Apa Fungsi Alat Kontrasepsi Adalah? Ini Jawabannya


Fungsi Alat Kontrasepsi –¬†Sebagaimana diketahui bahwa informasi tentang alat kontrasepsi akan viral di masyarakat setiap sebelum tanggal 26 september dan beberapa hari setelahnya. Hal itu karena pada 26 September diperingati hari alat kontrasepsi sedunia. Melalui peringatan hari kontrasepsi ini diharapkan agar kesadaran setiap orang akan semakin meningkat tentang seperti apakah yang dimaksud dengan alat kontrasepsi itu.

Kontrasepsi adalah pencegahan terbuahinya sel telur oleh sel sperma (konsepsi) atau pencegahan menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke dinding rahim. Salah satu program kontrasepsi adalah keluarga berencana (KB). Arti keluarga berencana ialah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi, perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Sedangkan menurut BKKBN (2009) yang dimaksud dengan Kontrasepsi adalah menghindari atau mencegah terjadinya kehamilan sebagai akibat pertemuan antara sel telur matang dengan sel sperma. Secara etimologi, kontrasepsi berasal dari kata kontra dan konsepsi. Arti dari kata kontra adalah mencegah atau melawan. Sedangkan untuk arti konsepsi adalah pertemuan antara sel telur yang matang dan sel sperma yang membuat terjadinya kehamilan.

Pasangan usia subur berkisar antara usia 20-45 tahun dimana pasangan (laki-laki dan perempuan) sudah cukup matang dalam segala hal terlebih organ reproduksinya sudah berfungsi dengan baik. Ini dibedakan dengan perempuan usia subur yang berstatus janda atau cerai.



Pada masa ini pasangan usia subur harus dapat menjaga dan memanfaatkan reproduksinya yaitu menekan angka kelahiran dengan metode keluarga berencana sehingga jumlah dan interval kehamilan dapat diperhitungkan untuk meningkatkan kualitas reproduksi dan kualitas generasi yang akan datang.



Kontrasepsi yang ideal harus memenuhi syarat-syarat yang sebagaimana telah ditetapkan seperti dapat dipercaya, tidak menimbulkan efek yang bisa mengganggu kesehatan, mempunyai daya kerja yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan, tidak menimbulkan gangguan saat berhubungan seksual, tidak butuh motivasi terus menerus, mudah pelaksanaannya, harga yang murah serta bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.



Dalam pemilihan kontrasepsi, terdapat faktor-faktor yang berperan di dalamnya yang tidak boleh asal pilih. Faktor yang pertama adalah dari pasangan dan motivasi yang menyangkut tentang umur, gaya hidup, frekuensi senggama, jumlah keluarga yang diinginkan dan pengalaman dengan metode kontrasepsi yang lalu. Selain itu dari kesehatan, hal yang terjadi adalah status kesehatan, riwayat haid, pemeriksaan fisik dan panggul serta riwayat keluarga. Tidak hanya dari kesehatan juga dari metode kontrasepsi yang harus dipertimbangkan seperti dari efektivitas, efek samping dan biaya.

Jenis-Jenis Kontrasepsi

diketahui terbagi atas beberapa macam seperti kontrasepsi sederhana, kontrasepsi hormonal dan kontrasepsi mantap. Salah satu jenis kontrasepsi yang selalu dibahas dan umum diketahui oleh masyarakat adalah kontrasepsi sederhana. Dalam kontrasepsi sederhana ini diketahui terbagi atas 3 yaitu kondom, senggama terputus, dan KB alami.

Fungsi Alat Kontrasepsi Adalah?

Berdasarkan dari penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi alat kontrasepsi adalah

    1. Untuk mengendalikan angka kelahiran
    2. Menjaga kesehatan produksi dari risiko penyakit seperti kanker payudara, kanker serviks dll.
    3. Mencegah terjadinya gangguan fisik dan psikologis akibat kehamilan yang tidak direncanakan
    4. Dapat menyusun persiapan yang matang terkait dengan perencanaan kehamilan
    5. jarak kehamilan antara suami dan istri

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Fungsi Alat Kontrasepsi Adalah? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *