9 Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok


Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok – Rokok sangatlah berbahaya bagi manusia, sebab mengandung lebih 4.000 bahan yang berbeda. Sebagian besarnya berbahaya sebab bahan kandungan rokok bisa berdampak buruk bagi tubuh seperti racun dan kerusakan pada sel di tubuh. Tidak hanya itu, kandungan berbahaya rokok ini didalamnya terdapat 250 jenis zat beracun dan 70 jenis zat yang bersifat karsinogenik.

Maksud dari hal ini bahwa bahan kandungan rokok sangatlah berbahaya karena dapat menyebabkan kanker. Tidak heran semakin banyak orang yang mengajak atau mensosialisasikan untuk berhenti merokok. Hal itu karena bahan-bahan yang terkandung didalamnya sangatlah berbahaya.

Sosialisasi bahaya rokok ada dimana-mana hingga sebagian besar sudah banyak yang mengetahui bahwa rokok itu adalah kebiasaan yang berbahaya yang dapat merenggut nyawa seperti dalam konteks global, rokok menjadi kebiasaan yang mempunyai catatan merah dalam kasus kematian seluruh dunia setiap tahun.

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok adalah sebuah kebiasaan yang sangat berbahaya. Bahkan dapat merenggut nyawa di kasus-kasus terparah. Secara global, rokok selalu memiliki andil besar dalam kematian di seluruh dunia tiap tahun. Diketahui terdapat 70.000 artikel ilmiah membuktikan bahwa perokok dan pajanan asap rokok berbahaya bagi kesehatan manusia dan menampilkan adanya hubungan atau keterkaitan antara penggunaan tembakau dengan terjadinya berbagai penyakit kanker, penyakit jantung, penyakit sistem saluran pernapasan, penyakit gangguan reproduksi dan kehamilan.



Selain itu, berbahayanya bahan kandungan rokok membuat separuh dari masa hidup perokok mati pada usia 35 sampai dengan 69 tahun. Data epidemi tembakau di dunia menampilkan bahwa tembakau bisa membunuh lebih dari lima juta orang setiap tahunnya. Hal ini tentu disebabkan oleh tingginya risiko terjangkitnya kanker paru-paru bagi mereka perokok berat.



Diketahui bahwa Kandungan utama bahan baku rokok adalah tembakau. Selain itu, terdapat berupa bahan pewarna yang biasa digunakan untuk membuat rokok lebih menarik dilihat, dapat memperbesar potensi racun dari rokok. Selain itu, terdapat bahan-bahan rokok yang membuat rokok bersifat adiktif atau kecanduan, salah satu bahan itu adalah nikotin.



Bahan berbahaya yang terkandung dalam rokok ini bisa masuk dalam aliran darah dan mencapai otak untuk menciptakan adrenalin. Itulah yang membuat orang yang benar-benar tidak bisa meninggalkan kebiasaan rokok.

9 Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok (Foto: Artikelsiana.com)
9 Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok (Foto: Artikelsiana.com)

Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini penulis akan memaparkan mengenai bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam rokok. Adapun bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam rokok adalah:

1. Karbon monoksida

Kandungan berbahaya rokok ini adalah bahan yang bisa menyebabkan sakit kepala, mual, pusing, dan berujung pada gangguan jantung.

2. Formaldehida

Bahan berbahaya ini adalah fungsi utamanya mengawetkan mayat dan bahan ini ditemukan dalam rokok. Dampak penggunaan formaldehida adalah kanker, kulit rusak, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

3. Arsenik

Bahan berbahaya dalam rokok ini merupakan bahan utama dalam racun tikus, sehingga betapa berbahayanya kandungan rokok yang diketahui menyebabkan pada kandung kemih dan kanker paru-paru.

4. Benzene

Kandungan Benzene adalah bahan kimia yang terdapat dalam rokok, semen, dan karet yang merupakan bahan karsinogen yang mematikam ketika dihubungkan dengan leukimia atau kanker darah.

5. Amonia

Bahan berbahaya rokok ini adalah bahan kimia yang ditambahkan pada area batang rokok yang berdampak buruk pada manusia karena menyebabkan bronkitis dan gangguan pernapasan lainnya.

6. Aseton

Aseton pada umumnya dipakai untuk membersihkan cat kuku. Apabila bahan ini kemudian dihirup melalui rokok, maka apa yang terjadi akan menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak.

7. Tar

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa selalu ada tulisan TAR di bungkus rokok dan mengetahui berapa banyak kandungannya. Tar diketahui begitu mengerikan, sebab efek yang ditimbulkan menyebabkan seseorang akan gangguan berupa emfisema, bronkitis kronis, dan kanker paru-paru.

8. Kadmium

Terdapat hampir 40-60% kadmium yang terkandung dalam asap rokok. Bahan berbahaya ini terserap masuk ke paru-paru saat merokok yang bisa berdampak pada gangguan sensorik, kram otot, gagal ginjal, muntah, diare, kejang, dan meningkatkan risiko kanker.

9. Nikotin

Kandungan berbahaya rokok yang paling populer ini memberi efek candu mirip morfon dan opium. Bahan berbahaya rokok ini sebagai perantara dalam sistem saraf otak yang menyebabkan berbagai reaksi biokimia, termasuk efek menyenangkan dan menenangkan. Efek yang mungkin muncul akibat paparan nikotin adalah muntah, kejang, dan penekanan pada sistem saraf pusat.

Kandungan berbahaya rokok (foto: artikelsiana.com)
Kandungan berbahaya rokok (foto: artikelsiana.com)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul 9 Bahan Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *