6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi


Konduksi dan Konveksi –¬†Konduksi dan konveksi merupakan 2 fenomena yang biasa terjadi dalam kalor dan termodinamika. Konduksi dan konveksi ini berperan penting dalam perpindahan kalor. Sebenarnya selain dari konduksi dan konveksi terdapat satu hal lagi yaitu Radiasi untuk menjelakan peran itu.

Tidak hanya dalam kalor, dan termodinamika saja, prinsip-prinsip konduksi dan konveksi juga mengambil peran dalam berbagai hal contohnya sistem cuaca buatan, meteorologi, dan bahkan fisiologi.

Itulah mengapa dalam pembahasan mengenai konduksi dan konveksi perlu untuk dijelaskan lebih jauh. Karena tidak jarang terdapat dari diantara kita yang kesulitan dalam mengetahui persamaan dan perbedaan diantara keduanya.

Maka dari itu, pada pembahasan ini penulis akan menyebutkan atau menjelaskan mengenai perbedaan dan persamaan konduksi dan konveksi yang bisa ditinjau dari konsep keduanya. Adapun pembahasannya dapat dilihat dibawah ini:

Pengertian Konduksi Adalah?

6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi
6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian konduksi adalah transfer energi kalor antar wilayah materi karena gradien suhu. Konduksi bisa diterapkan dalam padatan.

Pada prosesnya, apabila padatan dipanaskan, yang terjadi adalah atom dan molekul akan bergetar kuat. Hal ini terjadi karena terdapat energi kinetik yang diterima saat padatan dipanaskan.

Hal-hal yang terjadi selanjutnya adalah tumbukan atom yang bergetar dengan atom tetangga menyebabkan atom tetangga bergetar, maka, getaran ditransfer ke ujung zat padat. Sehingga melalui getaran yang terjadi di permukaan zat padat, atom-atom tersebut akan melepas energi dari getaran ke ruang terbuka.

Untuk batang seragam dalam kondisi mapan dengan sisi terisolasi dan hanya 2 ujung yang terkena, laju aliran panas berbanding lurus dengan daerah penyerapan panas dan gradien suhu.

Keadaan Steady ialah saat terdapat keseimbangan termal antara seluruh titik. Sehingga yang terjadi adalah suhu pada suatu titik tidak berbeda terhadap waktu.

Gas dan cairan juga menunjukkan konduksi. Hal ini terjadi karena terdapat tabrakan molekul langsung bukan karena getaran sebagaimana yang terjadi dalam padatan tadi.

Pengertian Konveksi Adalah?

6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi
6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi

Sedangkan yang dimaksud dengan Konveksi adalah istilah yang dipakai untuk gerakan massal cairan. Konveksi adalah proses mentransfer energi melalui transfer materi langsung yang bentuknya cairan dan gas.

Sebagaimana prosesnya, apabila cairan yang dipanaskan dari bawah maka yang terjadi adalah lapisan bawah cairan akan memanas.

Proses konveksi ini membuat lapisan udara panas akan mengembang, menjadi kurang padat daripada udara dingin diatasnya. Proses ini membuat kenaikan lapisan udara panas membentuk arus konveksi. Pada lapisan selanjutnya akan mengalami hal yang sama pada lapisan sebelumnya.

Sementara itu, pertama lapisan udara panas kini didinginkan, dan itu akan turun. Efek ini menciptakan lingkaran konduksi, terus melepaskan panas yang diambil dari lapisan bawah ke lapisan atas.

Ini adalah pola yang sangat penting dalam sistem cuaca. Panas dari permukaan bumi dilepaskan ke atmosfer atas dalam mekanisme ini.

Persamaan dan Perbedaan Konduksi dan Konveksi

6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi
6 Persamaan & Perbedaan Antara Konduksi dan Konveksi

Berdasarkan dari pembahasan diatas antara konsep-konsep sederhana antara konduksi dan konveksi, maka penulis menyimpulkan bahwa persamaan dan perbedaan antara konduksi dan konveksi adalah:

Persamaan Konduksi dan Konveksi

  1. Persamaan konduksi dan konveksi adalah sama-sama merupakan perpindahan panas atau kalor
  2. Persamaaan selanjutnya adalah pada cara perpindahan panasnya dari satu titik ke titik yang lainnya.
  3. Selain itu, persamaan antara konduksi dan konveksi menggunakan zat perantara.

Perbedaan Konduksi dan Konveksi

  1. Konveksi adalah perpindahan kalor yang disertai dengan perpindahan zat, sedangkan konduksi adalah perpindahn kalor yang tidak disertai perpindahan zat
  2. Selain itu, perbedaan dari keduanya adalah Konduksi merupakan media perpindahannya adalah zat padat. Sedangkan untuk konveksi menggunakan perpindahan panasnya fluida.
  3. Jika konduksi zat perantaranya tidak ikut berpindah sedangkan konveksi zat perantaranya ikut berpindah.

Demikianlah informasi mengenai Persamaan dan Perbedaan Konduksi dan Konveksi Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *