6 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah, Ini Penjelasannya


Keberagaman di Lingkungan Sekolah – Akhir-akhir ini tidak sedikit masalah soal kekerasan yang melibatkan antara pelajar bahkan sampai ada yang melibatkan tenaga pendidik. Salah satu penyebabnya adalah lemahnya persatuan dalam keberagaman yang ada di dunia pendidikan Indonesia yakni di sekolah.

Seperti masalah yang ada disekolah akibat dari keberagaman justru dicap memperparah karena membuat konflik semakin menyebar dan membesar hingga diluar sekolah. Padahal, keberagaman ini adalah karunia dan juga merupakan warisan leluhur yang harus dijaga.

Disatu sisi memang merupakan terjadi karena sistem pendidikan yang kurang layak sebab aspek etika dan moralitas bukan lagi penekanan akan tetapi lebih kepada pengetahuan umum yang ditekankan.

Hal itu membuat banyak orang-orang atau siswa yang belum mengenal betul akan nilai-nilai atau norma sosial yang berlaku di masyarakat dan disekolah membuat dirinya keliru dalam mengambil sikap hingga menyebabkan konflik.

Tidak sedikit ditelevisi atau dimedia lokal hingga nasional yang memuat tentang pertengkaran antara siswa dan pertengkaran antara orang tua pelajar. Ini sangat mencoreng nama pendidikan yang alih-alih digunakan untuk memanusiakan manusia malah pendidikan tidak mampu mengatasi hal itu.

Apalagi masalah tersebut semakin besar takkalah diberikan bumbu konflik SARA atau politik yang merupakan masalah yang gampang membesar di Indonesia, lebih parahnya lagi masuk dalam dunia pendidikan.

Dari sini, melalui konflik karena keberagaman ini bisa dikatakan bahwa pemerintah kurang mampu dalam menjalankan amanat UUD 1945 yang ditugaskan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan sekolah adalah tempat mencerdaskan seseorang.

Namun yang terjadi justru sebaliknya, siswa atau pelajar tidak mampu dalam memahami arti keberagaman yang ada di Indonesia. Padahal jika melihat sejarah, melalui keberagaman inilah persatuan membara yang diwujudkan dalam setiap pergerakan dalam memerdekakan Indonesia.

Apalagi semboyan bangsa yaitu berbeda-beda tetap satu jua atau bhinneka tunggal ika. Melalui penekanan semboyan ini sudah jelas maksud dan tujuan bahwa keberagaman ini adalah anugrah dan merupakan kekayaan tersebar yang dimiliki Indonesia namun tidak dimiliki negara lain.

Bayangkan saja dalam suatu kelas di lingkungan sekolah terdapat banyak perbedaan yang terjadi baik itu dari segi bahasa, perilaku dan budaya. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dalam suatu lingkungan sekolah, seperti budaya, bahasa dan tingkah laku mereka.

6 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
6 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah, Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

6 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah

Melalui manfaat keberagaman di lingkungan sekolah ini, setiap orang bisa belajar masing-masing secara non formal dan suatu waktu, pengalaman akan dunia luar mampu lebih mudah diserap sebab dunia luar atau dunia kerja mempunyai keberagaman yang justru sangat kompleks dibandingkan keberagaman di lingkungan sekolah apalagi di Indonesia.

Maka dari itu, berdasarkan dari penjelasan diatas maka penulis akan memaparkan 6 manfaat keberagaman di lingkungan sekolah yang dapat kamu dapatkan secara langsung maupun tidak langsung yaitu:

  1. Dapat mengetahui sikap dan perilaku dari suatu daerah atau wilayah dengan mudah
  2. Mengetahui budaya setiap siswa dan guru secara lebih praktis
  3. Bisa dengan mudah meniru gaya bahasa dari setiap pelajar yang ada di sekolah itu
  4. Selalu melatih dan mengasah kepala dalam berkomunikasi dengan orang yang berbeda agar terjalin pertemanan.
  5. Mensosialisasikan ciri khas daerah masing-masing dengan mudah
  6. Meningkatkan rasa toleransi secara intens.

Demikianlah jawaban mengenai informasi 6 Manfaat Keberagaman di Lingkungan Sekolah, Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *