5 Sifat Dasar Seni Adalah? Ini Penjelasannya


Sifat Dasar SeniĀ  – Seni sudah dari dulu ada saat manusia dalam sejarahnya pertama kali muncul dimuka bumi. Maksud dari hal ini bahwa seni sudah ada sejak zaman prasejarah.

Alasannya sangatlah sederhana, karena seni adalah sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Selain itu sebagai bagian dari kebudayaan yang diciptakan melalui hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya.

Karena hal inilah menjadi dasar latar belakang hadirnya seni, namun hal ini juga membuat terdapat pengertian dan konsep yang mendasari dari seni itu.

Salah satunya menurut Sumanto (2006:5). Menurut Sumanto bahwa yang dimaksud dengan seni adalah hasil atau proses kerja dan gagasan manusia yang melibatkan kemampuan terampil, kreatif, kepekaan indera, kepekaan hati dan pikir untuk menghasilkan suatu karya yang memiliki kesan indah, selaras, bernilai seni dan lainnya.

Dari hal ini terlihat bahwa sifat dasar dari seni adalah jiwa dan perasaan serta kreativitas yang dimiliki. Selain itu, terdapat filsuf terkenal yakni Plato yang mengatakan bahwa Seni adalah hasil tiruan alam. Tidak salah jika disebut demikian, sebab karya seni adalah tiruan obyek atau benda yang terdapat di alam.

Pada perkembangannya, seni telah menjadi perkembangan dari berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan kompleksnya gagasan mengenai seni membuat terdapat pendidikan yang khusus dalam mempelajari kesenian.

Hal ini menurut Soehardjo (2012:13) dimaksudkan agar menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan perannya, melalui kegiatan bimbingan pengasaran dan latihan.

Pendidikan seni ada banyak sekali terbuka di masyarakat. Melalui seni, dapat meningkatkan potensi kreatif dari setiap individu untuk merasakan pengalaman berkesenian. Dalam mempelajari tentang seni memang ada yang mengatakan kalau susah dan mudah.

Selain itu, dalam mempelajari seni bergantung dari minat dan bakat seseorang. Sebab terkadang beberapa orang memiliki kepekaan terhadap sesuatu namun tidak pada yang lainnya. Hal yang mendasari tingkat kepekaan terhadap seni salah satunya adalah sifat dasar seni.

Jelaslah mengapa ada orang yang ahli dan ada orang yang susah dalam mempelajari seni, karena konsep dasar yang kurang dipahami. Membuat dalam mempelajari seni, jiwa dan perasaan tersebut susah untuk diwujudkan dalam suatu karya.

Maka dari itu, untuk menjadi seniman atau dalam memahami seni sebagaimestinya, pertama-tama tahukah anda apa itu sifat dasar seni?

Sifat Dasar Seni Adalah?

5 Sifat Dasar Seni Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)
5 Sifat Dasar Seni Adalah? Ini Penjelasannya (Foto: Artikelsiana.com)

Melalui persoalan ini, penulis akan melampirkan informasi mengenai sifat dasar seni yang diketahui terdapat 5 point diantaranya sifat kreatif, sifat individualitas, nilai ekspresi atau perasaan, keabadian dan universal. Adapun penjelasan dari kelima sifat dasar seni ini adalah:

  1. Sifat kreatif dari seni. Seni merupakan suatu rangkaian kegiatan manusia yang selalu mencipta karya baru.
  2. Sifat individualitas dari seni. Karya seni yang diciptakan oleh seorang seniman merupakan karya yang berciri personal, Subyektif dan individual.
  3. Nilai ekspresi atau perasaan. Dalam mengapresiasi dan menilai suatu karya seni harus memakai kriteria atau ukuran perasaan estetis. Seniman mengekspresikan perasaan estetisnya ke dalam karya seninya lalu penikmat seni (apresiator) menghayati, memahami dan mengapresiasi karya tersebut dengan perasaannya.
  4. Keabadian sebab seni dapat hidup sepanjang masa. Konsep karya seni yang dihasilkan oleh seorang seniman dan diapresiasi oleh masyarakat tidak dapat ditarik kembali/terhapuskan oleh waktu.
  5. Semesta atau universal sebab seni berkembang di seluruh dunia dan di sepanjang waktu. Seni tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Sejak jaman pra sejarah hingga jaman modern ini orang terus membuat karya seni dengan beragam fungsi dan wujudnya sesuai dengan perkembangan masyarakatnya.

Demikianlah jawaban mengenai 5 Sifat Dasar Seni Adalah? Ini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *