5 Contoh Tari Kreasi Daerah dan Penjelasannya Adalah


Contoh Tari Kreasi Daerah – Tari merupakan gerak tubuh secara berirama yang dipakai ditempat dan waktu tertentu. Ini dilakukan untuk kebutuhan pergaulan, perasaan, maksud dan begitu juga pikiran.

Terdapat bunyi-bunyian yang biasanya dikatakan dengan musik pengiring tari. Fungsinya adalah untuk mengatur gerakan penari dan memperkuat apa yang ingin disampaikan dalam tarian itu. Gerakan tari yang berbeda dari gerakan sehari-hari contohnya dengan cara berlari, berjalan, atau bersenam. Berdasarkan jenisnya terdapat tari yang di golongkan ke dalam tari rakyat, tari klasik, dan tari kreasi baru.

Dalam perkembangannya seni tari sampai dengan kehidupan contohnya yang sampai saat ini bisa diketahui bahwa tari dibedakan ada yang pertama ada tari tradisi (tari tradisi kerakyatan dan tari tradisi keraton) dan yang kedua tari kreasi.

Pada kali ini, akan membahas mengenai tari kreasi. Tahukah anda apasih definisi atau pengertian tari kreasi?. Secara umum, yang dimaksud dengan tari kreasi adalah bentuk penataan baru karya tari yang diungkapkan secara bebas tidak terikat oleh tatanan-tatanan yang sudah ada. Sedangkan tari kreasi adalah gerakan yang ingin membangun sebuah pernyataan baru dan mempunyai kebebasan penuh dalam berekspresi.



Disamping itu terdapat sifatnya yang tidak terikat sebagaimana faktor yang telah ada, dan bahkan kerap dipakai sebagai eksperimen. Ciri-ciri tari kreasi bisa diidentifikasi dengan 2 bentuk yaitu tema tari dan bentuk karya tari. Adapun penjelasan dari keduanya adalah



Pada ciri yang pertama ini adalah tema tari yang memiliki peran penting yang bisa menentukan terlebih dahulu sebelum melangkukan serangkaian eksplorasi gerak. Demikian ini karena tema ialah sumber/hal yang melatarbelakangi penciptaan karya tari. Segala sesuatu yang ada dalam karya tari disesuaikan dengan tema tarinya, termasuk gerakannya.



Yang kedua adalah bentuk karya tari. Perlu diketahui bersama bahwa demikian ini ditentukan sebelum melakukan gerakan. Hal ini karena bentuk tari akan mempengaruhi hasil dari gerak yang dicari. Eksplorasi bentuk tari tunggal akan berbeda dengan eksplorasi bentuk karya tari berpasangan atau bentuk karya tari kelompok.

Contoh Tari Kreasi Daerah Adalah?

Adapun tari kreasi baru daerah yang ada di berbagai wilayah Indonesia ada banyak sekali yang bisa diketahui. Akan tetapi, untuk mengetahui tari kreasi baru daerah yang menurut penulis memiliki penjelasan yang sesuai diatas, penulis dapat menemukan 5 contoh tari kreasi daerah yang contoh-contohnya bisa dilihat dibawah ini:

1. Contoh Tari Merak

Contoh tari kreasi baru yang berikutnya adalah Tari Merak yang berasal dari Jawa Barat. Tari kreasi baru ini dalam setiap gerakannya mengadaptasi dari prilaku burung Merak yang bercerita tentang bagaimana burung merak Jantan dewasa sedang mencari betina dengan menggerakkan ekornya, saat itu tanpak seperti tarian yang merupakan inspirasi dari Tari merak lahir.

2. Contoh Tari Sakura

Tari sakura berasal dari daerah Lampung Barat, tari ini biasanya ada saat acara pesta sakura atau pun pesta lain yang diadakan di daerah Lampung. Tari sakura merupakan salah satu unsur dari pesta budaya sakura yaitu gaya gerak sakura.

Berawal dari gaya gerak sakura sehingga cenderung diwujudkan dalam bentuk tarian sakura. Tari sakura yang dipentaskan dalam bentuk adegan tari dengan titik beratnya tidak pada macam tarian dengan pola tertentu.

3. Contoh Tari Nguri

Contoh tari kreasi daerah ini adalah berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Diciptakan oleh H. Mahmud Dea Batekal dan diperbaharui oleh pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Sumbawa bernama Hasanuddin.

Contoh tari kreasi baru ini tari dipakai untuk menghibur dan memberi semangat kepada raja yang mengalami bencana. Itulah mengapa, gerak tarinya lemah lembut dengan gerak dasar ialah gerak betanak, gerak nyema, gerak linting sere, gerak tabe, jempit tope dan lute bagitik.

5 Contoh Tari Kreasi Daerah dan Penjelasannya Adalah (Foto: Artikelsiana.com)
5 Contoh Tari Kreasi Daerah dan Penjelasannya Adalah (Foto: Artikelsiana.com)

4. Contoh Tari Kupu-Kupu

Sebagai contoh tari kreasi daerah, tari kupu-kupu berasal dari Bali yang mengekspresikan kehidupan mengenai kupu-kupu biru tua. Tari ini kerap dipentaskan di festival dunia yang dimainkan oleh 5 orang wanita dengan gerakan gemulai dan pewarnaan eye catching pada busana yang digunakan.

5. Contoh Tari Yapong

Tari Yapong tercipta saat HUT Kota Jakarta ke-450 tahun 1977. Pergelaran berbentuk sendratari ini oleh seniman Bagong Kussudiarjo di Balai Sidang Senayan. Tari Yapong sendiri tarian bernuansa gembira dengan gerakan yang dinamis.

Corak pakaian ialah pengembangan pakaian tari Kembang Topeng Betawi. Begitu juga geraknya diwarnai dari tari rakyat Betawi, kemudian diolah dengan unsur-unsur tari pop, antara lain unsur tari dari daerah Sumatera.

Demikianlah informasi mengenai informasi yang berjudul 5 Contoh Tari Kreasi Daerah dan Penjelasannya Adalah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *