Apa Faktor Pendorong Mobilitas Sosial? Ini 6 Faktor Yang Benar


Faktor Pendorong Mobilitas Sosial – Manusia adalah makhluk sosial bersifat dinamis, saling membutuhkan dan hidup berkelompok.

Itu semua dilakukan oleh manusia adalah untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Dari hal itu, menjadi faktor pendorong utama bagi manusia untuk melakukan perubahan.

Dari faktor pendorong utama itu juga sehingga individu melakukan perbaiki kehidupan dan meningkatkan status sosialnya salah satunya dengan menjalankan mobilitas sosial.

Arti Mobilitas Sosial (social mobility) adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.



Walaupun demikian, bahwa masyarakat sosial terbagi atas 2 yaitu terbuka dan tertutup menurut Horton dkk (1992:36). Namun semakin terbuka suatu masyarkat membuat seseorang mencapai posisi sosial yang lebih tinggi dengan usahanya sendiri.



Kondisi demikian membuat apakah anggota masyarakat dapat meningkatkan posisi sosial atau kedudukan dan peran yang berbeda dengan semula. Sehingga kaitan antara kedudukan dan peran sosial memiliki hubungan dengan mobilitas sosial.



Akan tetapi, kedudukan dan peran sosial yang diterima tersebut tidak selamanya bisanya bertahan pada tingkat yang sama, terkadang mengalami peningkatan atau penurunan.

Hal itu terjadi sebab dalam mobilitas sosial terdapat faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat terjadinya mobilitas sosial.

Contohnya saja seperti seorang karyawan yang mempunyai keterampilan dan dari hal itu sehingga mendapatkan prestasi yang banyak, dan melebihi karyawan lainnya membuat dirinya diangkat sebagai kepala.

Berdasarkan contoh tersebut, hal yang dilakukan oleh karyawan tersebut adalah karena mempunyai faktor pendorong mobilitas sosial yakni individu.

Apa Faktor Pendorong Mobilitas Sosial? Ini 6 Faktor Yang Benar (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Faktor Pendorong Mobilitas Sosial? Ini 6 Faktor Yang Benar (Foto: Artikelsiana.com)

Selain dari pada faktor pendorong mobilitas sosial individu juga terdapat faktor-faktor pendorong lainnya yang kesemuanya terdiri atas 7 faktor yaitu individu, struktural, ekonomi, status sosial, politik, Keinginan Melihat Daerah Lain dan kependudukan. Sebelum membahas mengenai faktor pendorong mobilitas sosial, apasih yang dimaksud dengan pengertian mobilitas sosial itu?

Pengertian Mobilitas Sosial Adalah?

Secara etimologis, istilah “mobilitas” sebenarnya berasal dari bahasa Latin “mobilis” yang artinya mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain.

Sehingga secara terminologi, apa yang dimaksud dengan Mobilitas sosial adalah perpindahan dari suatu tempat ke tempat lain secara sosial.

Dalam Sosiologi, pengertian mobilitas sosial secara umum merupakan perubahan status sosial atau status pekerjaan seseorang, atau mobilitas sosial merupakan suatu bentuk dinamika dalam struktur sosial.

Gerak dan perubahan yang terjadi di dalam struktur sosial merupakan cermin adanya mobilitas sosial (social mobility).

Kesimpulannya, yang dimaksud dengan pengertian mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Pengertian Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)
Pengertian Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, bahwa faktor pendorong mobilitas sosial terdiri atas 7 faktor. Adapun penjelasan dari faktor pendorong mobilita sosial itu adalah:

1. Faktor Struktural

Maksud faktor pendorong ini adalah jumlah relatif dari kedudukan tinggi yang dapat diisi serta kemudahan untuk mendapatkannya. Untuk di Indonesia, faktor struktural sangatlah mudah, sebab setiap orang dapat menempati berbagai jabatan tinggi seperti direktur, manejer atau presiden.

2. Faktor Individu

Faktor pendorong yang melihat dari kualitas individu seperti pengetahuan, sikap dan keterampilan. Contohnya adalah seseorang yang cerdas dapat menjadi pemimpin dan kepala ahli dengan mudah, walaupun tidak dilahirkan dalam status orang tua yang tinggi.

3. Faktor Ekonomi

Faktor pendorong ini adalah faktor yang memudahkan setiap orang dalam mendapatkan modal, pendidikan dan kesempatan lainnya, karena dapat memenuhi kebutuhan dengan pendapatan yang dimilikinya dan mencari sesuatu yang baru.

Contohnya adalah orang yang kaya yang tidak memiliki keterampilan apapun, namun karena dilahirkan dalam kondisi keluarga yang mapan, maka anaknya disekolahkan ke berbagai tempat untuk meningkatkan kualitasnya.

4. Faktor Politik

Faktor pendorong ini adalah faktor yang terjadi karena kondisi politik suatu negara atau wilayah sehingga terjadi mobilitas sosial. Contohnya dalam pemilihan presiden atau kepala daerah, tidak sedikit mobilitas sosial yang terjadi pada momen tersebut.

5. Faktor Kependudukan

Faktor pendorong ini adalah faktor yang terjadinya mobilitas sosial karena bertambahnya jumlah penduduk membuat seseorang bermigrasi ke suatu tempat yang mempunyai wilayah yang luas.

Contohnya adalah orang-orang di bandung yang memilih untuk menetap di wilayah lain karena jumlah penduduk yang semakin banyak dan lahan pekerjaan yang tidak mencukupi.

6. Faktor Keinginan Melihat Daerah Lain

Adanya keinginan melihat daerah lain mendorong masyarakat untuk melangsungkan mobilitas geografik dari satu tempat ke tempat yang lain, misalnya berekreasi ke daerah-daerah tujuan wisata.

7. Faktor Status Sosial

Faktor pendorong yang mencari kedudukannya sendiri di tengah-tengah masyarakat yang memiliki struktur sosial yang bagus. Contohnya berteman atau ikut dengan berbagai orang atau kelompok yang mempunyai kedudukan yang baik di masyarakat.

Faktor Pendorong Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)
Faktor Pendorong Mobilitas Sosial (Foto: Artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Faktor Pendorong Mobilitas Sosial? Ini 7 Faktor Yang Benar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *