Uraikan 3 Pokok Kegiatan Ekonomi? Begini Penjelasannya


Saat ini terlihat jelas pokok kegiatna ekonomi sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat dari semenjak Indonesia merdeka sampai sekarang.

Perkembangan dan kemajuan itu dipengaruhi oleh beberapa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan. Salah satunya adalah peran pemerintah.

Peran pemerintah mempunyai pengaruh besar dalam sejarah perekonomian. Peran itu dapat dilihat saat pemerintah dalam bentuk pelaksanaan kebijakan fiskal untuk bisa mencapai tujuan itu yang dilakukan adalah dengan mengutamakan pembangunan untuk pertumbuhan ekonomi yang tinggi, sertam melakukan tindakan dalam mengurangi pengangguran dan mengendalikan inflasi.

Pada dasarnya selama ini terdapat 2 hal yang dijalankan pemerintah dalam kebijakan fiskal yaitu perpajakan dan pengeluaran. Kedua hal ini adalah instrument penting untuk mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi.

Caranya adalah dengan mengoptimalkan peningkatan pengeluaran (share) terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Sehingga secara langsung maka akan mempengaruhi pengeluaran pemerintah juga meningkat sesuai dengan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB).

Peran pemerintah dalam perekonomian bisa dilihat oleh pengeluaran dalam bidang ekonomi dimana persentase dari total pengeluaran itu langsung meningkat. Pengeluaran pemerintah sebagai satu instrumen kebijakan fiskal sebagai sumber pertumbuhan ekonomi.

Demikian yang ditentukan oleh besarnya pertumbuhan yang ditampilkan oleh perubahan output nasional. Adanya perubahan output dalam perekonomian ialah analisis ekonomi jangka pendek.

Namun terdapat ketiga hal yang pasti yang dilakukan dalam meningkatkan perekonomian disuatu negara termasuk di Indonesia yang menjadi dasar dari setiap kebijakan termasuk kebijakan fiskal dan moneter serta berbagai kebijakan lainnya dalam menggenjot tingkat pendapatan rakyat Indonesia.

3 Pokok Kegiatan Ekonomi Adalah?

Hal itu adalah disebut pokok-pokok kegiatan ekonomi. Diketahui terdapat tiga pokok kegiatan ekonomi yaitu kegiatan produksi, distribusi dan kegiatan konsumsi. Adapun yang dimaksud dengan ketiga pokok itu adalah:

1. Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi berhubungan dengan nilai untuk suatu barang/jasa selain untuk mendapatkan keuntungan, kegiatan produksi juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kegiatan produksi dilakukan oleh produsen yang disebut dengan pengusaha. Melalui merekalah yang tujuannya untuk menghasilkan barang-barang.

Yang pada tahap selanjutnya akan dijual kepada konsumen (pembeli). Barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen dapat dipakai oleh konsumen ketika barang itu tersedia pada waktu dan tempat yang tepat.

2. Kegiatan Distribusi

Penyaluran suatu barang dan jasa kepada konsumen disebut dengan distribusi. Kegiatan distribusi adalah kegiatan ekonomi yang menjadi jembatan antaraprodusen sebagai penghasil barang dan jasa dengan konsumen sebagai pengguna barang dan jasa itu.

3. Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah kegiatan manusia dalam memanfaatkan nilai guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

Tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas jumlahnya. Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi tidak dapat dipisah-pisahkan. Ketiga kegiatan itu saling memengaruhi.

Demikianlah informasi mengenai Uraikan 3 Pokok Kegiatan Ekonomi? Begini Penjelasannya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *