3 Komponen Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta (Sishankamrata)


Komponen Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta (Sishankamrata) – Pada intinya, sistem pertahanan negara Indonesia adalah segala upaya pertahanan yang sifatnya semesta atau hal ini lebih dikenal dengan sebutan Sishankamrata (Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta).

Istilah ini pada intinya mengacu pada 3 akar kata yaitu sistem, pertahanan dan keamanan. Sistem adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yaitu systema. Artinya adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

Selain itu, kata pertahanan berasal dari kata dasar yaitu tahan. Menurut KBBI, kata tahan adalah keadaan tetap meskipun mengalami berbagai hal. Sehingga yang dimaksud dengan pertahanan merupakan suatu upaya yang dilakukan untuk menciptakan kondisi atau keadaan yang stabil.

Sedangkan yang terakhir adalah tentang keamanan yang diketahui berasal dari kata aman. Secara sederhana istilah keamanan dapat diartikan sebagai suasana bebas dari segala bentuk ancaman bahaya, kecemasan, dan ketakutan.



Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta merupakan penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran akan hak dan kewajiban seluruh warga negara serta keyakinan pada kekuatan sendiri untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.



Kesemestaan mengandung makna tentang adanya pelibatan seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional, sarana dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan yang utuh dan menyeluruh.



Dalam menjalankan sistem ini, secara penuh dilakukan oleh Kementerian Pertahan dan Keamanan dengan ciri kerakyatan, kesemestaan, kewilayahan. Sehingga di Indonesia dalam sistem pertahanan dan keamanan, tidak hanya menyoal tentang perang. Melainkan dalam sistem pertahanan dan kemananan rakyat adalah membahas tentang perdamaian, kepentingan nasional dan terlaksananya pembangunan nasional.

Sebab perlu diketahui bersama bahwa sistem pertahanan dan keamanan Negara yang efektif adalah pertahanan dan keamanan yang mampu menghadirkan suasana aman dan damai.

Dalam sistem pertahanan rakyat semesta terdapat komponen yang mendasari jalannya sistem tersebut yang diketahui terbagi atas 3 komponen yaitu komponen utama, komponen cadangan, dan komponen pendukung. Adapun penjelasan dari ketiga komponen tersebut adalah

1. Komponen utama

Dalam sistem pertahanan dan keamanan kesemestaan adalah Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia. Sebagai komponen utama, TNI bertugas untuk menanggulangi atau menghadapi ancaman-ancaman militer yang terdiri dari atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara, Selain itu Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah untuk memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

2. Komponen cadangan

Selain itu untuk komponen cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, dan sarana serta prasarana nasional. Semua ini telah disiapkan sehingga pada saat dibutuhkan maka dapat dikerahkan untuk mobilisasi untuk memperbesar dan memperkuat komponen utama.

3. Komponen pendukung

Sedangkan yang terakhir adalah komponen pendukung. Dalam komponen ini terdiri dari warga negara, sumber daya alam, dan sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.

Dalam hal, ini rakyat terlatih berfungsi sebagai penjaga ketertiban umum, perlindungan rakyat, keamanan rakyat, dan perlawanan rakyat. Adapun rakyat terlatih adalah Pertahanan sipil (hansip), Perlawanan rakyat (wanra), Keamanan rakyat (kamra) dan Resimen mahasiswa (menwa).

3 Komponen Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta (Sishankamrata)
3 Komponen Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta (Sishankamrata)

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul 3 Komponen Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *