam mefenamat itu?

Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah?

Diketahui obat asam mefenamat ini mempunyai berbagai macam fungsi seperti meredakan sakit tingkat ringan sampai menengah serta mengurangi peradangan. Itulah mengapa, penyakit seperti arthritis, nyeri haid, serta nyeri setelah operasi sering menggunakan fungsi asam mefenamat.

Tidak hanya itu, asam mefenamat juga bisa mengatasi nyeri haid karena fungsi obat ini bisa dipakai untuk mengurangi volume perdarahan yang parah saat haid.

Selain itu, obat ini juga dipakai dalam meredakan sakit pada gigi dan sakit kepala. Demikian ini bisa terjadi karena asam mefenamat berfungsi untuk menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin. Prostaglandin ini merupakan senyawa yang dilepas oleh tubuh dan menyebabkan rasa sakit serta reaksi peradangan.

Sehingga obat ini masuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid atau nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Fungsi obat asam mefenamat lainnya juga dapat digunakan untuk mengobati serangan asam urat.

Ini 5 Fungsi Asam Mefenamat

Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya (Foto: Artikelsiana.com)

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa macam-macam fungsi dari asam mefenamat adalah:

  1. Meredakan sakit ringan dan menengah.
  2. Untuk menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin.
  3. Berfungsi sebagai obat antiinfalamasi sehingga membantu bagi penderita asam urat.
  4. Mengurangi peradangan sehingga membantu mengobati penyakit nyeri, arthritis.
  5. Berfungsi dalam mengobati dan mengatasi nyeri haid karena bisa mengurangi volume pendarahan yang parah.

Demikianlah informasi mengenai Apa Fungsi Asam Mefenamat Adalah? Ini 4 Fungsinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *