Apa Alat Pernapasan Belalang? Ini Jawaban & Prosesnya


Alat Pernapasan Belalang –¬†Setiap makhluk hidup yang terdapat di muka bumi ini mulai dari tumbuhan, hewan dan juga manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernapas. Dengan bernapas tersebut setiap makhluk hidup bisa beraktivitas seperti biasa, sebab bernapas adalah hal yang penting dan menjadi kebutuhan mendasar yang menjadi setiap makhluk hidup baik tumbuhan, manusia dan hewan bisa dikatakan sebagai makhluk hidup.

Setiap makhluk hidup yang terdapat di muka bumi ini mulai dari tumbuhan, hewan dan juga manusia yang membutuhkan oksigen untuk bernapas. Dengan bernapas tersebut setiap makhluk hidup bisa beraktivitas seperti biasa, sebab bernapas adalah hal yang penting dan menjadi kebutuhan mendasar yang menjadi setiap makhluk hidup baik tumbuhan, manusia dan hewan bisa dikatakan sebagai makhluk hidup.

Bagi manusia, sistem pernapasannya yang utama adalah organ yang disebut dengan paru-paru. Paru-paru ini sebagai organ respirasi yang behubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi yang dalam tubuh vertebrata yang bernapas melalui udara. Fungsinya ialah untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Prosesnya yang disebut dengan “pernapasan eksternal” atau bernapas. Jika paru-paru terganggu, maka apa yang terjadi adalah akan menyebabkan gangguan pada kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Selain dari pada paru-paru terdapat beberapa alat pernapasan yang digunakan oleh hewan dan tumbuhan. Seperti yang diketahui bahwa untuk ikan, alat pernapasannya adalah insang dan sedangkan untuk serangga alat pernapasannya adalah trakea. Salah satu contoh hewan yang menggunakan trakea adalah belalang.



Apa itu Belalang Adalah?

Serangga ini dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga mempunyai ovipositor pendek. Suara yang ditampilkan beberapa spesies belalang yang dapat dihasilkan dengan menggosokkan femur belakangnya terhadap sayap depan atau abdomen (disebut stridulasi), atau karena terdapat kepakan sayapnya sewaktu terbang.



Femur belakangnya umumnya panjang dan kuat yang cocok untuk melompat. Serangga ini umumnya bersayap, walaupun sayapnya kadang tidak dapat dipakai untuk terbang. Belalang betina umumnya berukuran lebih besar dari belalang jantan.



Proses Alat Pernapasan Belalang Adalah?

Pernapasan dilakukan memakai trakea yang contohnya tabung berisi udara. Tabung itu terbuka di permukaan thoraks dan abdomen melalui pasangan katup spirakel. Sistem pernapasan pada belalang sama saja dengan sistem pernapasan pada serangga lain seperti nyamuk, lalat, dan kupu-kupu. Belalang berukuran lebih besar mungkin butuh lebih sering membuka ventilasi tubuhnya untuk membuka beberapa spirakel. Belalang memakai otot abdominal untuk mengembangkan tubuhnya dan memompa air ke dalam sistem pernapasannya.

Oksigen dari luar masuk lewat spirakel kemudian menuju pembuluh-pembuluh trakea. Pembuluh trakea akan bercabang sampai menjadi cabang halus yang disebut dengan trakeolus. Trakeolus adalah tempat terjadinya pertukaran gas dengan sel-sel tubuh. Darah tidak mengangkut oksigen, melainkan hanya mengangkut sari-sari makanan. Trakeolus tidak berlapis kitin, berisi cairan, dan tersusun oleh sel yang disebut trakeoblas. Cairan pada ujung trakeolus berfungsi supaya udara mudah berdifusi ke jaringan.

Jika otot perut belalang berkontraksi maka trakea memipih sehingga udara kaya karbon dioksida keluar dari tubuh. Jika otot perut berelaksasi maka trakea kembali pada volume semua sehingga udara luar yang kaya oksigen masuk ke trakea.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Alat Pernapasan Belalang? Ini Jawaban & Prosesnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *