4 Fungsi-Fungsi Kepala Putik (Stigma) Bunga


Fungsi Kepala Putik (Stigma) – Bunga adalah alat perkembangbiakan secara generatih pada tumbuhan. Bunga memiliki perang penting yang dibutuhkan dalam pemuliaan tanaman,

Sebab dapat menimbulkan adanya keragaman genentik, sebab terdapat salah satu sasaran pemuliaan tanaman ialah menghasilkan jenis baru yang berproduksi tinggi.

Fungsi bunga adalah tempat berlangsungnya penyerbukan dan pembuahan. Selain itu sebagai alat fertilisasi pada tumbuhan. Pada dasarnya, terdapat 2 bagian bunga yang memiliki fungsi bermacam-macam, yaitu bagian steril dan fertil.

Yang dimaksud dengan bagian steril pada bunga memiliki fungsi untuk pelengkap dan penghias. Sedangkan fungsi dari bagian fertil untuk alat perkembangbiakan.



Diketahui susunan struktur bagian steril terdiri atas ibu tangkai bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai dan perhiasan bunga.



Sedangkan untuk perhiasan bunga terdiri atas daun kelopak (sepal) dan daun mahkota (petal). Bagian bunga fertil terdiri atas mikrosporofil yang digunakan sebagai benang sari dan makrosporofil yang berfungsi sebagai putik (pistillum) dengan daun buah yang berfungsi sebagai penyusunnya.



Berikut ini adalah nama dan penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya yang digunakan sebagai alat fertilisasi pada tumbuhan.

Pengetahuan mengenai morfologi bunga sangatlah penting sebab dapat mempermudah dalam menentukan metode pemuliaan yang bisa dilakukan dalam menentukan jenis penyerbukannya. Terdapat proses penting dalam daur hidup suatu tanaman ialah penyerbukan dan pembuahan.

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Bunga terdiri atas bagian-bagian seperti tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.

Dan setiap terdiri atas beberapa susunan struktur misalnya saja pada mahkota bunga terdapat bagian-bagian seperti Kepala sari, kepala putik, tangkai putik, dan bakal biji. Untuk pembahasan kali ini akan memparkan mengenai fungsi kepala putik (stigma) yang dapat dilihat dibawah ini:

4 Fungsi-Fungsi Kepala Putik (Stigma) Bunga

Fungsi Kepala Putik

Berdasarkan dari penjelasan diatas, dapat diterangkan dan dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan fungsi kepala putik adalah

  1. Sebagai tempat jatuhnya serbuk sari pada saat proses penyerbukan.
  2. Berperan sebagai saluran bagi bakal biji agar dapat tersalur secara sempurna melalui kepala putik.
  3. Kepala putik (stigma) berfungsi sebagai sarana reproduksi bagi tumbuhan jantan.
  4. Kepala putik berfungsi menyediakan layanan untuk menghindari ulang serbuk sari yang kering untuk mempersiapkan biji-bijian untuk memasuki ovarium melalui zat lilin yang lengket.

Demikianlah informasi mengena Macam-Macam Fungsi Kepala Putik (Stigma) Bunga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *