5 Ciri Atau Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan Good Governance Adalah?


Ciri-Ciri Good Governance – Dewasa ini adalah era globalisasi dimana setiap bidang yang terdapat dalam kehidupan ini telah merasuk dalam seluruh wilayah pemerintahan negara menurut reformasi sistem perekonomian dan pemerintahan, khususnya birokrasinya. Melalui dari hal itu, maka memungkinkan interaksi perekonomian adalah daya saing.

Sedangkan untuk menumbuhkan daya saing tersebut, kunci utamanya adalah efisiensi dalam proses pelayanan. Selain dari pada itu, agar mempunyai daya saing maka dibutuhkan mutu ketepatan dan kepastian dalam kebijakan publik. Sebelum memenuhi hal itu, maka jangan pernah berbicara soal daya saing, Sebab ketiga hal tersebut menjadi kunci keberhasilan pembangunan perekonomian. Untuk menghadapi tantangan itu, maka hal yang harus dilakukan adalah meneguhkan komitment setinggi-tingginya untuk menerapkan nilai luhur dan prinsip tata kelola (good governance).

Apasih itu tata kelola pemerintahan?, menurut UNDP bahwa yang dimaksud dengan tata kelola pemerintahan adalah pelaksanaan kewenangan/kekuasaan dalam bidang ekonomi, politik, dan adminsitratif untuk mengelola berbagai urusan negara pada setiap tindakannya dan merupakan instrument kebijakan negara untuk mendorong terciptanya kondisi kesejahteraan integritas dan kohesi sosial dalam masyarakat.

Perlu diketahui bersama bahwa ranah dari Good Governance tidak hanya terbatas pada negara atau birokrasi saja, melainkan juga pada masyarakat sipil. Selain itu, persoalan tentang good governance tidak hanya diterapkan oleh pemerintah, tetapi juga masyarakat yang bahkan sekalipun berada di luar struktur birokrasi pemerintahan. Dengan hal itu, maka agar terciptanya pemerintahan yang baik bisa didefinisikan sebagai sesuatu yang baik dalam proses maupun juga dalam hasilnya.



Ciri Atau Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan Good Governance

Berdasarkan dari informasi diatas dan yang dihimpun dari sumber terpecaya bahwa adapun ciri atau karakteristik tata kelola pemerintahan good governance secara umum ialah terdiri atas 5 ciri yaitu akuntabiltias, transparansi, independensi, koordinasi dan partisipasi. Adapun penjelasan dari kelima ciri tersebut adalah:



1. Akuntabilitas

Berarti pejabat dapat bertanggung jawab terhadap hasil kinerjanya dan jika meleset dari apa yang ditetapkan maka bisa dipersalahkan.



2. Transparansi

Ini berarti keterbukaan informasi dimana pemerintah dalam setiap hal menyampaikannya kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu apa yang harus diawasi.

3. Independensi

Sedangkan independensi adalah sikap yang berada dalam keadaan tak berpihak kepada salah satu kubu melainkan hanya kepada yang benar.

4. Koordinasi

Dengan terciptanya sistem pemerintahan yang baik, maka setiap jabatan yang diemban tahu dan dapat berkoordinasi antar lembaga agar dalam menjalankan kebijakan bisa efisien

5. Partisipasi

Hal ini bermakna bahwa setiap pemangku kebijakan dapat turut andil dalam pengambilan keputusan dan kebijakan sehingga aspirasi masyarakat dapat terserap dan tersalurkan merata.

Ciri Atau Karakteristik Good Governance Menurut Laode Ida

Menurut Laode Ida (2002) bahwa terdapat ciri-ciri Good Governance yang diketahui terbagi atas 5 ciri. Adapun maksud dari ciri Good Governance menurut pendapat Laode Ida adalah:

    1. Terwujudnya interaksi yang baik antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, terutama bekerja sama dalam pengaturan kehidupan sosial politik dan sosioekonomi.
    2. Komunikasi, yakni adanya jaringan multi sistem (pemerintah, swasta, dan masyarakat) yang melakukan sinergi untuk menghasilkan output yang berkualitas.
    3. Proses penguatan diri sendiri (self enforcing processi), di mana ada upaya untuk mendirikan pemerintah (self governing) dalam mengatasi kekacauan dalam kondisi lingkungan dan dinamika masyarakat yang tinggi.
    4. Keseimbangan kekuatan (balance of forces), di mana dalam rangka menciptakan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development), ketiga elemen yang ada menciptakan dinamika, kesatuan dalam kompleksitas, harmoni, dan kerjasama.
    5. Interdependensi, yakni menciptakan saling ketergantungan yang dinamis antara pemerintah, swasta, dan masyarakat melalui koordinasi yang fasilitasi.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul 5 Ciri Atau Karakteristik Tata Kelola Pemerintahan Good Governance Adalah?. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *