Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih Adalah?


Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih – Air merupakan sumber kehidupan yang utama bagi seluruh makhluk hidup. Pentingnya air sangat baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Hal itulah mengapa apabila kelangkaan air bersih terjadi, maka akibatnya akan bermunculan pada ketiga hal tersebut diatas.

Berbicara soal akibat jika masyarakat kekurangan air, ada banyak hal yang akan terjadi karena kebutuhan air dipakai untuk berbagai bidang dalam kehidupan kita, baik itu fungsinya untuk kehidupan sehari-hari, kesehatan dan juga industri. Perlu diketahui bersama bahwa kebutuhan akan pentingnya air bersih menjadi kebutuhan utama setiap orang dalam masyarakat.

Sebab apabila kita hidup dengan air tercemar, maka setiap kegiatan akan terhambat dan menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Olehnya itu, yang dimaksud dengan air bersih?.

Secara sederhana air bersih memenuhi ciri-ciri jika air tersebut tidak berwarna, tidak keruh, tidak berbau, dan juga tidak berasa. Tidak hanya itu, apabila diteliti lebih jauh, maka air bersih bisa dikatakan bersih ketika terbebas dari bakteri patogen.



Dengan penggunaan air bersih, maka manfaat yang dirasakan oleh tubuh sangatlah besar, karena dapat melarutkan berbagai macam zat yang penting dalam tubuh. Selain itu, berperan dalam pembentukan sel-sel baru dengan mengeluarkan zat-zat beracun yang terdapat dalam tubuh.



Air bersih bermanfaat juga bagi tubuh karena melancarkan metabolisme tubuh, serta mengurangi risiko penyakit. Namun, ternyata apa yang terjadi di Indonesia permasalahan akan air bersih masih saja terus terjadi.



Sebab sampai saat ini, ada banyak air yang tercemar dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Tidak sedikit, isu daerah adalah masalah kekurangan air bersih, bahkan ada daerah yang hanya mengandalkan air hujan sebagai aktivitas harian.

Perlu diketahui bersama dengan apa yang terjadi bagi Indonesia seperti kelangkaan air bersih bisa mempengaruhi aktivitas setiap makhluk hidup yang terdapat di masyarakat. Maka dari itu dibutuhkan suatu langkah besar agar masyarakat tidak merasakan akibat kekurangan air bersih.

Namun, menurut data yang ada bahwa kelangkaan air bersih tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga disuruh dunia dimana terdapat 2,8 milliar orang kekurangan air di seluruh dunia setidaknya terjadi dalam satu bulan dari satu tahun.

Tapi untuk Indonesia dengan keuntungan dari geografis wilayahnya, untuk merasa khawatir dengan kekurangan air bersih sangatlah kecil karena sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan dan sebanyak 6 persen kebutuhan perairan di dunia terdapat di Indonesia.

Walaupun demikian, tetap saja Indonesia tidak terhindar dari yang namanya krisis air. Berdasarkan dari informasi yang dihimpun oleh penulis, penyebab masyarakat kekurangan air bersih karena:

  • Polusi Air yang bersumber dari peristiwa pestisida dan pupuk yang hanyut dari pertanian, limbah industri, dan kotoran manusia yang langsung terbuang dari sungai tanpa pengelolaan yang tepat.
  • Boros Air menjadi salah satu penyebab mengapa terjadi krisis air yang biasa dilakukan oleh orang, hewan, tanah, atau faktor lainnya.
  • Over populasi pun menjadi dampak mengapa terjadi kelangkaan air.
  • Selain itu disebabkan oleh jarak antara mereka yang berada di daerah yang jauh dari sumber air.
  • Kekeringan yang terjadi karena keseimbangan iklim yang tidak terjaga membuat kekeringan terjadi.

Apa Akibat Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih Adalah?

Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)
Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih Adalah? (Foto: Artikelsiana.com)

Dari keenam point tersebut menjadi penyebab utama mengapa masyarakat merasakan kekurangan air bersih. Lantas demikian, apasih akibat jika masyarakat kekurangan air bersih. Adapun akibat jika masyarakat kekurangan air bersih adalah:

  1. Kekurangan air minum.
  2. Sawah dan berbagai tempat pertanian akan berhenti bereproduksi alias rusak
  3. Banyak wabah penyakit kulit yang akan bermunculan
  4. Banyak wabah penyakit perut.
  5. Kelaparan merajalela di masyarakat
  6. Kematian yang terus terjadi akibat kelaparan.
  7. Terjadi konflik antara pemerintah dan rakyat karena tidak mampu melayani kebutuhan air
  8. Industri tidak dapat bereproduksi karena kekurangan air untuk pendinginan dan penyaringan.
  9. Matinya perekonomian suatu daerah atau dunia.
  10. Banyaknya masyarakat yang akan di PHK
  11. Pengangguran terjadi secara besar-besaran.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *