Apa Alasan Masyarakat Mau Menerima Perubahan? Ini Jawabannya


Perubahan adalah sesuatu yang pasti terjadi di dalam masyarakat dan juga apa yang terjadi di bumi ini. Hal itu mutlak terjadi sebab dunia ini memiliki pergantian waktu dan juga sifat manusia sebagai makhluk sosial dan terus bergerak. Hal itulah yang membuat zaman ini terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang dari zaman tradisional, mekanik dan digital terus terjadi.

Lihat saja berbagai penemuan yang ditemukan oleh para ahli, baik itu penemuan pada zaman purba, hingga saat ini. Penemuan yang dilakukan oleh para ahli seperti lampu dan listrik salah satu alasan penyebab perubahan itu terjadi hingga saat ini. Penemuan itu mampu mengubah pandangan dan gagasan seluruh dunia hingga mau tidak mau manusia harus mengikuti perubahan yang terjadi.

Begitupula saat ini dengan banyaknya penemuan berupa teknologi gadget serta kehidupan yang serba digital membuat banyak masyarakat yang memilih untuk ikut pada perubahan yang terjadi apalagi perubahan tersebut lebih diminati banyak orang dan mendatangkan keuntungan.

Lihat saja sewaktu facebook ditemukan, banyak orang yang kemudian memanfaatkannya untuk berinteraksi, membangun relasi, berkomunitas, menyampaikan informasi dan juga berjualan. Saat instagram ditemukan banyak orang yang kemudian memposting moment terbaiknya dan memberitahukan kepada setiap orang tentang apa yang terjadi pada dirinya.



Selain itu social media itupun sekarang menjadi sebuah tempat ekslusif yang mempertemukan penjual dan pembeli. Apalagi soal market place saat ini seperti Tokopedia, Lazada dan Shopee yang menuntut banyak para pedagang harus mengikuti perubahan yang terjadi dengan membuat lapakan di market place tersebut. Alasannya sangatlah sederhana karena perubahan tersebut lebih diminati oleh banyak orang dan tentunya mendatangkan banyak keuntungan.



Jika dicermati berbagai bidang, tentu ada banyak sekali alasan masyarakat mau menerima perubahan yang terjadi. Mengikuti perubahan adalah sesuatu yang mutlak sebab telah menjadi hakikat dari pada manusia dan juga dunia ini.



Bila ada individu atau masyarakat yang menentang dan merasa tidak mengikuti perubahan yang terjadi, bisa saja ia tidak mengetahui bahwa dirinya telah terpengaruh dan secara tidak sadar mengikutinya, sebab terdapat perubahan mencolok, kurang mencolok dan ada juga perubahan yang terbatas pada ruang tertentu serta ada yang berjalan lambat dan cepat.

Membahas mengenai perubahan yang terjadi apa lagi dalam perubahan masyarakat satu persatu tentu ada banyak sekali yang bisa disebutkan, namun jika dirangkum secara keseluruhan terkait perubahan yang terjadi dalam masyarakat maka tidak jauh dari nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi susunan, lembaga kemasyarakat, lapisan dalam masyarakat, kekuasaan dan wewenang dan interaksi sosial.

Perubahan yang terjadi juga memberikan banyak sekali dampak pada kehidupan ini tidak hanya yang positf atau menguntungkan tetapi juga memberikan dampak yang negatif atau merugikan. Tetapi jika perubahan itu mampu diterima dan dapat melihat sisi positif didalamnya, pasti akan memberikan hal yang positif bagi setiap orang. Hal itu secara tidak sadar banyak dilakukan oleh banyak orang.

Dengan perubahan itu, mau tidak mau membuat seseorang tanpa ragu untuk melangkah maju dan membuka peluang dengan penerimaan perubahan yang terjadi. Hadirnya sesuatu yang baru itu membuat seseorang harus keluar dari zona aman dan nyamannya dan berani untuk melatih diri agar mampu berdaptasi.

Dengan tempaan terhadap perubahan yang terjadi, membuat setiap orang akan lebih tegar, kuat dan kokoh serta mampu menaklukkan berbagai hal karena dengan adanya pengalaman baru maka disitulah diri akan tertantang untuk melewati batasan diri.

Alasan Masyarakat Mau Menerima Perubahan? 

Berdasarkan dari penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa adapun jawaban dari pada topik utama yang berjudul alasan masyarakat mau menerima perubahan adalah:

    1. Adanya rasa ingin untuk menjadi lebih baik dari keadaan yang sebelumnya.
    2. Adanya suatu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengakibatkan masyarakat mau tidak mau harus mengikutinya agar tidak ketinggalan informasi.
    3. Adanya rasa tidak puas dengan hasil yang dicapai sebelum suatu perubahan terjadi.
    4. Adanya keinginan suatu individu untuk bisa mengusai salah satu teknologi yang telah berkembang di lingkungannya.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Alasan Masyarakat Mau Menerima Perubahan? Ini Jawabannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *