Apa Elemen/Komponen Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Elemennya


Elemen/Komponen Sistem Pengendalian Manajemen – Setiap pihak yang hendak membentuk atau mendirikan suatu perusahaan, pasti tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan. Namun tujuan dari mendapatkan laba atau keuntungan, semata-mata untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan.

Dalam membangun atau merintis suatu perusahaan, tentu tidak lantas menjadi besar, perlu tahapan-tahapan yang butuh usaha dan kerja keras yang tinggi. Saat perusahaan masih kecil, permasalahan yang didapatkan belum terlalu luas dan kompleks. Begitupula dengan beban yang akan didapatkan, masih terbilang rendah. Kondisi demikian, juga pegawai yang dibutuhkan tidaklah banyak untuk menyelesaikan atau mengatasi beban tersebut.

Karena perlu diketahui bersama bahwa sedikit banyaknya jumlah pegawai akan sebanding dengan tinggi rendahnya beban kegiatan operasi perusahaan. Untuk perusahaan yang berskala kecil, tentu mempunyai manajer yang bisa memimpin, mengendalikan dan mengawasi perusahaan walau seorang diri. Berbeda ketika perusahaan yang berskala besar, manajer yang diperlukan juga berbeda dengan manajer berskala kecil. Pada manajer dengan perusahaan besar ini, masalah yang dihadapi juga meluas dan kompleks. Dari kondisi ini, membuat beban kerja akan semakin tinggi dan membutuhkan penanganan operasi dengan cepat dan tepat.

Dengan luasnya apa yang dikerjakan perusahaan dan begipula dengan bidang-bidang kegiatannya, serta masalahnya, maka butuh pegawai yang tidak sedikit jumlahnya. Masih ingatkan penjelasan diatas, bahwa faktor yang menentukan banyaknya pegawai adalah tingginya beban kerja.



Dengan demikian, untuk perusahaan berskala besar terdapat pendelegasian tugas, wewenang dna tanggung jawab kepada banyak pegawai untuk mengatasi apa yang ada di perusahaan sehingga tujuan dapat tercapai.



Apa Sistem Pengendalian Manajemen Adalah?

Pada persoalan inilah, seorang manajer membutuhkan alat untuk bisa mengendalikan dan mengawasi berbagai hal yang ada di kegiatan perusahaan untuk mengarah pada apa yang menjadi tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Alat yang dibutuhkan oleh perusahaan dikenal dengan Sistem Pengendalian Manajemen. Apasih itu sistem pengendalian manajemen?



Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian sistem pengendalian manajemen adalah sistem yang digunakan oleh manajemen untuk mempengaruhi anggota organisasinya agar melaksanakan strategi dan kebijakan organisasi secara efisien dan efektif dalam rangka mencapai tujuan organisasi, dimana sistem pengendalian manajemen terdiri dari struktur dan proses.

Elemen Atau Komponen Sistem Pengendalian Manajemen

Dalam menjalankan pengendalian manajemen terdapat, beberapa hal yang ditubuhkan dalam mengendalian suatu perusahaan. Menurut Anthony dan Govindarajan (2005:3) terdapat 4 komponen atau elemen sistem pengendalian manajemen yaitu Pelacak (detector) atau sensor, Penilai (assessor), Effector, Jaringan komunikasi. Adapun penjelasan dari keempat elemen atau komponen sistem pengendalian manajemen adalah:

1. Pelacak (detector) atau sensor

Suatu perangkat yang mengukur apa yang sesungguhnya terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan.

2. Penilai (assessor)

Suatu perangkat yang menentukan signifikansi dari peristiwa aktual dengan cara membandingkannya dengan beberapa standar atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi.

3. Effector

Suatu perangkat (yang sering disebut “umpan balik”) yang mengubah perilaku jika assessor mengindikasikan kebutuhan untuk melakukan hal tersebut.

Apa Elemen/Komponen Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Elemennya (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Elemen/Komponen Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Elemennya (Foto: Artikelsiana.com)

4. Jaringan Komunikasi

Perangkat yang meneruskan informasi antara detector, assessor dan effector.

Menurut Thomas Sumarsan (2010:9) bahwa komponen sistem pengendalian manajemen terdiri dari lima, yaitu sebagai berikut:

  1. Keahlian karyawan (pegawai) sesuai dengan tanggung jawabnya.
    Pemisahan tugas.
  2. Sistem pemberian wewenang, tujuan, dan teknik serta pengawasan yang wajar untuk mengadakan pengendalian atas harta, utang, penerimaan dan pengeluaran.
  3. Pengendalian terhadap penggunaan harta dan dokumen serta formulir yang penting.
  4. Periksa fisik harta dengan catatan harta dan utang, atau yang benar-benar ada dan mengadakan tindakan koreksi jika dijumpai adanya perbedaan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Elemen/Komponen Sistem Pengendalian Manajemen? Ini Elemennya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *