4 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Perawatan Rambut


Manfaat Jeruk Mandarin – Indonesia adalah Negara yang kaya akan berbagai komoditi hortikultura salah satunya adalah jeruk. Tanaman jeruk adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh.

Sejak ratusan tahun yang lalu, jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan. Tanaman jeruk yang ada di Indonesia adalah peninggalan orang Belanda yang mendatangkan jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Italia.

Buah jeruk digemari oleh konsumen dari semua kalangan baik anak-anak, remaja, dan orang tua. Jumlah penduduk Indonesia cenderung meningkat sehingga produksi dan kualitas perlu ditingkatkan. Jeruk merupakan salah satu komoditas hortikultura yang berfungsi sebagai sumber gizi, sumber pendapatan, dan sumber devisa negara.

Salah satu jeruk yang populer di dunia dan juga di Indonesia adalah Jeruk Mandarin atau disebut jeruk keprok yang kebanyakan terdapat di Garut, Tawangmangu, Madura,
Sumatera Barat, dan Kalimantan Barat.



Jeruk yang baru dikenal pada tahun 1400, jeruk mandarin mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda dengan jeruk lainnya.



Dengan rasa manis dan segar, jeruk ini biasa menyajikan manfaatnya saat perayaan imlek. Hal itu karena selain rasanya yang manis, juga dari warnanya yang berwarna kuning emas dianggap sebagai lambang kekayaan dan nasib baik.



Diketahui jeruk mandarin adalah jenis pohon dengan tinggi 2-8 meter dengan buah berbentuk bola tertekan dengan panjang 5-8 cm, tebal kulitnya 0,2-0,3 cm dan daging buahnya berwarna oranye.

Selain karena enak dilihat dan dikonsumsi, jeruk mandarin kerap kali dimanfaatkan untuk berbagai campuran tanaman herbal untuk dijadikan sebagai obat tradisional. Hal itu karena kekayaan kandungan dalam jeruk mandarin, yang kaya akan antioksidan dan vitamin C.

Dari kandungan jeruk mandarin itu juga sehingga banyak yang memanfaatkan jeruk mandarin untuk bahan perawatan rutin secara alami di rumah sehingga membuat rambut lebih sehat dan juga berkilau.

Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Perawatan Rambut

Maka dari itu, pada kali ini penulis akan menawarkan 4 manfaat jeruk mandarin untuk perawatan rambut. Adapun 3 manfaatnya dapat dilihat dibawah ini:

4 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Perawatan Rambut (Foto: Artikelsiana.com)
4 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Perawatan Rambut (Foto: Artikelsiana.com)

1. Memberikan Kilau Pada Rambut

Rambut yang sehat dan lembut dapat memancarkan kilau yang indah. Melakukan perawatan rambut dengan Jeruk Mandarin membuat rambut secara perlahan terlihat lebih sehat dan lembut. Jeruk Mandarin ini berfungsi sebagai kondisioner yang menutrisi rambut.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Jeruk Mandarin juga bermanfaat dalam membantu mempercepat pertumbuhan rambut sehingga apa yang terjadi pada rambut adalah menjadi terlihat lebat dan indah. Khasiat ini karena kandungannya seperti vitamin E dan B12 membuat rambut tumbuh lebih sehat dan mudah diatur.

3. Memperlambat Pertumbuhan Uban

Jeruk Mandarin mengandung vitamin B12 yang membuat memperlambat pertumbuhan uban. Uban merupakan salah satu permasalahan rambut yang membuat Anda tidak percaya diri. Dengan perawatan rutin menggunakan Jeruk Mandarin, uban akan muncul lebih lama.

4. Kondisioner

Buah ini kaya antioksidan sehingga dapat berfungsi sebagai kondisioner alami. Ini membantu mencegah kerusakan rambut karena polusi dan dapat memastikan rambut agar tetap sehat dan lembut.

Cara Merawat Rambut Dengan Jeruk Mandarin

Jus yang diekstraksi dari kulit jeruk dapat bekerja sebagai kondisioner yang bagus untuk rambut. Caranya dilakukan dengan menggiling kulit jeruk dan menambahkan sekitar satu sendok makan madu dan air, hingga menjadi pasta. Lakukan campuran ini setelah mencuci rambut dengan shampo. Biarkan 5 sampai 10 menit, kemudian bersihkan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul 4 Manfaat Jeruk Mandarin Untuk Perawatan Rambut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *