Apa Faktor Penyebab Meletusnya Pertempuran Medan Area? Ini Jawabannya


Datangnya sekutu pada tanggal 9 Oktober 1945, yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal TED Kelly yang ternyata mempunyai niat buruk untuk merebut kembali pemerintahan Indonesia yang telah merdeka pada 17 Agustus 1945.

Mereka mengemas kedatangannya dengan tugas kemanusiaan namun ternyata mereka dibebaskan oleh para tentara Belanda untuk menjadi tawanan perang. Pada awalnya, kedatangan tersebut disambut baik oleh warga Indonesia. Tetapi setelah mendengar bahwa kedatangan sekutu diboncengi NICA maka sontak warga pribumi curiga dan mulai memusuhi sekutu.

Alih-alih meminta untuk para tawanan dibebaskan ternyata malah Inggris kembali melancarkan niatnya untuk mempersenjatai mereka. Banyak para tawanan menjadi arogan dan semena-mena terhadap masyarakat Indonesia. Hal itu membuat tujuannya berubah yang ingin kembali mengambil alih pemerintahan di Indonesia.

Berdasarkan apa yang ada dalam situs Kemdikbud terjadi pertempuran antar warga dengan sekutu pada 13 Oktober 1945 yang mengakibatkan 99 prajurit KNIL luka-luka. Bahkan ditemukan terdapat penghuni hotel di Jalan Bali, Medan yang merupakan bagian dari sekutu dan Nica yang mencabut secara paksa dan menginjak lencana merah putih yang dipakai pemuda Indonesia pada 14 Oktober 1945.



Hal itu membuat masyarakat naik pitam atas sikap semena-mena Sekutu dan NICA semakin terlihat saat pinggiran Kota Medan diberi papan pembatas dengan tulisan “Fixed Boundaries Medan Area” atau Batas Resmi Medan Area, pada 1 Desember 1945.



Tidak hanya itu, bahkan sekutu dan NICA mengeluarkan ultimatum yang isinya perintah larangan bahwa rakyat Indonesia tidak bisa membawa senjata dan harus diserahkan kepada pihak sekutu.



Sekutu dan NICA menyerang kota medan pada 10 Desember 1945 dengan menjatuhkan banyak korban jiwa kedua belah pihak pada 10 Desember 1945.

Terus berlangsung hingga April 1946 sampai sekutu menguasai Kota Medan, Rakyat Indonesia mulai bergerak dengan membentuk Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area untuk menyerang Sekutu.

Faktor Penyebab Meletusnya Pertempuran Medan Area

Maka jika disimpulkan, ada empat faktor penyebab meletusnya Pertempuran Medan Area, yakni:

    1. Sikap arogansi dan sewenang-wenang dari para tawanan perang yang telah dibebaskan.
    2. Aksi seorang penghuni hotel yang telah merebut secara paksa dan menginjak-injak lencana Merah Putih.
    3. Area Kota Medan dipasangi papan pembatas “Fixed Boundaries Medan Area”.
    4. Sekutu mengultimatum rakyat Indonesia untuk menyerahkan senjatanya kepada mereka.

Pertempuran Medan Area Terjadi dan Berakhir Pada Tanggal?

Pertempuran Medan Area termasuk dalam pertempuran yang cukup lama yang mana dalam sejarahnya diketahui terjadi pada tanggal 9 Oktober 1945 dan pertempuran medan area ini berakhir pada tanggal 15 Februari 1947.

Tokoh Yang Terlibat Dalam Pertempuran Medan Area?

Adapun nama-nama tokoh yang terlibat dalam pertempuran medan area adalah:

    1. Brigjen. T.E.D. Kelly
    2. Ahmad Tahir
    3. Teuku Muhammad Hasan (Gubernur Sumatera)
    4. Jendral Suhardjo Hardjo WadjojoR.
    5. Soehardjo Hardjowardojo
    6. Abdul Karim M. S.
    7. Dr. Ferdinand Lumbantobing

Hasil Akhir Pertempuran Medan Area Adalah?

Dalam pertempuran itu hasil akhir yang diperoleh adalah sekutu belum berhasil diusir keluar sumatera khususnya medan dan yang terjadi pemerintah keluarkan hingga markas gubernur diisi oleh TKR dan melalui kota pindah ke Pematang Siantar namun perjuangan belum berakhir sebab rakyat medan terus berjuang dengan membentuk laskar rakyat medan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Faktor Penyebab Meletusnya Pertempuran Medan Area? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *